Riniivan's Blog

Something about my life

on January 11, 2010

BOLU KOJO BAKAR = Srikaya Bakar

Sabtu kemaren kunjungan rutin ke mertua , dan di kunjungan kali ini, gue ngebikin 2 macem kue yakni Bolu Kojo dan Bolu Sarang Semut

Bolu Kojo ini adalah kue khas Palembang ( kampung halaman tercinta😛 ),bahannya murah dan gampang didapet, cara bikin pun guampang banget gak maen mixer

Untuk ngebuat dua kue ini aku start jam setengah delapan, trus setengah sepuluh, udah pada mateng tuh

BOLU KOJO :

Bahan :

  • 6 butir telur
  • 2 gelas terigu
  • Santan kental di gelundu ( hehehe di gelundu ini istilah orang Palembang, artinya, santan direbus di panci sampe keluar minyaknya . Karna aku males banget meres kelapa, jadi pake kara, 1 kotak yang gedhe +/- 250 ml lah )
  • pandan —> direbus bersama santan kelapa tadi
  • garam : 1/2 sendok teh
  • Gula pasir : 1 gelas belimbing
  • essence Pandan

CARA MEMBUAT :

Setelah santan direbus sampai keluar minyaknya, dinginkan dan buang daun pandannya ( fungsi pandan sih biar kue nya wangi )

Di tempat terpisah, aduk ( tanpa mixer loh, boleh pake tangan ato pake sendok kayu ) telur dan gula pasir. Setelah gula larut, masukkan santan tadi, disusul dengan essence pandan

Terakhir, masukkan gandum sedikit demi sedikit

Tuang kedalam cetakan 20X20cm yang telah diolesi mentega dan dilapisi tepung ( agar tidak lengket ) panggang kira2 1 jam

Siap disajikan

Hmm,, separohnya di bagi ke tetangga, separohnya dibawa ke Bandung. Komentar mereka : enak banget..

FYI, rasanya mirip2 srikaya , tapi dipanggang dan rasa nya enggak terlalu manis


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s