Riniivan's Blog

Something about my life

Sukses Menyusui Abi , Full!

on November 16, 2013

Abi udah ngga nenen siih..Alhamdulillah berhasil full ASI sampe usianya 2.5 tahun kurang dikiiit.Disapih karna Abi jadi tergantung banget  sama mominya alias nempel terus, bukan karna stock asi nya abis.
Kalo di flash back, kembali ke bulan April 2011, rasa2nya ngga mungkin bisa sukses ASI.Dokter anaknya nyaranin bantuan sufor, ASI ku selama 5 hari mampet.Abi nangiiis terus yg kata neneknya laper, daan setelah 7hari lahir, Abi harus balik ke NICU karna bilirubinnya tinggi.Saat itu aku dibantu donor ASIP saking persistent nya gak mau sufor.Belum lagi, aku saat itu adalah ibu bekerja, produksi ngga berlimpah, sekali mompa dapetnya 120mili ajah.Anak minum beratus2 mili tiap ditinggal ngantor.Ogah UHT saat umurnya 1 tahun lebih.Makanannya ( baca : bubur ) dibikinnya pake ASIP karna kalo dicampur sufor, Abi langsung diare.Trus kok bisa 2 tahun lebih? .Ada tips nya yang mungkin klise yaaa, tapi ngga papa dishare ahh, siapa tau berguna😉 Btw, please kindly note, aku bukan expert ato sok2 an, hanya mo sharing my experience aja kalo2 ada manfaatnya yaa moms😉

1. Doa.Paling penting nih, karna rizki itu bersumber dari Allah dan untuk itu, mintalah pada Nya.Juga keyakinan bahwa tiap anak ada rizkinya, pasti. Dari Abi baby sampe dia 2 tahun, aku selalu melafazkan doa : ” Ya Allah, rahmatillah ASI Abi hari ini, dan berikanlah rizki ASI yang cukup bagi Abi, hingga umur Abi minimal 2 tahun Amin. Betul loh..rizki itu dari Allah.Rizki ASI pun begitu.Temenku pumping di kantor, dijuluki cimori award saking berlimpah ruah ASInya.Sekali mompa 600 mili! bayangkan.Seharian dikantor, dia bisa bawa pulang ASIP 1000 mili.Tempat nampung ASIP yang dia pake? botol tupperware yang 1.2liter.Tapii semua kehendak Allah yaa.Dengan sangat tiba2, produksi ASI nya terhenti drastis tis tis.Seharian dia cuma bawa pulang 100 -200mili aja yg ujung2, anaknya jadi dicampur sufor.

2. Rutin kosongin payudara.Aku rutin pumping tiap 3jam.Dikantor, 3kali pumping.Jam 7 pagi, jam 11:30 siang dan jam 3:30 sore.Rutin.Alhamdulillah bngt, di kantorku, semua ibu menyusui dapet kelonggaran waktu untuk pumping.Bahkan , di 3 bulan awal setelah lahiran, aku pompa tiap 2 jam, no matter hasilnya brp mili.Intinya, kosongin payudara.Jika ada demand, pasti akan ada supply.Jika dikosongin, secara otomatis si kelenjar susu akan produksi terus.

3.Support dari lingkungan. Yaa..terutama dari suami juga temen2 dan sodara. Sejak hamil, aku udah mulei join milis aimi meski cuma jadi silent reader. Ngebacain pengalaman2, perjuangan2 ,permasalahan, tekad bulat para busui is sooo inspiring.Jadi memacu aku juga untuk bisa.Aku juga banyak ngobrol dengan temen2 yang udah punya pengalaman menyusui, juga untuk menginspirasi.

4. Banyak Baca. Google, wikipedia, e-book ato apa pun yang menjelaskan kelebihan ASI dibanding sufor.Quran aja mewajibkan ibu untuk menyusui anaknya tho yaaa.

5. Banyak Makan dan Minum bergizi.
Minum aer putihku bisa 3 liter sehari hihihi.Belu. lagi buah2an, sayur ato apapun  lah yang bisa jadi booster ASI.Bosen sama bubur kacang ijo? aku minum dalem bentuk jus nya.Nggak usah mikir diet dulu toh apa yang kita makan adalah buat baby kita😉.Makan kacang2an mulei dari pistacio sampe edamame, ngemil segala sayur yang dicampur2 dan disulap jadi salad.

6. Be Persistent! Yes Moms, be persistent dengan niat kita. Kebayang nggak, kalo kita working mom, target kerjaan numpuk, bos lagi jutek, tapi kita tetep harus bawa pulang asip agar anak kita bisa makan :’-(.Kalo nggak persistent , kemungkinannya besar banget kita jadi males mompa.Yang ujung2 nya jadi produksi berkurang ( balik lagi , supply = demand ).Selalu lah persistent dengan niat kita untuk full asi bagi anak. Aku dulu, yang namanya produksi selalu up and down, beberapa kali kejadian, pernah mompa bareng2 pumping moms yang laen, saat hasil yang laen udah 150-200 mili, dengan tenggat waktu yang sama, hasilku cuma 50-75mili , mereka sebagian ada yang sampe ngga tega dan ada juga yang ngga habis pikir, kok akunya teteup kekeuh yaa pumping. Well, aku pikir saat itu , yaa segitulah rejeki Abi ya, pokoknya aku tetep usaha, meski kadang kalo lagi seret, aku cuma bawa pulang 120mili, yang artinya, buat minumnya besok, aku harus nurunin stock asip dari frezer.It’ s fine, itulah gunanya stock, bukan? :-))

7. Selalu Nyetok ASIP. Terutama buat working mom nih, wajib bin kudu hukumnya.Saat ninggalin Abi kerja, stock asipku saat itu 150botol.Daaaann..tetep harus kejer2an karna Abi minumnya banyak.Kuncinya itu tadi, rutin kosongin payudara.

8. Booster if required. Well..dengan naek turunnya produksi, dan kondisi hormon pun kalo aku, ngaruh banget ke jumlah asi, kadang aku pake booster supplement busui.Kebetulan aku cocoknya minum Lactamam kaplet yang most of the ingredients nya adalah fenugreek.Ada yang cocok dejgan madu , ada yang cocok dejgan habbattusaudah ato molloco atobteh tertentu .Coba aja semua dan dinotice, mana yang paling ngaruh ke produksi.Tapi ini hanya diminum saat dibutuhkan yaa moms , menghindari ketergantungan hehehehe…kalo cara alami masih bisa, better pake cara alami aja.

9.Always be Happy! Penting ini, pentiing banget. Dulu, setiap kali mau pumping, aku selalu liatin koleksi foto2nya Abi dari HP sambil ngedengerin lagu2 favorit dan juga bisa sambil snacking buah2 yang enak dan kita suka.Ato ngemil coklat!  Do whatever makes you happy.Karna saat kita hepi, hormon oksitosin yang katanya merupaka hormon cinta dan happiness direlease oleh tubuh.Naaaah ini ditangkep oleh pabrik susu, sehingga mereka connected daan susu pun berlimpah hihihihi.

10. Beli Pompa Yang Nyaman. Invest agak mahal dikit ngga papa ya mom, demi asi eksklusif hihi.Aku dulu pake medela elektrik dan manual serta pigeon manual.Menurut survey dan yang aku rasa sih, emang best among others😉

11. Banyak sharing dengan temen2 menyusui lainnya.Kadang mental ini anjlok juga saat timbangan anak nggak naek2 sementara anak sufor pada montok2. Come on, balik lagi  be persistent to niat.Percaya dech moms, ASI itulah yang terbaik! semua zat2 ASI, terserap maksimal oleh pencernaan bayi.Sementara sufor? mau sebagus apanpun sufornya, yang terserapnoleh bayi hanya maksimal 20% nya aja! Jadi, ngga perlu jiper sama timbangan. Yang penting sehat dan tumbuh kembangnya sesuai kurva, caiiyyoo


2 responses to “Sukses Menyusui Abi , Full!

  1. jenny says:

    Malam bun, saya mau tny, gmn cara bt nyapih’ny? Krn anak sy ketergantungan bngt sama nenen.. jd sy berencana bt kosongin asi.. terima kasih bun

    • riniivan says:

      umur dede nya udah mau 2th ya Bun? Kalo saya dan suami, 6bln sebelum masa penyapihan, udah sering diceritain ke anak, bahwa nanti, nenen momi nya akan berubah jadi pahit, dan itu artinya Abi udah gede.Trus dia nanya2 gitu kenapa pahit, kita jelasin bahwa karna dia udah gede, jadi ngga boleh nenen lagi, maka itu nenen jadi pahit.Cerita itu berulang2 kita sampaikan, berbulan2.Lalu pada hari H, oles brotowali Bun.Dan dia surprised, menganggap dirinya udah gede dan heboh. Alhamdulillah ngga ada pake nangis sedikitpun apalgi tantrum.Tiap dia gelisah, dipeluk, diceritain tentang anak gede yang ngga nenen, dikasih susu UHT bahkan ditawarin nenen yang udah saya oles brotowali ( biar konsisten pahit ).Pernah dia coba, ternyata pahit dan dia senyum2, minta UHT.
      Semoga berhasil ya Bun🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s