Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Nasi Anak : Nasi Bakar

on September 10, 2013

Abi lagi susaaah makan.Kembali nih momi nya berjibaku jumpalitan, segala lauk udah dimasak tapi teteup aja susah.Tapi untungnya ( hihi..teteuup yaa…selalu ada untungnya )Abi masih suka banget ngemil.Tapiii…aku sih tetep, setisp jam makan, Abi harus makan nasi *diusahain banget* walo gak abis.

Naah..as the alternative, minggu kemaren aku bikinin nasi bakar.Sebagian kecil buat Abi , lainnya buat aku yang pake cabe dan teri medan.Kalo buat Abi aku gak kasih teri🙂 .Karna Abi juga gak gitu suka makanan yang kewat gurih, aku pake santannya encer ajaah.Karna stock yang ada di kulkas adalah daging sapi giling, ya aku pake itu aja.Daan biar lengkap nilai gizinya, aku juga tambahin irisan wortel😉

BAHAN :
UNTUK ADONAN NASI
250 gram beras
Santan encer secukupnya * tergantung tipe berasnya sih ya*
2 batang sereh digeprek
4 lembar daun salam
4 butir bawang merah iris halus
Kaldu ayam 1 sendok teh( aku pake yg organik non MGO Non MSG )
Garam secukupnya

CARA BIKIN NASI :
Tumis bawang merah, salam , serai hingga wangi, masukksn santan, massk hingga mendidh
Tuang santan ke panci beras
Nasi diaron dan dikukus hingga matang , sisihkan

BAHAN UNTUK ISI
Wortel 1 buah iris kotak kecil *aku sih setelah diiris direbus dulu sekilas biar ngga keras*
100gram daging giling
3siung bawang putih halus
Merica, gula dan garam secukupnya ( gula siih optional ya, biar gurih aja , paling juga seujung sendok teh )
1 batang daun bawang iris halus.

CARA BUAT ISI :
Tumis bawang putih hingga harum.Masukkan daging giling , aduk2 hingga matang
Masukkan wortel, daun bawang dan bumbu2.
Tumis hingga matang.

CARA BIKIN LONTONG
Pake daun  pisang yang dilayuin dan disterilin diatas api kompor.Isi dengan nasi, diatasnya dilapisi adonan isi, tutup lagi dengan nasi, lalu semat dengan lidi.
Oven kurleb 20 menit.

Lumayaaan lah, Abi mau, karna seru yaa , makannya pake daun😛


2 responses to “Resep Nasi Anak : Nasi Bakar

  1. Alhamdulillah kutemukan juga resep ini. terima kasih….🙂

  2. […] NASI BAKAR Ini bisa dijadiin alternatif bekel makan berat selain nasi goreng, mie goreng atau bihun goreng. Memang agak ribet ya, tapi worth it kok.Isinya bisa divariasiin sesuai kesukaan anak, ayam  daging sapi cincang, yang jelas padat ya, ngenyangin ^_^ https://riniivan.wordpress.com/2013/09/10/resep-nasi-anak-nasi-bakar/ […]

Leave a Reply

