Riniivan's Blog

Something about my life

Tips Menyapih Abi

on September 18, 2013

Yeeaay..tepat tanggal 17 Sept kemaren adalah tepat sebulan Abi disapih! Alhamdulilah berjalan mulus walo dengan bantuan brotowali.
Kook bisa? Iya..mulus! Tanpa nangis sedikitpun, tanpa raungan, tanpa Abi menderita berlebihan.

Kalo diflash back ke beberapa bulan lalu, no one were optimistic enough bahwa Abi akan bisa lepas dari nenen.He’s craving for it! Kalo ngeliat momi nya tuh kaya liat harta berharganya.Dia akan sakau berat, kaya yang ngga bisa berpikir jernih.

Semua apa pun wujud nya akan mental terpelanting , kalo dia maunya nenen.Contoh saat aku pulang kerja, Abi akan super panik, ngga konsen ngapa2in, ngga sabaran, sakau, kalo ngeliat aku. Akan berujung nangis kalo gak dapet.Bukan ngamuk looh ya, melainkan  menangis sedih.

Naah,yang aku dan popi  lakuin adalah :
Sejak umurnya  2 tahun, udah ditanamkan bahwa dia udah besar
Kalo udah besar, nanti lama2, nenennya jadi pahit.
Thok, itu aja.
Tapi konsisten kita jelasin hal itu ke dia.Kadang aku bilangin :”ayo Nak..mumpung belum pahit”

Naah, suatu ketika, saat urgency sudah mengharuskan dia disapih, bertindaklah Mr.Broto alias brotowali.😉

Tanggal 17 Agustus, hari Sabtu, sebelum dia minta nenen, aku udah olesin dulu getahnya brotowali.Daaann, lucu banget expresinya Abi ketika itu.Dia langsung melotot sambil nutup mulutnya.” Moomii…kakak udah besai Mom..nenennya pait…” katanya sambil nyengir.
Lalu dengan terburu2, dia berlari keluar kamar, mengabarkan ke Popinya yang lagi diruang tengah, bahwa dia sudah besar, sudah hebat dan nenennya udah pahit. Lalu dia minta susu ultra putih untuk ngilangin pahitnya.

Malemnya deg2an juga pas mau bobo.Tapi Subhanallah, dia ngga nangis apalagi meraung2. Berkali2 dia bilang ke dirinya sendiri , ” kakak udah besai, nenen nya pait, pait banget”. Malem itu dia bobo jam 12 malem! Padahal biasanya jam 9 udah paling malem tuh.Jam 3 pagi dia kebangun, minta nenen, aku kasih. Pahit!.Dia minta susu uht.
Malam seterusnya, dia udah ngga minta lagi.

Seminggu kemudian, jam 3 pagi dia minta nenen pagi.Aku tetep kasih.Pahit!🙂
Intinya adalah kita harus konsisten! Terlihat kejam? Tentu! Terutama melihat langsung kesabarannya menahan keinginan.Aku sampe nangis tersedu sedu.Popi sampe harus menggendong Abi keluar kamar di nina bobo in sambil aku menguatkan diri lagi.

Bukan karna stok asi nya abis maka Abi disapih, melainkan karna dia jadi sangat bergantung sama aku. Kalo magrib aku belum dirumah, dia akan nangis mencari2. Bangun tidur, nangis nyariin Momi. Well semua buat kemandirian Abi.  Toh Islam telah mengatur bahwa menyusui anak itu adalah sampe usianya 2 tahun.Artinya, emang seharusnya anak siap disapih diumur segitu.

Buat Abi, Abi hebat! Momi banyaaak banget belajar darimu, Nak!

Btw, hari kedua menyapih, PD terasa sangat kenceng, karna takut masitis, di kantor aku pompa.Hasilnya? Masih lumayan banget!

image


Leave a Reply

