Riniivan's Blog

Something about my life

Fashion Inspirasi : When Brokat Meets Songket

Sebagai orang Palembang, kayanya “wajib” yaa, kalo ke undangan nikahanĀ  keluarga dekat, memakai kain khas Palembang ,songket.

Tapi sejak memutuskan untuk tidakĀ  mengenakan busana kebaya ketat, jadi si kain ini saya modifikasi menjadi gamis.Karena ini percobaan pertama, rasanya saya aah kalo pake songket tenun, maka saya pake bahan songket mesin yang harganya dibawah 500 ribu, bahan brokat nya pun saya pake yang biasa, yang murah, 50rb semeter, belinya tahun lalu. Ongkos jahitnya yang lumayan mahal menurut kantong saya, 500 ribu #emang pasaran di daerah Tangerang Jakarta kali yaaa.Tetap sederhana, ngga berlebihan dan tetap bisa bersongket ;-)

image

image

image

ide bersumber dari google dimodifikasi seperlunya

Leave a comment »

Jalan Jalan : Bogor! Hotel Royal Bogor

Yeaay, weekend kemaren diajakin Popi ke Bogor,lumayaaan lah 2 malem.Nginepnya di Hotel ROYAL,di Jl. Juanda Bogor,lokasinya tepat di depan pagar Kebun Raya Bogor.

Dari tampilan luar ,hotelnya udah adem,dengan banyak pepohonan rimbun menutupi tampak muka bangunan, pun begitu masuk lobby,nuansa nya adem banget. Kamarnya bersih dengan siraman cahaya matahari melimpah sehingga ngga ada kesan sumpek.Fasilitas kamar pun baik, kamar mandi bersih dengan tak berbau, toilettries lengkap walau kamar mandi tak dilengkapi dengan hair dryer , ada kulkas walau tak ada minibar nya ( untuk saya, kulkas di hotel sangat lah penting untuk menyimpan bahan makanan ABI ),  seprei bersih,ada kettle pemasak air, lemari nya besar sehingga koper dan tas2 bisa tersusun rapih.

Makanannya pun oke,menunya variatif dengan rasa lumayan lah.Karna hujan dan lelah setelah seharian keliling Bogor, malemnya kami putusin makan di hotel karena udah lelah, macet dan ujan nya gede.Buffet nya oke, pelayanan staffnya cekatan dan ramah, rasa juga ngga seadanya banget.
Menu sarapan juga lumayan, nasi putih, nasi goreng, mie goreng, nasi kuning, bihun goreng divariasiin dalam 2 hari, dengan lauk pauknya.Bubur ayam nya enaaak, juga bubur khas nusantara kaya bubur ketan.hitam,kacang ijo dan bubur sumsum. Pilihan kue2 ngga banyak, tapi selalu ada :-)

Hotel ini berlokasi di tengah kota, jadi mau kemana mana pun lebih gampang, meski tetap harus di bear in mind bahwa Bogor itu lumayan padat traffic nya. Di sekitaran hotel ,sejak pagi banget,udah ada penjual makanan ,mulai dari ceker pedas , soto mie, sate, siomay dll karena disekitaran situ, banyak gedung2 perkantoran, jadi para pedagang memang membidik orang2 kantoran ini tadi.Naek angkot ke arah sukasari, banyaak tuh kuliner enak, tapu bagi yang muslim, harus waspada karna di daerah ini banyakan chinese food,pastikan kehalalannya

Eh tapi, di Sukasari ini, ada bakso enak yang mulai pagi pun udah rame pengunjungnya, Bakso Seseupan Titoti.Baksonya enak, kenyal pas, gurih berlemak denga kikil serta gajih daging sapi di mangkoknya.Jusnya lengkap, harga ramah, 1 porsi bakso antara 14rb -17rb, lumayaaan kaan

Ke arah Padjajaran lurus sampe ketemu Jl. Saleh iskandar, ada tempat makan sate kambing Hot plate enaaak.Kita sempet nyari2 dulu tuh,karna penasaran.Lokasinya di seberang perumahan Bukit Cimanggu kalo ngga salah, tempatnya tersempil,kecil ngga menonjol, tanpa board nama signifikan yang eye catching, tulisan nama warung nya kecil ,Sate dan Tongseng Pak Gino. Tapiii, rasanya ngga keciil, alias enaaak ,recommended. Tongsengnya enak, ngga berasa gule, sate kambingnya juga empuk,setara dengan sate kambing Bu Rita di Jl Serpong Tangerang.Juara dech.Kami pesen 10 tusuk sate kambing, 30tusuk sate ayam, 1 tongseng kambing, 1 tongseng ayam, es jeruk dan es teh manis, 2 kerupuk , abis 209 ribu saja dengan rasa yang nendaaang, ngga rugi dech keliling2 nyariin.Must visit place ,kalo ke Bogor lagi ^_^

Naah ke Bogor ngga afdol dong kalo ngga beli asinan, maka melipirlah kami ke Kedung Dalam yang katanya enak ( dan memang enak kok), ngga pake gula biang, asemnya juga kayanya asem jawa, bukan cuka ,karena mag saya yang sensitif cuka putih, ngga bereaksi saat saya menyantap habis 1 porsi asinan buahnya. Harga 1 porsi asisnan buah adalah 21 ribu dan di kedai bersih ini, mereka juga menjual aneka oleh2 keringan khas bogor ,kaya aneka keripik,aneka sale pisang, dll,dkk

Wokeey, saatnya pulaaang dengan se kresek besar oleh2 ^_^

image

image

image

image

image

image

Leave a comment »

Juju

Our dearest cat! Yang sudah hampir 8 tahun menemani dalam segala suka dan perjuangan.Yang sayang banget sama Abi, juragan plus sahabat baiknya, yang ngerti banget kalo diomongin, yang selalu berusaha bertahan hingga saat ini.

Ju, kalo momi jarang banget “mampir” ke kandang Juju untuk sekedar say hello atau nyuapin obat dan minum, bukan berarti momi ngga sayang, bukan berarti momi ngga peduli. Kalo momi nyaris ngga pernah besuk Juju di klinik setelah 4kali Juju harus diopname dan dioperasi ( iya Ju , 4 kali ), bukan karna momi ngga cinta. Momi ngga punya cukup kekuatan Ju , dan ternyata, sampe saat ini pun, setelah berkali2 Juju masuk klinik, momi tetap tidak bisa membiasakan diri.Momi ngga sanggup,Ju.

Hingga malam ini, tak ada pilihan lain, momi harus mengasisteni popi nyuapin Juju obat dan minum.Dada momi sesak, tenggorokan momi perih hingga air mata ini pun, tak terbendung sampai saat momi menulis ini. Momi ngga tega melihat Juju yang tinggal tulang dibalut bulu tipis, Momi sakit melihat mata cekung Juju menatap iba ke Momi.Momi tersedu sedan melihat darah kembali keluar dari saluran kemih Juju. Maafin Momi ya Ju, sungguh maafin momi.

Terima kasih sudah mau bertahan sekian kali ditengah kesakitan Juju, tapi kami ikhlas kalo Juju udah lelah, karna sungguh Ju, momi ngga tega melihat perjuangan Juju

Kami, Popi,Momi dan terutama Abi, sangat amat sayang Juju, Ju.Besok momi telfon lagi dokternya ya Ju

Love ,Momi yang nulis sambil matanya selalu jatuh air :’-(

image

Leave a comment »

Persiapan Mudik Ke Palembang

Alhamdulillah yeay, big thanks to Popi yang selalu selalu dan selalu berusaha mewujudkan harapan dan “mimpi2” istrinya, tahun ini, karena lebaran bukan giliran ke Palembang, maka kami mudik nengokin orang tua kesana. Saya, Abi dan Mimi berangkat duluan tanggal 7 Januari entar, Jumat depannya tanggal 15, Popi nyusul, cuti seminggu di Palembang.

Kami sepakat, insyaallah minimal, setahun sekali nengokin orang tua disana, mumpung masih ada, masih bisa berbakti  ,masih bisa menyenangkan mereka salah satunya dengan berkunjung. Trims Pop, semoga Allah saja lah yang membalaskan semua kebaikan popi, melalui ridho san rahmatNya kepada Popi,aamiin Allahumma Aamiin.

Persiapan mudik dimulai hari ini ! yeaay. I notice something : in this excitement of going back to hometown  ,ada rasa super duper sedih mau “ninggalin” Popi, mikirin makan, bekel, sarapan, baju head to toe beliau yang biasanya saya yang siapin #walo emang siih ada Allah yang ngejaga, tetep aja ya, sesuatu yang udah jadi kebiasaan, rasanya berat ditinggalin walo cuma seminggu.

Jadi saya udah bikinin rendang dan akan bikin baceman ayam tempe untuk Popi makan ato sarapan. Baju2 beliau juga udah disiapin, packingan pakean dll dkk untuk ke palembang nanti juga akan saya siapkan jadi Popi tinggal angkut koper aja.

Hari ini : nyetrika! udah 3 gunung! wow,semangaaat, juga cuci2 baju2 yang akan dibawa mudik, terutama baju2 Abi yang baru dikasih mimi2 nya. Kalo sempet mau bikinin oleh2 buat Yangma, karna besok, yangpa balik ke Bandung . Kayanya mau bikin yang gampang ajalah ,  brownies, tapi nantilah liat sikonnya.

Besok : ngebacem ayam dan lauk semi jadinya Abi untuk dibekel, juga mulai packing sebagian yang bisa dipacking.
Kebetulan bersamaan mudik ini, ada Tante yang nikahin putrinya, jadi harus siap2in kostum (jiaaah ) juga kan ya. Saya jahit baju brokat sederhana dikombinasi dengan songket mesin Palembang, nanti saya post terpisah dech untuk fashion inspiration #eeaaa.
Juga beberapa jenis maenan, alat dan bahan aktivitas, buku2 Abi yang semua harus disiapkan detil.

Hari Rabu finishing akhir tuh,semua detail2 kecil termasuk cemilan Abi ,oleh2 dll dkk #hikkkss,belum dapet oleh2 untuk Kakek :'(

Kamis berangkat, pake Batik Air dari Halim, hikss ini accidental karna sambil booking via Traveloka, popi sambil direcokin momi dan Abi, jadi rusuh dan salah dech #pelajaran
Nanti disana dijemput kakek dan nenek #cihuuuy

Bismilah, semoga persiapannya lancar, diberi rizki sehat dan umur oleh Allah,aamiin.Palembang, here we come,siap2 wiskul memori kaya Mie ayam Memory, Sari Mulya, kuliner pasar kuto, pindang Linggau,tekwan mie gerobak, rujak mie, martabak HAR ,daaan tentu saja duren #lagi musim euy

Leave a comment »

Libur = Ngumpul Bareng Ade2

Minus Mama Pipit, adek saya nomer 3 yang tinggal Lampung.

Mimi Yiyi bawa dan bikin sate ayam, jagung bakar, model Palembang. Saya siapin sosis bakar, ketan bakar, kentang oven untuk anak2 serta mashed potato ,Pipi Ari bawa Pizza Hut sepulang kantor,Mimi Iis beli teh botol dingin untuk minumnya

Semoga selalu bisa lagi dan lagi, ngumpul rame2, terutama jika formasi lengkap,aamiin

image

image

image

image

image

image

Leave a comment »

Marugame Udon Summarecon Mall Serpong : Halal ,Alternative Tempat Makan

Kemaren Alhamdulillah, ngedadak, popi pulang kantor jam normal, sebelum adzan magrib udah nyampe rumah karena jalanan lancaaarr,daan Popi ngajakin makan diluar sekalian ngajak Abi maen, pernah janji mau ngajakin maen di track hotwheel panjang di Mall.

Sayangnya Yangpa ga mau ikutan, karna mau makan ikan di rumah aja. Kebetulan, untuk lauk Yangpa, saya bikin tim ikan bumbu minimalis, aduuuh emang gurih banget kaldu ikannya, Abi dan saya aja sukaa nyeruputin kuah kaldunya. Jadi lah yangpa di rumah dech, sementara kami pergi, hiikkss.

Naah, kebetulan baru dapet info bahwa Marugame Udon udah tersertifikasi halal, jadilah kita nyobain. Dari rumah sengaja ngga ngebekel buat Abi, tapi udah makan sih sorenya, lumayan banyak, nasi plus ikan tim dan kuah sup. Saya pesen niku udon, Popi pesen nasi Kari Ayam,Abi saya pesenin ayam ala2 resto jepang gitu lah,lupa namanya plus udang gorneg tepung dan ubi goreng untuk Popi, sayuran goreng untuk saya dan ayam untuk Abi cemilin. Ngeliat tampilannya pertama kali,ekspresi Abi udah nampak tak tertarik, tapi karna syarat untuk ke mall adalah dia harus makan,maka dia berusaha semangat. Sesuap nasi, dia minum banyak untuk bantu dorong dan ndilala, dia mau muntah ( tapi alhamdulillah ngga banyak jadi ngga ngotorin tempat dan baju karna Popi sigap menampung ),dan konfirm lah dia bahwa dia ngga suka makanan itu :'( ( belum berhasil dong ya nemu tempat makan yg Abi suka, biar ngga harus ngebekel )

So far,menurut kami sih enak ya, dengan harga lumayan lah terjangkau  ,untuk semua menu tadi plus ocha dingin refill, 209ribu aja. Udonnya enak, fresh kenyal nya pas, kuah niku nya juga gurih ,ngga jauh kok dari Sushi tei yang hingga kini masih mempertahankan ke otentikan rasa mereka sehingga belum juga tersertifikasi halal MUI hingga saat ini #cmiiw , dan yang terpenting,Marugame Udon ini udah tersertifikasi kehalalannya :-)

image

image

Leave a comment »

Lelah ( Fisik )

Hari ini sangaaat lelah, entah penyebab utamanya apa.Apakah karena “kaget” setelah 4 hari kemaren super nyantai dan hepi2 karena ada Popi? Apakah lagi dateng siklus bulanan hingga mempengaruhi hormon? Apakah saya jenuh? Apakah karena kerjaan ditumpuk sehingga numpuk? (??? ya iya lah kalo ditumpuk toh ngga mungkin menipis yaaa )

Bangun jam 4 pagi setelah tidur jam 1 malem langsung nyiapin bekel ngantor Popi plus bikin sarapan martabak mini untuk the boys, lanjut mandiin dan nyuapin makan Abi sambil maen kereta, lanjut beres2 rumah sementara Abi maen sama Yangpa nya.Itu beres2 nya all out karna 4 hari diberesin seadanya.Maksudnya all out ngga gimana2 banget sih, maksudnya dipel, railing tangga dilap, kaca dilap, langit2 rumah disapu, semua pintu dan jendela di lap pake lap basah, teras dipel, kamar mandi disikat, lantai atas dibersihin dari debu dengan menggunakan lap basah lalu kering,dapur ganti alas, nyuci.

Mandi, ngemil, lanjut lagi nyetrika,lalu masak siap2 buat bekel Popi besoknya.Saya udah masak sayur lodeh seadanya stok sayuran, ayam udah diungkep tinggal goreng besok pagi dan balado telor. Selesai masak, lanjut mandiin Abi, ngobrol sambil dia menikmati snack sorenya. Selepas magrib, lanjut Homeschool in Abi ( sekali ini maen dengan stick sambil belajar baca), tanpa jeda tanpa istirahat sama sekali  . Owiya, karna stock roti tawar sama sekali tak tersentuh udah 2 harian ( yangpa dan Abi entah kenapa lagi ngga minat sama roti, lebih pilih sarapan bikinan saya kaya ubi goreng, pisang goreng dan martabak mini ),daripada mubazir,sambil siapin makan malem Abi dan Yangpa, saya olah lah roti nya jadi roti lapis daging keju, karna kebetulan ada sedikit sisa daging sewaktu kemaren bikin hotdog saus daging. Saya lelah, fisik saya benar2 lelah.Alhamdulillah, saat ini Yangpa bersedia membantu nyuapin makan malem Abi sementara saya selonjoran sejenaaaaak aja ( daaan itupun yaaah, teteup nyambil, nyambil ngeblog haha)

Buat saya? cukup tidur! maka biasanya,insyaallah besoknya,semua lelah hilang, seger, diiringi menghirup aroma kopi kental di fajar dini hari. Tapi sayangnya belum bisa.euy, Popi belum pulang.Masih di kantor! hikkkss.Saya masih harus nungguin beliau pulang dulu, udah saya siapin es tape susu gula merah untuk sedikit mengurangi penat beliau setelah seharian kerja. Juga,saya toh masih harus nungguin roti lapis yang saat ini masih dioven.

Saya jenuh? ahh ngga juga, wong setiap hari juga diniatin ibadah kok, rugii banget kalo jenuh.Ibadah kok jenuh, boro2 dapet ridho Allah, yang ada dapet capek doang, rugi besar ^_^

Saya hanya lelah dan butuh tidur ,itu aja dech kayanya hehehe

Leave a comment »

Sedikit ilmu dari Mama

Lanjutan hari Jumat kemaren, seabis shopping date dengan Abi berdua aja, masih sempet ikut maen kereta bareng Abi, sikatin gigi, ngelonin bobo,.baru dech gerak,mulai masak.Masak apa sih? Bikin oleh2 buat ke Bandung. Bikin puding zebra 2 loyang, bikin rendang 1.5kilo daging untuk Popi, bikin 2 loyang makaroni schotel, bikin kue manan sahmin 2 loyang, bikin lauk Abi dan bikin nasi hainan untuk bekel Abi di jalan.Sendirian? iya doong, masih disempetin sambil nyetrika dan packing baju dll dkk.

Jadi inget mama Palembang, neneknya Abi. Ada beberapa contoh yang beliau lakukan yang sampe sekarang saya tiru dan saya lakoni : jadi perempuan.harus cekatan, harus gesit, harus serba bisa, harus mau belajar.

Jadi anak harus sayang sama ortu terutama mertua, kelak kita akan ada di posisi itu,jadi ibu, jadi ibu mertua ( aamiin kalo ada umur ), kata nenek ,biasain bawa  buah tangan saat menunjungi orang tua, orang tua manapun bukan cuma mamah ato mertua .

Urus anak dan suami dengan baik, mulai dari penampilan mereka, hingga makanan mereka, semuanya. Harus bisa tetep tampil menarik.Kucel, kumel saat suami ngantor adalah fine fine aja, tapi dandanlah saat suami dirumah, minimal ngga kucel, minimal wangi,minimal muka sumringah.

Jaga kehormatan suami. Jangan pernah curhat masalah tumah tangga  pada siapa pun kecuali pada Allah, atau permasalahan dengan suami kecuali pada ibunya ( baca : mertua ).Tidak pada sahabat, tidak pada orang tua atau saudara sekandung.Telan bulat2 untuk diri sendiri.

Hormati tamu ,siapapun tamu itu, yang dateng ke rumah kita.Jika kebetulan mereka berkunjung saat bertepatan denga  jam makan, jamulah, walo cuma dengan lauk telur ceplok dan mie instan. Temui mereka, jangan malah sibuk sendiri,kalopun  harus ke dapur menyiapkan jamuan, mintalah ijin dan segerakan hadapi mereka untuk ngobrol.

Jika ada yang datang berhutang, jika ada , usahakan jangan ditolak, sudah cukup berat bagi penghutang untuk memasang muka meminjam dari kita, jangan makin diberatkan dengan penolakan, mana tau itu ujian bagi kita ,rejeki bagi mereka yang tertitip melalui harta kita. Kalo pun sedang tak memungkinkan, berilah seikhlasnya dan seadanya dana kita, sebagai bantuan,bukan pinjaman.

Selalu lah nyanguin sedikit uang untuk orang2 tua kerabat yang kurang mampu, selipkan di tangan mereka saat kita salim, walau mungkin seadanya, 1 lembar uang merah, sudah bisa membuat mereka bahagia, bahwa ada anak yang tak,sedarah tak sekandung,menaruh perhatian pada mereka,menyenangkan mereka.

Masih harus terus belajar, harus terus berprogres. Terima kasih, mama

image

siap angkut ke Bandung

Leave a comment »

Shopping Date With Abi

Sebenernya rencana belanja itu kemaren, sepulang popi ngantor, selepas Isya.Tapi qadarullah , anak bageurnya bobo masih kondisi nyenyak banget.Diungguin ehh malah popi momi nya pun ikut ketiduran :-D

Jadi, karna faktor urgency, tadi pergi berdua Abi doang, naek ojek.Awalnya dia ogah, tapi dijelasin, akhirnya mau . Jalan dari rumah seberes rapih2 dan sarapan Abi sekitar jam 10, sekalian mau ngelaundry gaun, ada 3 potong gaun pesta yang sayang kalo dicucinya sendiri ato di laundry kiloan.

Ini bukan laundry yang wellknown banget kok, bukaaan ,bukan tipe 5 a’Sec ato Laundrette . Tapiiii nyaris berlinang aer mata saat dia input harga daan 1 gaun dihargai 95ribu untuk dry clean whuaaaa hik…hikss..Saya udah coba minta cancel, tapi kata petugasnya ngga bisa (???) Dulu pernah dry clean jas Popi disana dan beberapa kali DC gaun, ngga semahal itu #ini mental saya emang bukan mental horang kaya kali yaaa? kebayanglah 3gaun plus 2 khimar, dihargai 355 ribu #meweek nih.
Waaaah, bisa bikin 2set gamis bahan wolvis halussegitu mah, nambah dikiiit aja

Sedih banget, tapi mau gimana lagi? Telfon Popi dech, lapor ,dan as usual,reaksi Popi itu selaluu nenangin, ngga pernah bikin istri cupu nya ini merasa lebih terpuruk dalam rada bersalah #idiiih

Lalu kami lanjut belanja di Farmer Market, beli daging untuk dibikin rendang buat Popi tersayang, beli daging giling untuk stok campuran lauk Abi dst dll. Abis itu, sesuai pesan Popi, karna Abi udah bageur banget ngga nuntut apa2pun dan karna emang lagi pengen nyenengin dia, dia boleh pilih engine thomas and friend favoritnya . Sekali ini dia pilih Whiff, seri agak gede seharga 90ribu, ngga papa yaa, sesekali.Betapa senangnya Abi.

Trus sesuai janji, saya mau ajak dia makan pancake yang diatasnya ada ice cream, maka kami sedikit gegayaan, makan di Pancious Pancake, udah nanya2 ke waitress nya katanya halal ( tapi ngga ada halal MUI ),cuma sepf declare aja bahwa pancake mereka ngga pake rhum, okelaa, bismillah

Kami pesen spaghetti carbonara with chicken and blue cheese, chicken cesar salad dan oreo cheese mille creepes with choco ice cream on top, minumnya sari buah, perpaduan antara mangga, jeruk dan peach dengan potongan buah2 segar didalamnya kaya strawberry,kiwi, mangga, apel ,segeerr.

Untuk kantong kami, tergolong mahal siih, tapi sesekali, ngga juga 6bulan sekali kook, itung2 menghibur diri dari kejadian laundry tadi #ehhhh???

Pulang, saya mulai olah2 didapur, paused,ngempok2 Abi napping, lanjuut dech

image

image

image

Leave a comment »

Jamur Tiram Goreng

Abi sebenernya udah lama minta dibikinin ayam popcorn,fillet ayam yang dilumuri telor berbumbu dna dibalut tepung, digoreng, renyah.

Tapi setiap beli fillet ayam, mesti aja mominya ini lupaaa nyisain daging fillet untuk anak nya.Pas ada temen di salah satu grup whatsapp ( cieee yang banyak ikut grup WA ), ngebahas tentang panen jamur nya dia , salah satunya jamur tiram dan member laen pun ngebahas kandungan si jamur ini,ahh, untuk.Abi, bikinin jamur kriuk aja laah.

Not a really recommended snack ato side dish sih karna gorengan ,deep fried pula, tapi, sesekali ngga masalah lah, insyaallah, kaya kata ABI, makannya pake bismillah, nanti Allah jagain biar ngga sakit batuk hihihi

Pernah juga bikinin sejenis ini tapi isinya ikan gurame fillet, kadang ikan dori, pernah juga ikan tuna ^_^ secaraaa Abi pemakan segala, termasuk ikan. Saya emang ngga pernah ngajarin Abi bahwa ikan itu anyir, ato ikan itu berduri, engga lah, jadi dia ngga anti ikan, doyan malahan, kaya mominya hihihi

BAHAN :
300gram jamur tiram, cuci bersih dibawah kucuran air keran, tiriskan, peras hingga semua air keluaf dan jamurnya kering, suir2 memanjang.

BAHAN RENDAMAN :
1butir telur
2siung bawang putih geprek, cincang halus
1/2sendok teh merica
1sendok teh ketumbar halus
Gula garam sesuai selera

Rendam jamur di bahan telur kurang lebih 1 jam

BAHAN PEMBALUR

Ada sebagian yang menggunakan baking soda agar renyah, tapi saya skip, biar lebih nyaman aja untuk dikonsumsi Abi

Tepung beras, tepung sagu, tepung terigu protein rendah dengan rasio 1:1:1

garam,merica, ketumbar bubuk dan bawang putih bubuk,jumlahnya disesuaikan dengan banyaknya tepung

Masukkan semua bahan pembalur ini ke toples rapat atau tupperware kedap,aduk rata.
Masukkan jamur berbumbu tadi ke dalam toples, tutup rapat toplesnya  ,goncang2 hingga tepung menempel di jamur, goreng dengan api sedang dan panas, tiriskan dengan tissue minyak

image

image

image

Leave a comment »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 40 other followers