Riniivan's Blog

Something about my life

on January 4, 2010

KROKET KENTANG

Minggu kemaren maen ke Ragusa, pengen ice cream nya.

Buat temen es krim, mesen kroket kentang nya, hmmmm, so yummy !!! ( Farrah Quin mode : ON😛 )

As usual, aku kan sering sok terinspirasi…Di rumah, cek bebi cek isi kulas, ada kentang,ada daging giling, well..yuuukkkkkkk!

BAHAN

UNTUK  KULIT :

Kentang 500gram

Susu Bubuk Putih : 4 sendok makan

Bubuk Pala : 1 Sendok Teh

Garam : 1/2 sendok teh

BAHAN ISI :

300gr daging giling ( boleh sapi, boleh juga ayam ) , mau dikurangi juga oke2 ajah

Wortel : 2 buah —> diiris kotak2 tipis

Daun seledri 2 batang –> iris tipis

Daun Bawang 2 batang —> iris tipis

garam 1/2 sendok teh

Bubuk Merica : 1 sendok teh

Bubuk Pala ( Jika suka ) : 1/2 sendok teh

Bawang Merah : 4 siung —> haluskan

Bawang Putih : 6 siung —> haluskan

CARA MEMBUAT :

UTK KULIT :

Kentang dikukus, dinginkan dan dilumat sampai halus, campurkan dengan semua bahan lain ( susu bubuk, garam dan pala bubuk )–> pastikan tercampur dan halus

Fungsi susu disini adalah menimbulkan rasa gurih dan harum

Telur ( 2 butir ) kocok halus

Tepun panir / tepung roti utk finishing

UTK ISI :

Tumis bawang merah dan bawang putih halus, masukkan daging giling, disusul wortel dan daun bawang serta seledri, serta semua bumbu2, hingga matang

Mulai dech mencetak

Ambil segumpal adonan kulit

Untuk menghindari lengket, alas utk mencetak dioles dulu dengan minyak sayur

Pipihkan adonan kulit, isi dengan sesendok makan adonan isi

Bulatkan.

Masukkan bulatan kroket ke dalam kocokan telur dan lanjutkan dengan di tepng panir

Goreng di minyak yang panas dan banyak

Notes :

Komen suami : hmmm yummy ( beliau makan sampe 3 potong segede bola tennis hihihihi )

Dibawa juga ke kantor, dibagi ke temen , komentar Ida dan Nana, hmmmm beneran enakkkkk Rin, bikin lagi dong hehehehe


2 responses to “

  1. jenggo says:

    uenaaaak tenan kentanya, tp pisang kejunya blm di posting geul? itu jg menu favorit loh…hehehe

  2. riniivan says:

    huehehehehe…alhamdulillah kalo suka mah, kan jadi semanget bikin nya kalo ada yang suka🙂
    Hmm..pisang keju ya? simple sih…tapi mana tahu bisa jadi inspirasi ibu2 ,buat sarapan anaknya selain pisang goreng ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s