Riniivan's Blog

Something about my life

Memandangi salah satu kebesaran Allah, laut yang seolah tak bertepi..Ya Rabb,betapa kecil aku di hadapan bumi Mu

The Sea..Allah, how small i am compared to this creature of Yours

Advertisements
1 Comment »

Junior aka Juju :P, the sweetest Cat

deuhh..mata sayunya..gak nahannn

17102009

Leave a comment »

Jenis-Jenis Air mata

Dicopy ( again ) dari catatan seorang teman –Rudy Di Sini  (aziro71@yahoo.com ), thanks again

Kata Ibnu Qayyim – 10 Jenis Tangisan :

1) Menangis karena kasih sayang & kelembutan hati.
2) Menangis karena rasa takut.
3) Menangis karena cinta.
4) Menangis karena gembira.
5) Menangis karena menghadapi penderitaan.
6) Menangis karena terlalu sedih.
7) Menangis karena terasa hina dan lemah.
8) Menangis untuk mendapat belas kasihan orang.
9) Menangis karena ikut-ikutan orang menangis.
10) Menangis orang munafik – pura-pura menangis.

“..dan bahwasanya DIA-lah yang menjadikan orang tertawa dan menangis.” (An Najm : 43)

Jadi, Allah-lah yang menciptakan ketawa dan tangis, serta menciptakan sebab tercetusnya. Banyak air mata telah mengalir di dunia ini. Sumber nya dari mata mengalir ke pipi terus jatuh ke bumi. Mata itu kecil namun ia tidak pernah kering…. Seperti sungai yang mengalir ke laut tiada henti…

Tangis tercela atau terpuji

Ada tangisan yang sangat di cela umpamanya meratapi mayat dengan meraung dan memukul-mukul dada atau merobek-robek pakaian.Ada pula tangisan sangat-sangat di puji dan di tuntut yaitu tangisan karena menginsafi dosa-dosa yang silam atau tangis karena takut akan azab dan siksa Allah.

Tangisan dapat memadamkan api Neraka

Rasulullah saw bersabda : ”Tidaklah mata seseorang meneteskan air mata kecuali Allah akan mengharamkan tubuhnya dari api neraka. Dan apabila air matanya mengalir ke pipi maka wajahnya tidak akan terkotori oleh debu kehinaan, apabila seorang daripada suatu kaum menangis, maka kaum itu akan di rahmati. Tidaklah ada sesuatupun yang tak mempunyai kadar dan balasan kecuali air mata. Sesungguhnya air mata dapat memadamkan lautan api neraka.”

Air mata taubat Nabi Adam a.s

Beliau menangis selama 300 tahun tanpa mendongak ke langit karena sangat takut dan ibanya terhadap dosa yang telah ia lakukan.Dia bersujud di atas gunung dan air matanya mengalir ke lembah-lembah. Dari air matanya itulah Allah telah menumbuhkan pohon kayu manis dan pohon bunga cengkih. Beberapa ekor burung telah meminum air mata Nabi Adam lalu berkata,”Sungguh manis air ini.” Nabi Adam terdengar lalu menyangka burung itu menyindirnya sehingga ia memperhebatkan tangisannya.

Lalu Allah mendengar dan menerima taubat Adam dan mewahyukan, “Hai Adam sesungguhnya belum pernah Aku menciptakan air lebih lezat daripada air mata taubatmu!.”

Air mata yang dilarang

1. Janganlah menangis kalau tak tercapai cita-citamu, bukankah Tuhan yang telah menentukannya.
2. Janganlah menangis karena cinta tak berbalas, mungkin dia bukanlah jodoh yang telah Tuhan tetapkan untukmu.
3. Janganlah menangis jika gagal dalam ujian, mungkin kita kurang membuat persiapan.
4. Jangan menangis kalau uang kita hilang di jalanan sebab mungkin kita kurang bersedekah
5. Janganlah menangis kalau tidak naikkan pangkat, yakinlah, rezki itu adalah pemberian Tuhan

Oleh karena itu…

Simpanlah air mata-air mata tangisan itu semua buat bekal untuk menginsafi atas segala kelalaian yang telah melanda diri, segala dosa-dosa yang berupa bintik2 hitam yang telah mengkelamkan hati hingga sukar untuk menerima hidayah dari Allah swt.

Serulah air mata itu dari persembunyiannya di balik kelopak mata agar ia menetes membasahi dan mencuci hati agar ia putih kembali. Dan juga semoga ia dapat melebur dosa-dosa dan akan mendapat ampunanNya jua.

Junjungan Mulia bersabda ” Ada 2 biji mata yang tak tersentuh api neraka, yaitu mata yang menangis di waktu malam hari karena takut kepada Allah swt dan 2 biji mata yang menjaga pasukan fi sabillah di waktu malam.”

“Di antara 7 golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah di hari qiamat diantaranya adalah seseorang yang berzikir sendirian lalu mengenang tentang kebesaran Allah swt lalu bercucuran air matanya.”

“Jika tubuh seseorang hamba gementar karena takut kepada Allah, maka berguguran lah dosa-dosanya bak gugurnya dedaunan dari pepohonan kering.”

Berkata Salman Al Faarisi r.a

Aku dibuat menangis atas 3 perkara:

1. Berpisah dengan Rasulullah saw dan para sahabat-sahabat.
2. Ketakutan seorang yang perkasa tatkala melihat malaikat Israil datang mencabut nyawanya.
3. Aku tidak tahu apakah aku akan masuk syurga ataukah neraka.

Air mata tanda rahmat Tuhan

Rasulullah saw bersabda : Jagalah mayat ketika kematiannya dan perhatikanlah 3 perkara.

1) Apabila dahinya berkeringat.
2) Airmatanya berlinang.
3) Hidungnya keluar cairan seperti ingus

…karena hal tersebut menandakan rahmat Allah swt untuk si mayat. (riwayat dari Salman al Faarisi)

Sucikanlah 4 hal dengan 4 perkara :

“Wajahmu dengan linangan air mata keinsafan, Lidahmu basah dengan berzikir kepada Penciptamu, Hatimu takut dan gementar kepada kehebatan Rabbmu,..dan dosa-dosa yang silam disulami dengan taubat kepada Dzat yang Memilikimu.”

“sampaikanlah dariku walau satu ayat” al hadis

Leave a comment »

Yang Perlu Dikurangi dan Diperbanyak Dalam Hidup Ini

 

Dicopy dari Catatan seorang teman di Facebooknya ( Rudy Di Sini, thanks to his notes, very inspiring )

 

 

Kurangi ucapan yang mendendam, perbanyak ucapan yang mengasihi.

Kurangi kata-kata yang mengejek, perbanyak kata-kata yang menghargai.

Kurangi kata-kata yang melemahkan, perbanyak kata-kata yang mendorong.

Kurangi perkataan yang menolak, perbanyak perkataan yang memperhatikan.

Kurangi kata-kata kritik, perbanyak perkataan yang membangun.

Kurangi kata-kata yang sia-sia, perbanyak kata-kata yang mendatangkan inspirasi.

Kurangi kata-kata yang kasar, perbanyak kata-kata yang lemah lembut.

 

Leave a comment »

CEMILAN TAHU SEHAT

tahu sehat

Tar malem ada undangan pengajian Ibu2 Kompleks  .Bingung bawa apa ya utk bekel ( tradisinya,Ibu2 pada bawa  kue gitu ).Hmmm…,bawa puding udah pernah , bawa pempek belah juga udah ( utk resep pempek  belah, entar dibikin post sendiri yah )..Ngecek isi kulkas, ada tahu,wortel,dan daging giling..Ada ide,bikin cemilan dari tahu ajah..Murmer alias murah meriah

Kira2 mau bikin porsi 30biji,suami juga pasti mau dwonggg ngemil tahu sehat

Bahan : ( utk 30 biji )

  • 4 buah tahu Bandung yang lembut, dihancurkan
  • Daging giling ( kira2 150 gram dech,tapi boleh dikurangi kok ukurannya ,kalo daging lagi mahal harganya 😛 )
  • 2 wortel Jepang dicincng halus
  • 2 batang daun bawang,cincang halus
  • 4 siung Bawang putih,cincang halus
  • Merica halus secukupnya
  • Garam secukupnya

Untuk cetakannya,bisa pake cetakan agar2 yang bulet2 segedhe bola pimpong

Cara Membuat :

  • Campur semua bahan tersebut diatas aduk hingga rata
  • Cetak dalam cetakan agar2 ( agak padatkan)
  • Kukus selama sekitar 20 menitan
  • Setelah dingin, keluarkan dari cetakan.Sisihkan
  • Jika ingin disantap, goreng sebentar ajah, atasnya bisa ditambahkan cabai rawit ( di tusukin ajah )
  • Enak buat temen nonton TV, cemilan bahkan utk lauk makan pagi

Sumber Awal dicontek dari booklet resep majalah Kartini tapi dengan modifikasi here and there 😀

2 Comments »

Pempek Panggang

Baked Pempek     isian pempek panggang

Ada juga orang Palembang yang meyebutnya pempek tunu ( baca : tunu = bakar )..Well…pempek ini si emang gak digoreng..melainkan dibakar

Therefore, You could say ,bebas kolesterol.Gimana enggak,berbahan ikan,enggak digoreng pula 🙂

Bahan dasar si sama aja kaya pempek kebanyakan,cuma diisi pake ebi ( udang kering ) halus,kecap manis dan cabe rawit halus ( optional buat yang suka pedessss)

Kuncinya :

Pilih daging ikan yang masih seger,langsung dikerok dagingnya dan JANGAN kelamaan nguli adonan karna bisa jadi kejal tekstur pempeknya ( kata orang Palembang si, gak putus digigit hehe )

Bahan:

  • 500gr Ikan Tenggiri Giling  
  • 1/2 gelas belimbing air dingin
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng  
  • 250 gr tepung sagu
  • 2 sendok makan tepung beras ( biar pempeknya lembut )

Isi :

  • Ebi digongseng, dihaluskan ( diblender juga boleh )
  • Cabe rawit (bila suka pedes ) dihaluskan
  • Kecap manis

Cara Membuat:

  • Campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup asinnya.
  • Tambahkan tepung kanji dan tepung beras secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak.
  • Adonan pempek siap dibentuk utk pempek panggang
  • Bulat2kan sebesar bola pimpong, agak pipihkan
  • Bakar diatas panggangan,bolak balik hingga matang
  • Setelah matang,angkat, belah pempek ( tapi jangan sampai putus )
  • Isi dengan ebi yang sudah dihaluskan, cabe rawit giling ( bila suka ) dan kecap manis
  • Pempek Panggang siap disantap…Bila suka, bisa juga kok di cocol cuko
Leave a comment »

sup tahu isi

 

SOP TAHU ISI

Makanan ini cucuok banget disantap saat musim hujan, anggeetttt

Pas banget..Suami lagi gak enak body ( maklum,3 harian ditinggal mudik ke kampung halaman heheh )..Iseng2,bikinin yang anget2..

Resepnya diambil dari booklet majalah Kartini ( edisinya Lupa ), cuma di modi dikiiiitttt

Bahan :

  • 6 potong tahu, belah dua ( jadi berbentuk segitiga ) lalu buat lubang ditengahnya
  • 50 gr udang kupas—Biar gak ayir, balur dulu dengan aer jeruk nipis
  • 150 gr ikan tenggiri, haluskan
  • 2 sendok makan tepung sagu
  • 125 ml santan kental
  • 1 butir putih telur
  • 1 daun bawang , iris halus

Bahan Dihaluskan :

  • 4 siung bawang putih1 sdt merica bubuk

Bahan Utk Kuah

  • 650 ml kaldu —-kalo aku sih dibikin ajah kaldunya dari rebusan tulang iga
  • 4 siung bawang putih
  • 4sm air
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 batang daun bawang, iris tipis

Cara :

  • udang,setelah dibuang kepalanya, dicincang halus
  • Campur udang dengan ikan,tepung sagu,santan kental,putih telur,daun bawang,bumbu halus dan garam sesuai selera
  • Ambil potongan tahu,isi tengahnya dengan adonan diatas, lakukan sampai selesai
  • Kukus selama kurang lebih 25 menit 
  • utk kaldu : Panaskan minyak utk menumis,tumis bawang putih dan merica hingga harum.
  • Masukkan tumisan ke air rebusan tulang iga tadi
  • Sajikan tahuisi dengan kuah kaldu
Leave a comment »

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

1 Comment »