Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Lauk Anak : Soto Betawi! ( bukan cuma buat anak ding)

on February 18, 2014

Naaah kalo soto ini kan pake santen, aku pake santen encer aja, biar perut Abi ngga kaget hehe ( padahal udah 3 thn yaa ). Untuk penambah gurihnya, aku pakein UHT.Ternyata enaak kook.Popi aja sukaa.

BAHAN :
HALUSKAN :
5 siung bawang merah,
4siung bawang putih,
sejumput jinten sangrai,
Setengah sendok teh ketumbar sangrai,
4 buah kemiri sangrai,
merica secukupnya.

BAHAN  SOTO :
Daging tanpa lemak dan ditambahi tetelan ( aku ngga pake jeroannya ) :500 gram,
Daun salam 4 lembar,
Jahe 2cm , geprek,
Lengkuas seibu jari, geprek,
serai 3 batang ambil bagian putihnya, geprek,
garam dan sedikit gula agar gurih : sesuai selera,
Santan encer 200 mili,
Susu UHT 250 mili,
Butter untuk menumis.

PELENGKAP :

2 buah kentang diiris kotak2 ukuran sedang, goreng
Daun bawang : iris halus
Tomat merah : 2 buah, iris kasar
Bawang goreng
Jeruk limau

CARA :
Rebus daging dan tetelan dengan air, serai dan jahe hingga empuk, sisihkan air kaldunya untuk kuah soto.
Daging diiris  segigitan mulut ( kurleb 1cm x 1 cm ), goreng sebentar bersama tetelan hingga berwarna kecoklatan.Sisihkan.

Tumis bumbu halus hingga harum dengan butter ato minyak samin ( ini biar wangi aja menguatkan aroma susu, pake minyak sayur juga oke )
Masukkan lengkuas dan daun salam,
masukkan irisan daging tadi
Tuang santan encer, masak hingga meletup2 dengan diaduk teratur.

Lalu tuang ke panci kaldu,
masak hingga mendidih.Masukkan susu UHT.

Kalo aku , ngga mau repot, tomat dan daun bawang juga langsung dimasukkan ke panci.

cicipi dan sesuaikan rasa dengan selera

Pas mau disajikan, taburi bawang goreng dan siapkan jeruk limau

image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s