Riniivan's Blog

Something about my life

Belajar itu Menyenangkan ! Ayo Berhitung !

on December 2, 2013

Aku pengen Abi enjoy spending his time with me! Well eventhough i do know that he is without me doing nothing. Since Abi has not been interested to school yet,Momi nya harus kreatif dikiiit.
Berbekal referensi dari sana sini dan pengalaman saat jadi fasilitator trainer di company yg terakhir joined, here we go….learn with fun, play with learning ^_^.

Owiya…Karna Abi itu bosenan, bukan tipe tekun yang duduk manis, multi tasking alias serabutan (hihihi ) , jadi belajarnya harus dikemas sedemikian rupa.

Hari ini belajar Math, berhitung.
Yang aku siapin :

potongan2 gambar benda yg sama ato sejenis, misalnya : ikan, aneka buah, mobil ato apa pun.

Lem ( karna gak punya, aku pake masking tape )

Potongan angka ( untuk menentukan jumlah, ditulis sendiri is fine )

Kertas kosong

Naahh…aku meminta Abi untuk mengelompokkan gambar dan dikumpulin di kertas HVS berdasarkan jenis dan ditempel

Lalu dgn gaya lebay, “woooow..banyak banget fish nya.Ada berapa yaaa? cukup ngga kalo kita bagi ke Teh Khanza, Vincent, Afo..( nama anak2 tetangga seumuran Abi )”

Lalu Abi akan antusias ngejawab dan akan menghitung jumlah ikan ato gambar benda laennya
“Mom, fish nya ada 7, cukup Moom”

Kalo udah bener itungannya, dengan gaya lebay lagi aku akan meminta Abi untuk mencari , yang mana angka 7 (ato angka yg seduai dgn jumlah gambar ) . ” Owiyaaa?? ada 7 ya? huum..angka tujuuuh…(aku pura2 manggil si angka dgn gaya Pocoyo, tokoh kartun favoritnya ) , where are youuuu angka 7…..? Daan Abi pasti akan antusias menunjukkannya ke aku “ini Mooom “.

Kalo udah, si angka tadi ditempel juga di kertas ikan yg ada 7 ekor tadi.

Gitu seterusnya dengan berbagai teknik.Kadang aku bernyanyi, kadang pake boneka pretend mau makan pisang ato apa, ato pake mobil2an yg mencari roda yg banyak, ato bu guru momi yg butuh buah karna mau bikin jus ,de el el .Daan Abi yg akan menghitung jumlah benda digambar serta menunjukkan angkanya.

Aku tidak terlalu lama ngelakuinnya, menghindari kebosenannya.Biasanya akan kami akhiri dgn nyanyi pake lirik ngarang bebas tapi minjem nada lagu favoritnya .

Next harapanku adalah mau ngafalin Abi QS Al Fatihah .Alhamdulillah Abi udah hafal doa makan, doa bobo dan Surat Al Ikhlas.

Lagi nyari2 niih , metode yang asyik buat Abi.Well, dont focus on the result ya Nak, melainkan proses dan kesenangan yang kita dapat, tawa konyol yang kita bagi, selama kita belajar dan bermain :-))

Semoga Allah Sang pemilik Ilmu, dan penguasa hati dan fikiran,memudahkan ya Naak..

Yang aku siapin:

image

image

Abi ngitung, nyari angkanya dan nempel

image

Sebagian Hasil:

image


Leave a Reply

