Riniivan's Blog

Something about my life

Selai Kacang Home Made

Abi kan suka banget roti.Selama ini roti itu dimakan biasa ato digoreng dengan susu dan telur.
Karna masih belum tega ngasih topping selei ato meises (khawatir too much sugar consumed ), jadi kepikir bikin selei sendiri. Kacang ! ^_^
Jadilah googling resepnya (emang helpful banget nih Mbah google buat amatiran kaya aku ) .Nemu di link nya vivanews.com

BAHAN :
200gram kacang tumbuk disangrai hingga matang lalu blender halus bersama butter
Susu cair uht putih 700mili
Butter 100gram
Gula (aku kasih sedikit aja )
Sedikit garam

CARA :
Masak susu ,kacang blender +butter,gula dan garam
Aduk2 dan masak hingga kalis.
Dinginkan.
Simpan dalam toples kaca yg sudah disterilkan

image

Gambar sebelum dimasak

Advertisements
Leave a comment »

Lauk Anak : Sosis Ikan Seledri

Huumm…karna Abi bosenan ,dengan cepat dia ogah makan pake nugget ikan yg biasa aku bikin dan stock.

Akhirnya si ikan tenggiri aku jadiin sosis dech ^_^

BAHAN :
1kilo ikan tenggiri, di fillet dan dikeruk dagingnya
Daun seledri dari 5batang,iris halus
Bawang putih halus
Merica secukupnya
Garam sedikit aja
Air es sedikit aja kurleb 20mili (akuĀ  ganti dgn cooking cream biar gurih )
Tepung sagu 3sendok makan

CARA :
Blender jadi satu semua bahan kecuali aer es.
Aer es dituang sedikit demi sedikit ( in my case it is the cooking cream )
Setelah adonan membentuk pasta,matikan blender.
Karna gak nemu casing sosis,jadi aku pake plastik es mambo ^_^.
Mulai jerang kukusan.
Adonan sosisĀ  tadi dimasukkan ke plastik segitiga (aku double biar gak pecah saat ngedorong ) trus gunting ujungnya.
Plastik es mambo terlebih dahulu aku tusuk2 pake jarum pentul (simply supaya gak vacuum jadi adonan gampang masuk )
Penuhi plastik es mambo,padatkan.
Kukus kurleb 30menit

Sosis ini bisa dijadiin pelengkap lauk,ditumis bareng nasi,dimasak bahkan dijadiin cemilan.

Warnanya hijau dan ikannya gak kecium karna seledri tadi .Yang penting, Abi suka ^_^

image

Leave a comment »

Lauk Anak : Sosis Ayam

Buat Abi, aku sama sekali belum kasih dia makanan non home made.Mikir,olahan daging apa aja ya selain rolade,bakso, dan nugget.Hummm..sosis! Kenapa gak beli?
1.Gak tega buat Abi yang masih 1.5thn
2. Dagingnya gak jelas karna kita gak liat proses pembuatannya
3. Bebas pengawet gak? *gak yakin*
4. Bebas pewarna? *gak yakin juga*
5. Bebas MSG? *masih gak yakin*

Daripada banyakan gak yakin,yukkk ah,bikin sendiri aja.Proses mudah, sehat,bersih dan dibumbui dengan cintahh hehehe *ini mah rada lebay*

Aku udah sering banget bikin sosis ayam kampung buat Abi.

Bahan :

500 gram daging ayam kampung giling

Leave a comment »