Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Lauk Anak : Soto Betawi! ( bukan cuma buat anak ding)

on February 18, 2014

Naaah kalo soto ini kan pake santen, aku pake santen encer aja, biar perut Abi ngga kaget hehe ( padahal udah 3 thn yaa ). Untuk penambah gurihnya, aku pakein UHT.Ternyata enaak kook.Popi aja sukaa.

BAHAN :
HALUSKAN :
5 siung bawang merah,
4siung bawang putih,
sejumput jinten sangrai,
Setengah sendok teh ketumbar sangrai,
4 buah kemiri sangrai,
merica secukupnya.

BAHAN  SOTO :
Daging tanpa lemak dan ditambahi tetelan ( aku ngga pake jeroannya ) :500 gram,
Daun salam 4 lembar,
Jahe 2cm , geprek,
Lengkuas seibu jari, geprek,
serai 3 batang ambil bagian putihnya, geprek,
garam dan sedikit gula agar gurih : sesuai selera,
Santan encer 200 mili,
Susu UHT 250 mili,
Butter untuk menumis.

PELENGKAP :

2 buah kentang diiris kotak2 ukuran sedang, goreng
Daun bawang : iris halus
Tomat merah : 2 buah, iris kasar
Bawang goreng
Jeruk limau

CARA :
Rebus daging dan tetelan dengan air, serai dan jahe hingga empuk, sisihkan air kaldunya untuk kuah soto.
Daging diiris  segigitan mulut ( kurleb 1cm x 1 cm ), goreng sebentar bersama tetelan hingga berwarna kecoklatan.Sisihkan.

Tumis bumbu halus hingga harum dengan butter ato minyak samin ( ini biar wangi aja menguatkan aroma susu, pake minyak sayur juga oke )
Masukkan lengkuas dan daun salam,
masukkan irisan daging tadi
Tuang santan encer, masak hingga meletup2 dengan diaduk teratur.

Lalu tuang ke panci kaldu,
masak hingga mendidih.Masukkan susu UHT.

Kalo aku , ngga mau repot, tomat dan daun bawang juga langsung dimasukkan ke panci.

cicipi dan sesuaikan rasa dengan selera

Pas mau disajikan, taburi bawang goreng dan siapkan jeruk limau

image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s