Riniivan's Blog

Something about my life

on November 13, 2009

Pempek Panggang

Baked Pempek     isian pempek panggang

Ada juga orang Palembang yang meyebutnya pempek tunu ( baca : tunu = bakar )..Well…pempek ini si emang gak digoreng..melainkan dibakar

Therefore, You could say ,bebas kolesterol.Gimana enggak,berbahan ikan,enggak digoreng pula🙂

Bahan dasar si sama aja kaya pempek kebanyakan,cuma diisi pake ebi ( udang kering ) halus,kecap manis dan cabe rawit halus ( optional buat yang suka pedessss)

Kuncinya :

Pilih daging ikan yang masih seger,langsung dikerok dagingnya dan JANGAN kelamaan nguli adonan karna bisa jadi kejal tekstur pempeknya ( kata orang Palembang si, gak putus digigit hehe )

Bahan:

  • 500gr Ikan Tenggiri Giling  
  • 1/2 gelas belimbing air dingin
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm minyak goreng  
  • 250 gr tepung sagu
  • 2 sendok makan tepung beras ( biar pempeknya lembut )

Isi :

  • Ebi digongseng, dihaluskan ( diblender juga boleh )
  • Cabe rawit (bila suka pedes ) dihaluskan
  • Kecap manis

Cara Membuat:

  • Campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup asinnya.
  • Tambahkan tepung kanji dan tepung beras secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak.
  • Adonan pempek siap dibentuk utk pempek panggang
  • Bulat2kan sebesar bola pimpong, agak pipihkan
  • Bakar diatas panggangan,bolak balik hingga matang
  • Setelah matang,angkat, belah pempek ( tapi jangan sampai putus )
  • Isi dengan ebi yang sudah dihaluskan, cabe rawit giling ( bila suka ) dan kecap manis
  • Pempek Panggang siap disantap…Bila suka, bisa juga kok di cocol cuko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s