Riniivan's Blog

Something about my life

Cemilan Anak ( dan Dewasa juga ) : Donat Ubi Merah

Ini merupakan another version of donat kentang.Resepnya sama banget dengan donat kentang nya NCC,  cuma aja kentangnya diganti ubi merah yang kebetulan ada banyak stocknya dan bosen digoreng, bikin pilus, ato bikin kolak 🙂

Rasanya gurih dan super empuk! Dimakan polosan tanpa topping pun  udah enaaak banget! Daan..aku lebih suka yang polos tanpa topping, gurih ! 🙂

BAHAN :
500gram terigu protein tinggi,
250gram ubi jalar merah, kukus, haluskan dan dinginkan,
gula pasir sesuai selera,
susu UHT cair dingin 100mili,
kuning telur 4butir,
garam seujung sendok teh,
mentega ato margarine 50 gram,
Fermipan 1 sachet

CARA:
Di mangkuk ulen, Campur terigu, gula pasir, susu, dan ubi yg dipastiin udah halus banget ( kalo perlu diblender ), uleni

Tambahkan telur satu persatu, terus uleni

Saat adonan setengah kalis, masukkan mentega dan garam, uleni hingga kalis ( gampang, ngga berat kook )

Setelah itu, diamkan adonan kurleb 1 jam , tutup mangkok dengan lap kering bersih

Siap dech dibentuk.Dibikin  donat hayuuk, dibikin roti goreng isi pun okeh.

Sungguh, sukaaa banget sama teksturnya, empuh, lembut dan padat.

Please do not focus on the shape yaa..hihihi

Donat siap digoreng, aku adonin dan goreng pagi, saat Kaka masih bobo
image

ini donat isi coklat keju, dibalur pake milo bubuk, nom..nom
image

Naah, ini ditopping saat Kaka bobo sore ( tadinya ngga mau bobo siang )
image

Advertisements
Leave a comment »

Camilan Anak dan Dewasa : Singkong Thailand

Biasanya, kali beli singkong dan luckily dapet yang mumpur alias good quality, diolahnya dgn cara  digoreng, dikukus dan dimakan dgn gula dan kelapa muda parut, dibikin getuk tumbuk ato dibikin comro.Naaah sekali ini diolah jadi singkong Thailand.

Pertama nyicip cemilan ini sekitar 4tahun yang lalu di salah satu resto makanan khas Jawa dan langsung jatuh cinta.

Sejak itu, beberapa kali bikin dgn porsi kecil, untuk dinikmati sendiri karna Popi dan Kakayo ngga suka 🙂

BAHAN :

500gram singkok, kupas, cuci bersih, potong dadu dan rendam air garam selama kurang lebih 3 jam, supaya getahnya ilang, lalu cuci bersih lagi,

100mili santan instan Kara,
2sendok makan susu bubuk,
50mili susu kental manis
Gula sesuai selera
Garam setengah sendok teh
Pandan

CARA:

Rebus singkong dan daun pandan , saat mendidih, buang airnya dan ganti air baru.
Rebus hingga empuk dan airnya tinggal sedikit
( akan didapat tekstur kental tapi butir2 singkong masih nampak dan sangaat empuk )

Tambahkan gula pasir, aduk rata
Masukkan susu bubuk dan susu kental manis, aduk rata.

Masukkan santan kental instan dan garam, buang daun pandannya, masak beberapa saat hingga mengental .

Done!

Sajikan dingin lebih enaaak..apalagi kalo ditaburi parutan keju.Nom..nom..

image

Leave a comment »