Riniivan's Blog

Something about my life

on January 16, 2010

KASTANGEL KEJU RENYAH

Suamiku doyan sangat sama yang namanya kastangel. It could be said that,Beliau itu dasarnya gak suka banget ngemil. Kesukaannya gak jauh2 dari pisang digoreng ato  di plenet.Naahhhh,Jumat kemaren,disela2 waktu kerja di kantor ( pssstt,tapi gak sampe ganggu kerjaan utama loh….),googling resep kue kering. Dan, ketemu resep Kastangel Keju,which is, Beliau lumayan suka sama jenis camilan ini..

Resepnya dicontek dari indorecipe.com, yah ada modiifikasi dikit2 si…dan didorong niat “menyenangkan hati Suami biar bisa masuk surga”😛,walau bahannya rada mahal,eng eing eng….Sabtu ini langsung dipraktekin ( Tengkiu buat yang posting resep yah ) 🙂

BAHAN :

Keju tua , bisa edam ato gouda—-> aku pakenya Gouda yang middle supaya aromanya gak terlalu keras —–>250 gram

Keju chedar ( bisa merk Kraft ) —->250 gram

Mentega/Butter : 250gram

Margarine :  200 gram

Butter : 250 gram

Tips, untuk yang baru belajar dan doyan masak, Beda Margarine dan butter : rine, terbuat dari minyak nabati ,jika  dipakai utk kue, sifat nya lebih mengikat sehingga tekstur kue akan padat dan tidak rapuh—> contoh merk blue band, simas,dll

Sedangkan butter, terbuat dari minyak hewani, rasanya lebih harum dan beraroma susu.Jika dipakai utk kue, membuat tekstur kue menjadi sangat renyah —-> contoh : merk orchid,wysman,dll

Tepung terigu protein rendah : 400

Kuning telur ayam kampung : 3 butir

Untuk Olesan :

200gram keju cheddar diparut

kuning telur : 2 butir

TIPS lagi nih —-> agar kastangel nya renyah dan pas digigit ada rasa kriuk2 gimanaaaaa gitu,setelah kedua jenis keju diparut, simpen di frezeer semaleman

CARA MEMBUAT :

Gak usah pake mixer,cukup pake tangan aja—->

Kocok butter dan margarin beserta kuning telur sampe menyatu.

Masukkan keju parut

Secara bertahap, masukkan terigu, terus aduk sampe menyatu

Setelah tercampur rata,simpan dalam kulkas bawah kurang lebih 30menit an

lalu cetak kastangel sesuai selera,olesi kuning telur dan taburi keju parut

Siapkan loyang utk membakar kue,olesi dengan Margarine dan sedikit tepung biar kue nggak lengket

Oven kira2 20 menitan di suhu 150  derajat Celcius

Tralaaaa….Suami dan Papa Bandung doyannnn banget..kata Beliau2 sih, so crunchy….


3 responses to “

  1. […] the original post here: https://riniivan.wordpress.com/2010/01/16/84Resep Ayam RelatedJanuary 16, 2010 — Menu Masakan di hari ini (0)January 16, 2010 — Sup Krim […]

  2. […] rest is here: https://riniivan.wordpress.com/2010/01/16/84Resep Kue Kering RelatedJanuary 16, 2010 — Banana Moscovis (0)December 16, 2009 — […]

  3. cewek matre says:

    Mau nyobain ah,buat lebaran😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s