Riniivan's Blog

Something about my life

Mimi pulang Popi kembali

Yeaaayy…inshaallah besok siang popi udah landing di Jakarta setelah seminggu dines kedinginan dan kebekuan di Russia :-D

Istrinya udah siapin menu rendang dan gulai as per requested. Inshaallah kalo sempet , rencana mau bikinin Popi nasi minyak karna kemaren dapet kiriman bumbu nasmin lengkap dari Nenek Palembang selain malbi, rendang dan bumbu kuah anam.khas Palembang..Alhamdulillah…nenek memang selalu mengerti dech :-)

Talking about Palembang, iyes, bertepatan saat Popi dines, ade2 , mimi Iis , mimi Yiyi ,Pipi Ari, Kaka Faidhan beserta asisten rumah tangga mi Yi, nginep di rumah, nemenin.Alhamdulillah :-D.Tentu bawa pempek dooong, juga kerupuk dan kue lapis nanas yang supe dupe yummy..Rumah rame , Abi pun suenennng buanget.Kk Faidhan yang super lucu ( well i am now officially his big fans ), gendut sangat ( 8kilo usia 4bln )dan mahal senyum.Meuni anteng ngga pernah kedenger nangis jejeritan, paling ngerengek minta nenen ke Bunda nya.

Naaahh..sebelum popi dateng , mereka udah harus pulang ke Cakung pagi2, supaya masih ada waktu untuk beberes dan bersih2 rumah barunya Mi Yi.Ada rasa sediiih..pisah lagi, rumah sepi lagi, berdua doang lagi dengan Abi.Tapi then, haiiiyaaahh..Bulan depan club bebek formasi lengkap bakalan kumpul di Bandar Lampung yeaayy #inshaallah

Semangaaat!

Leave a comment »

Surat Buat Popi

Surat ini buat Popi tersayang ! Diprepare oleh momi dan difinished oleh Abi. Dibikin hari Jumat kemaren setelah selesai #sekolahbumomi yang materinya memperkenalkan konsep waktu / jam pada Abi.

Dan surat ini, saya letakkan di salah satu susunan baju Popi yang sekarang lagi dines lumayan lama dan lumayan jauh, ke Russia.Tepatnya diselipin di batik Popi hari pertama kerja ( iyes, setiap Popi dines, baju kerjanya saya pack per hari, dibungkus koran ato tas2 kecil yang isinya lengkap per hari mulai daleman, kemeja, sapu tangan dan kaos kaki ).

Ada yang lucu sedikit ^^, saat bikin surat itu, saya wanti2 ke Abi, yang ini akan jadi surprise buat Popi, jadi jangan dikasih ato diceritain ke Popi, kasih jam bikinan Abi aja buat Popi.Saat itu Abi setuju. Naaahh pas popinya pulang, setelah ceritanya habis, setelah “pamerin” jam bikinannya ke Popi, mulailah Abi manggil2 momi nya yang lagi nge bake cookies di dapur, nanya in surat yang kami bikin buat Popi.

Popi pun heran, nanya ke momi, surat apa? hehhehe..Ngga dikasih sih..Momi bilang aja, buat surprised entar :-D

image

image

image

image

image

image

Leave a comment »

Resep Masakan : Serundeng Daging Sapi

Alhamdulillah…saat lebaran Idul Adha kemaren dapet daging lumayan banyak.
Ditambah stok daging yang ada di kulkas yang baru saya beli H-3 Lebaran, saya bagi dua dech, yang separuh buat bikin rendang, separuhnya lagi untuk bikin serundeng daging.

Yang rendang belum diproses sih, rencananya besok aja, sekalian mo beli santan jadi bisa disimpen untuk stok lauk saat ade2 dari Palembang nginep di rumah, nemenin selama Popi dines ke Russia entar.Jadi kemaren bikin serundeng dulu dech.

BAHAN :
1kilo daging sapi
3/4 buah kelapa parut.Kelapa nya yang agak muda yang biasa dipake untuk bikin urap
Air 1 liter
Santan kental 200mili ( saya pake Kara )
Gula merah 200gram
Garam sesuai selera
Daun salam 6 lembar
Daun Jeruk 6 lembar
Serai 5 batang
Lengkuas seibu jari bengkak

BUMBU yang dihaluskan :
7 siung bawang merah
5siung bawang putih
1ruas jahe
kunyit seukuran jari kelingking
3sendok makan ketumbar sangrai
2sendok teh jinten

CARA :

Sangrai kelapa parut hingga kering kecoklatan.Gunakan api kecil dan rajin dibolak balik agar ngga gosong.

Tumis bumbu halus hingga wangi dan mateng, masukkan dedaunan, lengkuas dan serai, tumis hingga harum.

Masukkan potongan daging, masak hingga berubah warna.Tambahkan air, masak dengan api super kecil agar daging tidak alot.

Saat air tinggal setengah, tambahkan santan kental , garam dan gula merah.Masak hingga air menyusut,  cicipi. Jika suka manis dan dirasa kurang manis, bisa tambahkan gula pasir ato gula merah.

Masak hingga air tinggal sedikit dan semua meresap ke daging baru masukkan kelapa parut.

Aduk2 selalu dan kecilkan api.Masak hingga kering agar serundeng awet.Rajin diaduk agar ngga gosong.

image

image

image

Leave a comment »

Sekolah Bu Momi : Beras Tye Dye

Jadi ceritanya, di pojokan lemari, nemu bungkusan beras coklat yang dibeli mungkin tahun lalu yaa , seinget saya, saat masih kerja.Karena seisi rumah ngga ada yang doyan beras coklat, kelupaan dech tu beras sampe ditemukan beberapa kutu ( ngga banyak siih dan udah saya bersihin ).

Jadii..daripada dibuang, sayang  dan pamali , saya kepikiran untuk diwarnai, agar bisa dipake untuk maenan Abi :-D

Mulai dech, bongkar2 stock bahan “sekolah”nya Abi dari kamar atas.Oke, dapet pewarna kue sisa bikin playdough dan cat aer beberapa waktu lalu : merah, hijau, biru, dan kuning tua.

Caranya gampang : tempatkan beras di masing masing mangkok dengan ukuran sesuai kebutuhan.Beri tetesan pewarna makanan, banyak nya tergantung pada kepekatan warna yang diinginkan, diamkan beberapa saat hingga mengering.Siap pakai dech..

Kemaren2 saya pakai untuk Abi mendekor huruf2, jadi saya pola hurufnya, untuk kemudian Abi me lem si huruf dan kemudian digulingkannya ke beras berwarna.
image
image
image

Besok harinya, beras berwarna ini saya pakai untuk jadi pasir2an saat Abi mendesain landscape taman dalam kotak sepatu bekas.

image

image

image

Leave a comment »

Es Ketimun-Nanas-Jeruk

Suhu udara akhir2 ini luarrr biasa puanass.Ada kali ya, 3-4bulan ngga turun hujan yang cukup ngebasahin rumput di depan rumah yang luasnya sejengkal.Belum lagi yang namanya debu, karena tetangga persis di depan rumah sedang merenovasi rumahnya.

Untuk membantu mengatasi suhu panas, di kulkas ,saya nyetok yang seger2 kaya puding jelly buah, agar2 susu, asinan buah dingin atau ini nih..resep ngasal banget , semua yang nemu di kulkas di campur2, es ketimun nenas jeruk :-D

Ceritanya siih, saat bersih2 mingguan laci kulkas, nemu 1buah jeruk lemon sisa infused water nya Popi, sekantung jeruk peras manis, nanas sisa bikin opor, dan lumayan banyak jeruk nipis, juga ada 6biji ketimun yang rencana awal diperuntukkan bagi pembuatan karedok yang tertunda karrna ngga punya stok kencur ;-)

Ketimun diparut ( karna ngga ketemu parutan pepaya, ya saya pake aja parutan jeju :-D ) dan nenas yang diiris halus ditempatkan di mangkuk.Peras jeruk (saya pake nipis, jeruk peras dan lemon ) apa aja yang ada , campur ke mangkuk.Tambahkan sirup jeruk nipis ( saya pake merk Tjampolay), tambah air, sesuaikan rasa dengan selera, simpen di kulkas dech.Popi langsung ngabisin seorang diri, semangkuk besaaar.Enak dan seger banget!, kata Popi

image

Leave a comment »

Brazillian Cheese Bread!

Selain memanfaatkan FB untuk menjalin relasi dengan teman2 dan ajang “kenarsisan” saya, saya juga join beberapa group dan fan page yang berkaitan dengan beberapa hal misalnya group memasak, forum jual beli, forum garage sale , home education program, homeschooling, parenting, etc.

Naah..disalah satu FP kuliner , ada resep ini : Brazillian Cheese Bread.Enaknya ngikutin resep orang luar itu adalah : simple, praktis daaan mereka ngukur bahannya pake satuan gelas ukur ( cup ), jadi ngga perlu ngeluarin timbangan heheheh

Uniknya, jenis roti ini berbahan tepung sagu ato tapioka, bukan terigu, jadi harusnya glutten free dong ya.
Hmm…penasaran dech jadinya.Begitu dieksekusi hmmm…hasilnya? enaak! kenyal kenyol di dalem ( chewy ya ), garing di luar.Dibesokin juga tetep enak.Ngeju banget karena kejunya saya banyakin.Air pun semua saya ganti dengan susu UHT plain, jadi kebayang doong..gurihnya :- D

Resepnya silahkan cek disini http://m.allrecipes.com/recipe/98554/brazilian-cheese-bread-pao-de-queijo

Tapi kaya penjelasan diatas, kejunya saya bikin double dari resep dan air, semua diganti susu.

Happy Trying ^_^

Leave a comment »

Wish List

Boleh kali ya..punya wish list to do concerning the house hold yang sifatnya “projext”.Skala prioritas dan estimated budget yang sibutuhkan :

1. Ngerapiin taman depan dan mulai berkebun.Pengen beli tanah gembur, beberapa pot dan tanaman berdaun rimbun kaya suplir ato kuping gajah, sirih ( karna Abi suka mimisan ), pandan, serai ( biar ngga banyak nyamuk ), dan tanemam2 hijau lainnya.Estimated budget : Rp. 500,000 ( jenis dan banyak taneman disesuaikan dengan budget )

2. Memfungsikan eks kamar suster menjadi ruangan belajar Abi.Kamarnya kecil mungil 1.5 × 3 M. Saat ini difungsikan sebagai ruang penyimpanan beberapa mainan dan alat serta hasil belajar dan aktivitas Abi.
Rencana mau nambah rak buku , lemari laci plastik dan wall paper.Ruang itu mau dibikin senyaman mungkin.
Karpet udah ada.Yang lebih utama sih ngeberesin dan rapih2.Mau mulai nya entah kapan, kalo wiken kok rasanya badan udah cuapeeek.Kalo weekday, ngga ada yang nemenin Abi. Estimated budget required : 500,000,- ( syukur2 kalo bisa dapet rak/ lemari second ya )

3. Service sofa.Iyes, sofa yang saat ini “hancur” akibat sabetan kuku Juju.Estimated budget : 1jt, pengen ganti cover kain aja warna merah menyala.

Itu dulu aja, semogaaa satu per satu bisa terwujud, Aamin YRA

Leave a comment »

Sarapan Popi

Sekarang, popi rutin minum bekatul untuk sarapan setiap pagi.Ditambah sampingannya yang saya variasikan setiap pagi , kadang jagung rebus, kadang ubi rebus, pisang rebus, plain toast, nasi goreng  ato mie goreng non instant porsi kecil.

Juga rutin minum gel Gamat yang terbuat dari teripang alias timun laut.
Kadang sesekali dibikinin rebusan daun sirsak oleh istrinyah ;-)

Popi punya penyakit jantung, dimana jantung Popi itu berdetak lebih cepat 4kali dari jantung normal, dan juga darah tinggi.Waktu diikutsertakan asuransi Jiwa, pada ngga ngelolosin karna hasil medical check up nya terutama test jantung, ngga menuhin syarat.Kalopun lolos, then perusahaan asuransi mengexclude penyakit jantung.

Tapi tetep kami ikut sertakan popi di asuransi Jiwa, dengan Abi sebagai ahli waris.

Penyakit, bukan untuk diratapi, tapi dijaga agar tidak memberati tubuh.Alhamdulillah, Popi termasuk yang ngejaga pola dan jenis makan.Walaupun ogah ngebekel masakan istrinya ke kantor, menu lunch nya ngga pernah neko2, seputaran gado2, pecel, perkedel, tahu tempe. Padahal kalo ngebekel, bisa lebih sehat yaa?. Ngga enak, kata beliau, dan saya pun maklum dengan alesan2 Beliau.

Alhamdulillah, sekarang kalo  makan dirumah, bisa makan masakan istrinya, kualitas minyak terkontrol, kuantitas garam terkontrol, juga kebersihan.

Semoga Allah senantiasa melindungimu Pop

image

image

image

Leave a comment »

Calistung Buat Abi ?

Well, entah apa karna saya ini narsis dari sono nya, atau apakah saya ini emang berbakat jadi guru sehingga ingin selalu bisa spread a knowledge alias bagi2 ilmu lebih tepatnya info, jadi, saya ini termasuk active user of facebook, yang bukan cuma stalking news feed ato komen di status orang, tapi juga *sangat* aktif upload foto ato update status.

Isi timeline saya emang bukan isi curhat ato makian kepada pihak lain, kebanyakan adalah foto2 aktivitas saya dan Abi ato foto masakan2 saya, disertai beberapa baris narasi yang ngejelasin isi foto. :-D

Naaah..tentang aktivitas saya dengan Abi, tentu sebagian besar ( malah hampir seluruhnya ) adalah momen di #sekolahbumomi , bukan foto2 selfie kami berdua kook.Percaya dech, untuk yang berselfie ria trus diupload kayanya udah bukan gaya saya lagi hehehe

Unfortunately, beberapa kali , status itu menuai pro dan kontra.Beberapa teman agak terganggu melihat foto2 aktivitas Abi.Bahkan beberapa mengirim Personal Message ke saya dan juga mengirimkan beberapa link dari pakar2 psikolog anak, untuk bahan pertimbangan saya.Padahal, yang mereka lihat itu hanyalah gambar, sepotong kecil frame dari total keseluruhan kejadian.Saya tetap khusnudzon, maksud mereka baik.Mereka sayang dan care pada Abi #Alhamdulillah…

Jadi ingin sedikit flash back, dari Abi masih di perut, setiap malam saya udah “kursus” matematika.Iyes, tiap malem dapet soal2 dari Popi , saya kerjain, lalu kita bahas bareng.Kami membeli buku2 latihan soal Matematikan Dasar dan Popi mendownlown E-Book soal2 Matematika Teknik. Itu “makanan” saya setiap malam .

Kami tidak hanya membaca Surat2 di Quran beserta artinya, namun juga memperdalam tafsir beberapa Surat disertai membaca Azbabun Nuzul nya.Juga, Abi selalu dibacakan cerita dongeng Islami tentang sejarah Para Nabi dan 99 Asmaul Husna.Itu dilakukan saat Abi masih dalam kandungan.Kami selalu berdiskusi tentang banyak hal, menggali sumber, mendiskusikan lagi.

Usianya 5 bulan ( saya masih working mom), Abi udah sekolah.Well..jangan bayangkan sekolah beneran ya, hihi, melainkan sekolah bayi.Ngapain aja? Abi dilatih banyak hal kaya : gym, manjat, ngerangkak, flash card, aneka suhu benda, aneka bau2, aneka tekstur benda, aneka suara,aneka alat musik dll, dst.Tapi ngga lama sih, Abi bosen, ngga pernah kita paksa

Sejak usianya 2.5 thn, saya full di rumah, maka mulailah toddler homeschooling activities.CALISTUNG bukanlah pokok bahasan utama kami, melainkan melatih motoriknya Abi, membuat garis, menggunting, mengelem.Yangmana Alhamdulillah bermanfaat.Sejak 3thn kurang, Abi udah bisa kancingin baju sendiri, pake celana , sepatu, sendiri.

Tapi ngga dipungkirin, sejak 3thn lebih, Abi mulai saya kenalkan dgn huruf dan angka, tetap memakai metode #FLASHING ,BUKAN cara konvensional,  BUKAN tracing dot to dot.
Jangan heran, kalo rumah selalu penuh tempelan, gambar, dimana2.Saat awal2 “homeschooling” ala2 momi dulu dilakukan, rumah hanya rapih saat Abi tidur.Othet than that? hehehe..penuh dengan kreativitas kami.

Saat belajar vocab English pun, dikemas dalam bentuk games.Kami menyeruduk kolong, manjat kursi,dan he’s happy, bahkan selalu nagih.Dan utamanya, saya TIDAK pernah ngetes ato menguji Abi, apa pun itu.Pengetesan atau pertanyaan yang sifatnya #MENGUJI adalah hal yang tabu dirumah kami.Tapi kami sangat royal terhadap #PUJIAN, pelukan, kalimat2 penyemangat.Tidak pernah ada kata #SALAH , apapun yang Abi lakukan dalam konteks nya belajar.Biki. angka 5 terbalik, matahari diwarnai dengan hitam, bikin huruf dengan lucu, tidak pernah kami salahkan.Jika ditanya lebih lanjut, kenapa begitu, ternyata justru kami yang bertasbih, Mashaallah, imaginasinya luar biasa.Dia punya alasan tersendiri kenapa melakukan itu.

Kalo sekarang dia udah bisa menulis beberapa huruf, itu dia sendiri yang mulai dan bisa.Tanpa pernah Kami minta.Tugas kami adalah menggali potensinya, merangsang nalar dan logika nya serta mnyediakan fasilitasnya.Jangan heran kalo Abi sudah “menghabiskan” 5 buku agenda yang ngga tipis untuk kesehariannya, kami pun menyediakan whiteboard untuk dia melakukan apa pun yang dia suka.Naah, saat mominya didapur, dia akan sibuk denga. whiteboardnya yang memang diposisikan dekat  dengan dapur agar saya bisa masak ato melakukan pekerjaan dapur tetap dengan mata yang bisa menjangkau Abi. Ternyata oh ternyata, tangan mungilnya itu bisa mulai mewujudkan beberapa huruf sambil mulut mungilnya menggumam mengajari kucingnya yang selalu menemaninya disamping kaki Abi.Apa momi lebay? Tidak! Saya mencoba bersikap biasa dan tetap bertanya dia nulis apa dan ngobrol seperti biasa.Tapi saya rutin mengupdate Popi tentang hal terkecil dari progress Abi. Saat Popi pulang, barulah Popi memujinya dan berterima kasih atas usahanya hari itu.Jadi jangan heran, sekarang, apa pun yang dia gunting, dia lem ato dia tulis, semua disimpan untuk ditunjukkannya ke Popi hehe

Kalo sekarang dia bisa berhitung sederhana, itu karna konsep di kepalanya sendiri. Dimulai saat suatu hari, dia menghitung jumlah orang yang ada dikamarnya, saat dia cuma berdua mominya,saat ucingnya masuk, dia tambahkan, juga saat Popinya masuk, dia jumlahkan.Jadi, saat dia dikasih cookies, dia mengerti konsep penambahan.Kita coba challange, dia bisa DENGAN alat bantu.

Setiap hari dia meminta sekolah di #sekolahbumomi nya, dan SELALU ditanya, mau ngelakuin apa.

Untuk memvariasikan aktivitas bermain sambil belajar, saya rajin baca2 aneka blog activities for toddler, homeschooling method, bahkan IKUT pelatihan metode #Glen Doman dan #Montessori.

Bahkan sekarang Abi rutin diajak ikut membantu dan menonton Popi nya ngelakuin percobaan fisika sederhana , setiap  minggunya #well, Abi menyebutnya “woow that’s magic! “

Bukan agar dia pintar, tapi agar dia memiliki kertertarikan, kelak.Intinya, Abi hepi, TIDAK pernah terbebani (Alhamdulillah ) .You should meet and interact with him to find out the real condition hehe

Owiya , untuk lama waktu bermain sambil belajar ini TIDAK pernah lebih dari 1 jam dengan 3-4 aktivitas berbeda .#emaknya harus rajin bikin stok permainan#

Naah..kalo hafalan juz Amma,ini tuntutan dari Popi, harus, kata beliau.Untuk apa? untuk bekel dia mulai berlatih sholat, juga doa2 .Cara yang saya pakai? hehe..ada di blog sih ceritanya.

Semoga Abi , sampai dia besar, selalu merekam dalam memorinya bahwa “belajar itu Fun,Menyenangkan “

Masalah apa yang menjadi ujung dari proses ini kelak, apakah dia akan jadi anak pintar atau tidak, sudah #BUKAN kuasa kami lagi selaku orang tuanya.Kami hanya selalu berdoa kepada Zat yang MAHA membolak balikkan hati agar Abi dijadikan lelaki sholeh , Imam yang baik.Allah toh tidak akan menilai hasil akhir karena itu hakNya menciptakan suatu ujung, tapi usaha kita lah yang akan dinilaiNya.Semoga mendapat rahmatNya, Aamin

image

Leave a comment »

Brownies Coklat Keju ( lagi )

Well…i actually am not really into cake, termasuk brownies.Hanya beberapa cake aja yang saya suka kaya : cake lapis nanas, marmer cake resep eyang putri daaan..brownies yang satu ini.

Kaya2nya, dari sekian banyak brownies yang pernah saya bikin untuk Abi, ini doang yang paling saya suka, eiittss.. juga itu ding , yang nuttela oreo brownies, itu juga enak :-D

Kalo Abi? ahaai..jangan ditanya, suka banget sama yang namanya brownies mominya.Pernah dicicipin brownies made in toko di Bandung, dia ngga gitu suka.Kalo brownies mominya kan less sweet, padet a.k.a bantat, ngga pluffy.Setau saya siih..dari hasil mengamati info2 dari group masak yang saya join, kata para pakar perkulineran, brownies itu emang harusnya rada bantat, ngga ngembang.Kalo ngembang, itu namanya bolu ato sponge cakr.Makanya, kata para pakar itu lagi, kalo bikin brownies, ngaduk adonan jangan terlalu semangat, secukupnya aja :-)

Owiya, balik lagi ke brownies ini, ini bikin yang ketiga kalinya lho hehehe…Resepnya silahkan di cek disin : http://riniivan.wordpress.com/2013/04/27/brownies-coklat-keju/

Cuma, gula untuk adonan coklat saya kurangi, jadi sepertiga nya dan saya ngga pake coklat chip.

Untuk cream cheese nya, saya modify jadi 300gram :-D

Rasanya ueenakk.Coklat banget bercampur citarasa keju yang ngga mahte.Dinikmati dingin langsung dari kulkas ato hangat dari microwave, sama enaknya .Teksturnya padat, rasanya delish!

image

image

image

image

image

Leave a comment »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers