Riniivan's Blog

Something about my life

Sup Brenebon a.k.a Sup Kacang Merah

on November 24, 2013

Bahagia itu sederhana! Masak sesuatu yang baru berdasar resep tanya sana sini, dipuji suami dan beliau makan dengan lahapnya, itu jleb banget.Bahagia. Naaah, edisi minggu ini adalah sup brenebon buat Popi.

BAHAN :
300gram buntut sapi ( bisa pake iga ato daging )
250 gram daging sup ( ngga pake juga ngga papa )
250gram kacang merah , rebus hingga empuk.Biar cepet empuk pas direbus, cuci bersih dan rendam selama 3jam, rebus hingga empuk, sisihkan.Aku ambil seperempat bagian kacang merah yg udah empuk dan aku halusin pake sendok.
Daun bawang 3batang
seledri 3 batang
Bawang putih 4biji
Bawang merah 6biji
Bawang bombay 1 buah rajang halus
Pala 1, digeprek
Cengkih 3biji ( kalo ngga suka diskip aja )
2liter air untuk merebus buntut
Wortel, 2 buah, iris sesuai selera

CARA :
Rebus buntut yg udah dicuci bersih bersama daun bawang yang dirajang halus hingga lunak dan empuk dengan api kecil

Tumis bawang merah, bombay dan putih hingga harum
Jika air rebusan sudah menyusut , masukkan tumisan tadi ke rebusan buntut.Tambahkan pala yg digeprek serta cengkih dan seledri.

Masukkan wortel dan kacang merah.

Masak hingga agak kental dan meresap.

Yummy..kata popi, soo gurih dan empuk.

Tadi, jodohnya adalah tempe kemul dan tahu masak kecap.Hahaha..meuni ngga nyambung siiih..tapi nggak papa ya Pop😉

image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s