Riniivan's Blog

Something about my life

Kebahagiaan Menyusui : untuk seorang aku

Aku adalah Working Mom.Bertempat tinggal di Karawaci dan berkantor di Jakarta who leave my baby boy at home moreless 12hours a day :’-(.
Anakku satu,sekarang usianya mencapai 20bulan,laki2 ,pintar,lucu dan sangat baik. Sangat baik? Confirmed! Sangat baik. *Alhamdulillah*
Aku masih menyusui anakku.Masih pumping ASI minimal 1kali selama di kantor, masih memaintain stock ASIP ku, gak dulu mikirin diet *Berat normal ku blm ku dapet lagi*.Kenapa? Mostly karna aku teramat sangat menikmati moment ini : menyusui.

Aku menjadi manusia paling berharga buat anakku.Ketika dia melihatku sepulang kerja, apa pun yang sedang dilakukannya,akan dengan sangat firm dan segera dia tinggalkan.Dia akan berlari cepat sambil berteriak *antara bahagia,lega dan histeris* menuju aku, menggandeng tanganku,memintaku menggendongnya.Lalu kedua tangannya memegang pipiku,mata indah – beningnya menatapku dengan senyum jenakanya berbisik lirih : “momi…yuukk nenen di kamar”
Lalu dia melingkarkan tangannya dileherku,memelukku erat.

Blassss…semua lelah raga dan jiwa ku akan hilang seketika. Saat dia nenen, kami bertatapan,jika aku menggosok2 punggungnya,tangannya akan melingkar di pinggangku, dan dia tersenyum,dengan mata dan hatinya. How i enjoy that kind of pretigious moment!

Dia tidak pernah peduli how i look.Pake baju belel, belum mandi, keringetan, tetap…baginya,aku adalah sumber kebahagiaannya.
Saat2 sekarang,dimana pumping time sangat jarang bisa aku dapat *pekerjaanku adalah trainer dan kadang lokasinya sangaaat tidak layak untuk pumping * , tentu sangat amat mengurangi kuantitas asi ku, aku sadari itu. Tapi setiap kali aku tanyakan kepada anakku saat dia nenen ” Kak, nenennya masih ada?” , dengan tersenyum dia akan menjawab ” ada momi…dikit..gak apa2 ”
Duuhh…jawaban dia itulah yang terus memacuku untuk tetap berjuang menyusuinya.Abi bisa begitu sabar dan persistent untuk nenen, walo kuantitas asi ku udah gak sebanyak dulu,maka aku pun akan melakukan yang sama, sabar, persistent dan terus berjuang memberinya asi. Segala aku lakukan untuk tetap menjaga produksi asi. Memompa di toilet punย  kujalani meski hasilnya kubuang,hanya agar produksi tetap jalan.

Dia menolak uht dengan berkilah “nenen momi aja….yummy…tunggu momi pulang keja ” (baca kerja ) .Dan cerita neneknya, dengan sabar dia akan menunggu sore tiba .Saat sore menjelang magrib,dia akan bilang :”momi jalan…pulang..nenen ” (artinya kemungkinan besar adalah : momi lagi di jalan,mau pulang,trus kakak bisa nenen ). Begitu,hampir setiap hari.
Saat kutinggal kerja,tidak pernah dia menangisย  apalagi meraung2.Dia tau,aku kerja,nanti akan pulang untuknya.Dia akan melambaikan tangannya sambil berpesan pada kami “ati2 jalan..” (baca : hati2 di jalan ) dengan sorot mata yg penuh usaha untuk mengerti alasanku kerja.

Untuk kerja, dari dulu,dari saat Abi masih di kandunganku,aku dan popinya selalu ajak dia ngobrol,sejak usia kehamilan 4 bulan.Ngobrol tentang apa aja,tentang macetnya jalan, tentang lagu, tentang aktivitas popi. Termasuk saat aku kerja,aku selalu ngejelasin pada janinku saat itu, “Dek…kalo nanti, Dede momi tinggal dirumah seharian, inilah yang momi kerjakan, cari uang, bekerja bantu Popi,gak kemana2, gak ninggalin Dede selain urusan kerja”

Mungkin kah itu ngaruh ke dia sekarang? He’s been so understanding for his age when momi must leave him working.

Balik lagi ke topik nyusui , aku gak pernah menolak , kapanpun dia minta nenen. Termasuk pagi hari saat udah siap jalan ngantor, tetep aku kasih.Karna menurutku itu adalah haknya sampe usianya 2 tahun. *walo aku jd rada telat*

Belum lagi keuntungan lain dari menyusui : Popi jadi makin sayang, fully support dan perhatian extra ke momi ,bisa minta beliin aneka kacang muahhaaal kaya pistachio ato almond dengan alesan : booster asi *hihi*, bisa makan apa pun tanpa mikir diet dan gak ngerasa mendzalimi body, feel so special to be a woman, hunting bra2 menyusui yang oke, hemat budget sufor yang harganya muahaaal, gak repot2 bangun malem untuk bikin susu, mensteril botol, kemasan asi sangat amat praktis and easy to bring anywhere and anytime, belum lagi kemasannya sangat unik, menarikย  dan indah *haha*, tinggal buka,siap saji!

Belum lagi bonding time dengan Abi, be the most special one for him, paling dirindukan Abi,paling ditunggu Abi, paling mujarab ngebooster moodnya Abi.
Thus, aku udah sepakat dengan Popi, gak akan maksa nyapih Abi walo entar umurnya 2 taon.Sesiapnya dia aja, kapan mau berhenti.Coz he and I, both love the breast feeding moment.

*aku yang selalu disemangati popi dan menyemangati diri sendiri to keep pumping in any situation, for our Abisha*

Leave a comment »

Lauk Anak : Tumis Labu – Zuchini

Ini salah satu sayur Abi yang gampang dibuat dan dia juga no problem to eat , alias mau dia makan ๐Ÿ™‚
Aku masak pagi2 ,simpen di tupperware,pas jadwal Abi makan, Enin ato Mbak Suster panasin lagi di microwave.

BAHAN :
Labu siam ukuranย  kecil :1 buah, iris halus, rebus hingga empuk
Zuchini : 1buah , iris kotak ukuran kecil
Ayam kampung suir: 2 sendok makan
Telur ayam kampung 1butir
Bawang putih : 2butir geprek,iris halus
Daun bawang iris halus *aku pake 1batang kecil yg organik*
Tomat buang biji, setengah buah *iris halus*

CARA :
Tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum, masukkan tomat
Setelah layu, pecahkan telur, aduk2.
Masukkan ayam suir, aduk.
Masukkan zuchini tumis hingga layu.
Masukkan labu siam
Jika terlalu kering dan zuchini belum cukup lembut , tambahkan air kaldu.
Terakhir, beri sedikiiiiiiiit aja garam dan merica.

Leave a comment »

Cemilan Anak : Cookies Coklat Berempah

Minggu2 kemaren ceritanya bikinin Abi kastangel yang aku cetak bentuk angka2.
Mungkin karna dia bosen yang berbau keju * secara komposisi kastangel ku itu antara tepung : keju adalahย  1: 1.5 * , jadi Abi agak kurang suka.

Jadi, minggu ini aku bikinin cookies coklat. Terinspirasi cookies2 hias natal, hehe aku tambahin aroma rempah dan bentuknya lucu : orang dan kelinci.Cuma, gak aku hias dengan icing sugar karna kawatir gulanya .
Bikinnya gampang dan cepet banget.Komposisi bahan lumayan oke lah ya…
Daaaan…yang terpenting : Abi suka ๐Ÿ™‚

BAHAN :

100gram tepung terigu organik * katanya siih tepung organik gak ngandung gluten dan lebih sehat buat anak*
Oatmeal blender halus : 125gram
Butter suhu ruang : 75gram
Margarin: 75gram
Gula palem : 5 sendok teh
Keju edam parut : 75 gram *hehe..teteuup…biar ada kalsiumnya*
Kacang almond blender halus : 75 grm
Bumbu spekuk : 1sendok teh
Coklat bubuk : 2 sendok teh
Jahe parut halus : 2sendok teh
Telur ayam : 2butir

CARA :

Siapkan loyang datar yang diolesi mentega dan terigu, sisihkan.
Campur semua bahan kering
Kocok dengan mixer sampe lembut : margarin dan butter.
Setelah lembut,masukkan gula, kocok hingga larut.
Masukkan telur satu persatu, kocok hingga lembut.
Masukkan keju dan almond halus,kocok hingga tercampur saja

Masukkan bahan kering,aduk rata dengan spatula.

Siapkan talenan bersih, ambil adonan,gilas dengan roller hingga ketebalan tertentu ( aku gak bikin terlalu tebel supaya kue tengahnya tetep garing dan renyah)
Cetak dengan cetakan kue yang lucu2.Aku punya nya yang kelinci dan orang.
Oven dengan api kecil selama kurleb 30menit hingga cookies kering

Dinginkan, baru simpen di toples :-). Saat dibakar, aromanya wangiii buanget…rempah nan menggoda * lebayyy *

image

image

1 Comment »

Tape Goreng Isi

Camilan ini bukan untuk Ka Abi, karna digoreng sih yaa…Abi belum aku kasih goreng2an soalnya. Buat Popi.
Imamku itu cemilan favoritnya itu tape, pisang goreng, pisang plenet, bandros, ubi ,putu ayu.Simple ^_^
Tape goreng isi ini bikinnya gampang dan sebentar banget..
Rasa : ya tape aja…enak. Apalagi dimakan anget2 dibarengi teh hangat, dimusim hujan gini ๐Ÿ™‚

BAHAN :
Tape singkong : 300 gram (pilih yang manis )
Telur : 1 butir
Keju edam : 150gram, parut
Terigu : 2 sendok makan
*aku gak tambahin gula karna tape nya udah manis banget*
Minyak untuk menggoreng * aku tambahin butter biar wangi*

Untuk Isi :
Bisa meises atau keju cheddar parut

CARA :
Tape dihancurkan sampai halus,buang serat tengahnya
Tambahkan telur, terigu,keju parut, aduk hingga rata.
Ambil sejumput adonan, pipihkan, isi dengan keju atau meises, pulung sesuai selera bentuk
Goreng hingga keemasan.
Sajikan hangat…yummy…

image

Leave a comment »

Sup Untuk Anak : Sup Jagung

Huumm…beberapa anak lebih suka kalo makan pake kuah. Abi ku itu pun begitu.Huumm…kalo terlalu kering, kayanya lamaaaa gitu ngunyahnya.Tapi kalo dikasih bubur pun , dia ogah.Jadi setiap hari,di menunya Abi, aku selalu kasih sup.
Kali ini adalah Sup Jagung. Here we go..

BAHAN :
1 buah jagung manis diparut
Bawang putih : 1butir cincang halus
Tomat : setengah buah, parut
Krim kental : 5 sendok makan
Daun bawang : 1batang, cincang halus
Pala : setengah buah, parut
Merica : sedikiiiit aja * aku : 4 q daun bawang, tomat,.pala, merica.
Di panci kecil , rebus kaldu + jagung
Masukkan keju dan tumisan tadi.
Saat mendidih, tambahkan krim kental.
Jika ingin asin, tambah garam.

Akan didapat sup yang agak kental.
Rajin diaduk agar jagung tidak ngegumpal.
Abi suka ๐Ÿ™‚

Leave a comment »

Resep Lauk Anak : Perkedel Kentang Daging

Bikinnya gampang,cepet,bahannya mudah didapet pula.Nilai gizinya oke,karna ada karbo,protein dan vitamin dari wortelnya ๐Ÿ™‚

Dikukus,bisa.Di pan fried,bisa.Dioven juga bisa.Sama enaknya.Setelah dikukus,dipack,disimpen di chiller,bisa lumayan awet tanpa mengubah rasa.So…bisa banget kan ya, jadi alternatif lauk makan untuk anak ๐Ÿ™‚

Bahan : untuk 8buah perkedel
200 gram kentang, kukus, haluskan
150 gram daging cincang
Daun bawang : 2 batang, iris halus
Bawang putih halus : 3 butir
Putih telur :ย  1butir
Merica dan garam : sedikit ajah *garamnya aku skip, ganti keju parut*

Cara :
Campur semua bahan, aduk rata.
Bentuk sesuai selera ( aku pake cetakan bentuk bintang, bulan sabit, kelinci )
Kukus kurleb 30 menit

Bisa disimpen, kalo mau disantap bisa di oven , pan fried ato dipanasin aja…

Leave a comment »

Healthy Cookies : Sugarless Oatmeal Raisin Cookies

Pengen bikinin cemilan sehat buat Enin dari bahan oatmeal.As usual,googling lah untuk nyari resepnya.Ketemu yang paling sreg dari : http://www.justtryandtaste.com *thank you to the owner of that cool blog*

Well…aku modif tentunya, sedikit..Tanpa gula,tanpa butter, tanpa susu..Rasa? Enak kookk…buktinya, ngeliat momi nya ngangkat cookies yang udah mateng dari oven, Ka Abi langsung happy : “mommiii.., mau kukis…boleh yaa…” Dan….langsung abis 2 * itupun mau lagi tapi aku gak kasih hehe*

Yuuk ah kita intip bahan dan caranya ๐Ÿ™‚

BAHAN :
200 gram tepung gandum utuh *aku pake punya Ka Abi yang organik*
180 gram oatmeal *sama,pake punya Ka Abi juga yang organik*
Madu : 130 mili
Minyak zaitun : 130mili
Putih telur : 2butir
Kismis : 150gram *hihihi pake punya Ka Abi juga, yang organik* cincang kasar
Plum kering : 125gram *juga yg organik sisa Ka Abi* : cincang kasar
Kacang almond panggang : 150 gram : cincang kasar

CARA :
Di mangkuk : campur tepung gandum dan oatmeal,aduk rata dengan spatula
Masukkan putih telur ,aduk.
Tambahkan minyak zaitun sedikit demi sedikit , aduk hingga merata.
Masukkan kacang cincang, kismis dan plum, aduk merata.

Simpan di kulkas kurleb 20menit agar adonan melekat.

Ambil sesendok adonan,pulung , pipihkan dan ratakan di loyang yang telah diolesi mentega + terigu

Oven dengan api kecil selama 20 – 30 menit.
Angkat dan dinginkan baru disusun di toples ๐Ÿ™‚

Gampang dan nampak sehat,bukan?

image

image

Leave a comment »

Long long…weekend ^_^

Yippieee….long weekend!
Tadi malem bobo bertiga di kamarnya Ka Abi.Selesai subuh, jam 5 Kak Abi bangun…ngobrol2 bertiga : Popi,Momi dan Kak Abi.Trus jam 6 kurang semua pada bobo lagi..hahaha…bangun2 udah jam setengah sembilan ajah..gubraaakkk ..belum bikin sarapan,belum masak buat Kak Abi,belum masak buat Aunty dan uncle Pep nya Abi entar huhuhuhu…

Cuci muka,sikat gigi,bikin brown coffee ,treenngg teengg…momi langsung bikin sarapan Kaka : nasi uduk sehat + orak arik telur.Sarapan Popi : hotdog + kentang goreng .Lanjut masak buat lunch *aunty nya kak Abi mo maen,dari Bandung* ,aku bikin : opor ayam , asem2 iga,sambel cenge *ini namanya kalo di Palembang* dan tumis kangkung.

Jam 11 selsei, udah mandi, ke Pong’s Home Centre dech ma Popi dan Ka Abi,beli sepeda plus dudukannya buat Ka Abi ๐Ÿ™‚

This long weekend is dedicated for Ka Abi..meski harus diselingin acara masak by momi *maaf ya Kak…maklum ga ada pembantu*

Leave a comment »

Tahu Telor Ala Momi ^_^

Jam 9 malem, Abi udah bobo dengan lelapnya,momi pun laper dengan sangatnya…
Ke dapur dech, mau manfaatin petis udang yang dioleh2in temen dari Surabaya…judulnya mau nyobain bikin tahu telor ^_^

Ngomong2 soal tahu telor, huumm..resmi menjadi kesukaanku sejak 6bulan terakhir. Pertama kali nyicip adalah waktu diajak temen, lunch di Depot Surabaya, Rumah Makan khas Jawa Timur yg lokasinya di Jl.Sangaji,sekitaran Cideng. Weeeehh..jauh amat?
Judulnya saat itu aku lagi ngasih training di salah satu sales centre nya kantor ku di daerah Cideng itu.

Huumm..langsung suka! Jadi dech…tiap ada jadwal ngasih training disana,pasti melipir ke Depot Surabaya ini ๐Ÿ™‚

Naaahh..suatu ketika, gak sengaja banget, bareng Popi, makan di Java Village yang ada di Mall Summarrecon Serpong.Eh…ketemu lagi sama menu ini ๐Ÿ™‚
Pas banget yaaaa….gak usah jauh2 ke Cideng kalo lagi pengen.

Daaan…malem ini, *as usual lah, akunya suka sok rajin * huum bikin sendiri aahh..dengan resep nebak2, untuk saosnya,ย  terinspirasi dari kupat tahu nya Eceu di Bandung ๐Ÿ™‚

BAHAN Tahu Telur :
Setengah buah tahu besar dihancurkan dengan garpu seadanya
2 butir telur ayam
Merica halus secukupnya
Garam secukupnya.

BAHAN SAUS :
segenggam kacang tanah goreng
2 buah cabe rawit
2siung bawang putih
Aer asam Jawa
Gula merah iris halus 2 sendok makan ato sesuai selera
Setengah sendok teh garam
1 sendok makanย  petis udang
100gram tauge yang disiram air panas untuk taburan

CARA :
Kocok tahu dan bahan lain dengan telur
Buat dadar hingga matang

Untuk Saos :
*aku pake cobek – niat banget yaaah…jam 9 malem gitu looh*
Giling semua bahan lalu tambahkan air asam, tumis sebentar

Penyajian :
Taburi tauge diatas dadar, siram dengan saus

Huummm….enak juga…mirip yang di Depot Surabaya…minus es kelapa nya yang ajiiibbb ituh ๐Ÿ™‚ Abis dech seporsi *gimana mau langsing coba*

image

Leave a comment »

Putu Ayu

Ini bikin yang kedua kali.Pake resep dari keluarga nugraha alias nyontek dari : http://www.resepnugraha.net

Yang pertama bikin dulu bisa dibilang rada gagal yaaa karna kurang mengembang kuenya. Sempet nanya2 juga ke yg punya web site, mba Astri Nugraha,lewat email dan dikasih tips2 sama beliau.There we go now after some times, I retry it again today ๐Ÿ™‚

Kalo searching di google,rata2 pada pake pelembut kue alias tbm ato ovalet.Naaah…resepnya keluarga Nugraha ini enggak.Hasilnya? Selain yummy,juga lembut dan ngembang.Kalo beli? Emang lebih praktis siiih…tapiiii…huumm sejak sering nonton acara investigasi di tv swasta yang entu tuuhh…rada2 serem yaaah,pake pewarna non food grade lah,pake pengawet lah.Mending bikin dech,gak nyampe 1 jam koook prosesnya,jadi dech…

BAHAN :
150 mili santan cair
180gram gula pasir
200gram terigu
3 tetes pasta pandan
Sejumput garam
Telur 5 butir
Kelapa parut ,yang agak muda,kukus dengan sedikit garam

CARA :

Panaskan kukusan.
Siapkan cetakan kue putu ayu yg sudah diolesi minyak *aku pake olive oil* ,lalu isi dengan kelapa parut,sisihkan.

Dengan mixer : kocok gula dan telur hingga mengembang dan kaku.
Matikan mixer
Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk dengan spatula.
Lalu tuang santan yang sudah diaduk rata dgn garam dan pasta pandan.
Aduk.
Tuang ke cetakan sampai penuh
Kukus kurleb 20menit
Angkat.

Siap deeech…Popi sukaaaa hati senang ๐Ÿ™‚

image

Leave a comment »