Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Kaldu Sapi- Sayuran untuk Bayi

on November 28, 2011

image

Sebagai ibu pendukung ASI dan home made MPASI,aku selalu berusaha memasak sendiri makanan buat Abi,not his grandma nor his baby sitter.
Karana aku working mom,belanja bhn makanan dan bikin kaldu pun aku lakuin mingguan.
Jadi yah gitu dech,Sabtu dan minggu teteup aja full of activity.
Bareng popi ngedampingi Abi sekolah,ngajak jalan2 (sekalian nge refresh neneknya dan suster Abi ),ngajak Abi cibang cibung dan bikin kaldu.
Bahan Kaldu sapi :
2kg tulang iga sapi (as usual,i prefer local one )
Daun bawang 2batang
Tomat 2buah
Wortel 3 buah
Awal,setelah iga dicuci ,godok bersama si daun bawang, dgn api kecil aja agar sumsum  dan minyak kaldu semua keluar.
Setelah kurleb 30-40 mnt,aku masukin sayurannya.
Kadang semua sisa sayur minggu  lalu ( kan bikinnya tiap hr mggu ) yg msh seger aku cemplungin jg, kaya : buncis,terong, kacang panjang,labu.( untuk sayuran,semuanya aku msh pake yg organik )
Godok lg kurleb sejam.
Jadi dech ,sehat,tanpa bumbu apa pun kaya gula dan garam.
Setelah dingin,aku masukkin di plastik khusus ASIP ( utk kaldu,aku pake yg merk Natur krn jauuuuh lebih murah drpd little giant )
Simpen dl di kulkas bawah,1-2jam berikutnya,baru dech simpen di freezer.(kaya perlakuan kpd si ASIP hehe )
Tiap siang,susterku ngeluarin  1-2bungkus kaldu beku ini dan pas malemnya , jam 3 pagi ding ) aku pake dech buat buburnya Abi..


Leave a Reply

