Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Ketan Srikaya Gula Merah

Ini bikinnya buat momi :-).Biasanya bikin srikaya ala ala Palembang yang pake daun suji, pandan dan makannya dengan ketan.

Sekarang pengen bikin srikaya gula merah :-). Lumayaan buat sweet treat momi,karna kalo dari pengalaman bikin srikaya pandan, Abi nggak suka.
Untuk snack buat Popi dan Abi sore ini, aku bikin bubur kacang ijo.Lucunya, kacang ijonya aku kupas kulitnya hihihi biar Abi ngga batuk dan bentuk buburnya jadi lucu dech

Owiya, minggu kemaren , buat aku, aku bikin unbaked klappertaart , dan sama, Abi juga ngga suka .Jadi lah 3 loyang aluminium foil size sedang, aku doang yang ngabisin hehehe..# tahan napas biar perut ngga nongol#

Balik ke srikaya gula merah, berikut resepnya : ( ngga pake ukuran dan timbangan, ngasal banget )

UNTUK KETAN :
2 genggam ketan putih , cuci bersih
Santan Kental 200mili ,
Garam sesuai selera

Masak ketan , aroni kaya masak nasi,
tempatkan di loyang ato wadah tahan panas, kukus hingga matang

UNTUK SRIKAYA :
300mili santan kental plus 200mili susu UHT
Gula aren 1 kerat
Sejumput garam
Telur 4butir, kocok pake whisk

CARA BIKIN SRIKAYA :
Masak gula aren dan santan hingga gula larut dan mendidih.Aduk2 yang rajin agar santan ngga pecah.

Angkat, dinginkan, tuang ke kocokan telur, aduk rata.

Saring dan tuang ke atas lapisan ketan , kukus hingga matang sempurna .

image

Leave a comment »

Cemilan Anak : Bola Bola Keju Goreng

Abi lagi doyan makan 😀 *senyum lebar* Alhamdulillah.Mam nya selalu abis, ngemilnya banyak, susunya juga.

Naaah, efeknya, Abi jadi sering bilang “moom..momi punya apa? kaka laper ”

Humm..Sabtu kemaren bikin pempek dgn stok tenggiri di freezeer buat snack sore, Minggu bikin roti ekonomis, Seninnya bikin bolu kukus gula merah tanpa telur , semua abiss..bis..bis.
#makluuum..tanggal nanggung, jadi snack nya serba yang ekonomis hehe

Naaah..di FB , ada ibu2 yang share resep cemilan gampang dan praktis.Di dapur ada margarin, terigu, di kulkas ada susu UHT dan keju.Okeeyyy

Btw kalo keju, aku selalu nyetok dan beli jumlah besar, 2kilo, dan belinya ngga di toko, melainkan di suppliernya toko hehe..harga dijamin miring dengan expired date masih lama.

Balik ke cemilan , ini resepnya ( didapat dari group masak di FB , tapi di modifikasi )

BAHAN :
250mili susu UHT putih
150gram margarine
250gram terigu
2 butir telur, kocok
250gram keju cheddar parut
Sedikit vanilla ( optional )

CARA :
Di panci,rebus susu dan margarine hingga mendidih,
Masukkan terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga kalis,
Angkat panci dari kompor,
Masukkan kocokan telur dan keju parut
Jerang lagi diatas kompor hingga matang  ( cirinya : adonan lengket )

Dinginkan, bentuk bulatan dan goreng deep fried.

Pas mau makan, ditaburi gula halus..nom..nom…

image

image

Leave a comment »

Celoteh Abi -Edisi Celana Momi yang Robek-

Suatu siang, Abi ngeliat bagian lutut celana mominya robek
Abi ( A ) : “Mom, celana momi robek tuh Mom, malu, ouyot ( baca : aurat ) nya keliatan, ngiat..ngiat..”( baca : lihat…lihat.. )

Momi ( M ) : “iya..ngga papa, kan cuma dipake dirumah.Momi kan udah ngga kerja, jadi belum bisa beli celana baru dech Kak.Humm..momi boleh kerja ngga?” *ngetes

A : ” ngga boleh Mom ( menggeleng2 mantap )”. Lanjutnya : ” momi tenaaang mom, popi yang keja, uangnya 1buat kaka, 3buat momi ( entaah itungan nya dari mana ), trus momi beli celana dech ”

M : ( ngetes lagi ) ” kasian popi dong, uangnya buat bayar rumah, PLN, aer, beli beras, bayar tivi barney , masa harus beli celana juga..ntar kaka ngga bisa ke paygon ( baca : play ground ) doong

A : # mulai ragu ga mo rugi # ” huum…iya yaa..Kaka nabung dech mom, kalo udah cukup uangnya, buat momi beli celana”

**********
– Case not closed Yet-

Suatu hari Minggu, momi, dianter Popi dan Abi, mau ke pasar basah, belanja sayur.
Tiba2 Abi mendekat dan meraih tanganku

A : Mom..ini uang buat momi beli celana
M : Waah Alhamdulillah Ya Allah…makasih ya Nak #peluk dan cium Abi # .Begitu dilihat , uang logam seribuan, 2 keping

Selesai belanja,lanjut ngebakso sama Popi ( Abi ngebekel, as usual )
A : ” momi uda beli celana?”
M : “yaah belum Kak, oom nya tutup, jadi uangnya tadi momi beliin kelapa buat bikin kolak kolang  kaling kesukaan Kaka”

Abi diem aja

♥♥♥♥♥♥♥♥♥ case has not been closed yet♥♥♥♥

Suatu malam, Abi tiba2 aja masuk ke kamar dimana ada aku lagi ngeberesin lemari.

A : “Mom, kaka boseeen nabung aahh..uangnya dibuang aja sama Kaka”

Momi hanya mendehem dan tetep asyik dengan pakaian2.

Besok pagi, saat momi mau buang sampah kering ke kresek, waaaah momi nemu uang koin lima ratusan lumayan banyaak di tempat sampah, diantara tissue2 .Dihitung, ada 6ribu perak.

*****ngelus dada****

Siangnya :
M : ” kaka..kok uangnya dibuang ? ”
A : ” iyaa kan kk bosen mom sama uangnya ”
Bla…bla..momi kasih tau kenapa uang ngga boleh dibuang

A : “uang kk mana mom?” ” buat beli celana momi ”

M : ” yaaahhh..kak, tadi udah momi kasih uncle Sok ( baca : om Asok, penjual sayur ), dituker dech sama tempe ”

A : #tumben banget ngga protes melainkan pasrah aja#   ” Iya mom, ngga papa kok, momi ngga usah beli celana baru, nanti kita panggil oom tukang jait aja ( baca : abang2 tukang permak celana keliling ), trus, celana Momi yang robek kita jait aja yaaa ”

M : # agak patah hati sekaligus ngerasa bersalah #

image

image

image

image

image

Leave a comment »

Kakek dan Nenek : A piece of Story

Dedicated for my parents, yang jumpalitan nyekolahin anak2nya, yang ngga pernah mengharap balas jasa selain kebahagian kami anak2nya.Yang menempa kami sedemikian rupa hingga inilah kami sekarang.I do love You!

Inget jaman masih ABG dulu, dengan 4 anak perempuan, kakek dan nenek ( baca : ibu dan bapakku ) selalu selalu dan selalu menanamkan salah satu prinsip hidup ke anak2 nya bahwa “Belajar senang itu gampang”. Artinya? kata kakek, kalo suatu ketika , kami, anak2 nya ditakdirkan menjadi kaum the have, untuk belajar tata cara jadi orang kaya, itu gampaaang banget! banyak guru nya, banyak sekolahnya.

Naaahh yang dipersiapkan orang tua kami justru sebaliknya, mendidik anak2nya menjadi perempuan mandiri yang siap menghadapi segala kondisi

Kata nenek dulu, kodrat perempuan, sehebat apa pun level edukasinya, sekinclong apa pun karirnya, teteuupp..dia harus balik ke dapur di suatu masa.

Kata kakek, kalo suatu ketika, kami menikah dan harus diboyong suami ke suatu daerah asing, dengan kondisi keuangan ngepas hingga ngga bisa menggaji asisten rumah tangga, kami harus siap tanpa keluhan.

Jadi , dulu itu, kami, semua anak perempuan nenek kakek, ditempa untuk hidup sederhana, bertanggung jawab dengan pembagian tugas rumah tangga, memasak, bersih2, dandan cantik, menjahit, itu yang kami lakoni.Bangun pagi, sebelum berangkat sekolah,masing2 anak harus terlebih dahulu mengerjakan “tugas rumah tangga” masing2. Ada yang ngebersihin rumah, ada yang nyiapi sarapan, ada ysng nyuci piring, ada yang bersihin teras. Tugas ini digilir ke setiap anak, yang artinya, masing2 pasti akan dapet giliran berbeda setiap minggu nya.

Dulu banyak banget yang bilang mereka kook tega banget memberdayakan anak.Tapi seperti prinsip mereka, kami adalah perempuan yang kelak akan mengikuti hidup suami kami. Jadi, mereka “mempersiapkan” kami ^_^

Kerasa pake banget, begitu nikah, walo Alhamdulillah sanggup bayar asisten, teteuup…ada masanya aku harus menghandle rumah secara full, dari ngurus suami, anak, masak, kerapihan rumah, terutama saat asisten pada mudik ato saat mereka sakit.

Karna udah kebiasaan dari dulu, yaa otomatis siap doong, ngga pake kaget2, ato shock hehehe..semua dijalani.

Apalagi sejak memutuskan stop kerja kantoran, susaaaah cari asisten yang mau kerja begitu mereka tau si enyah rumah dirumah alias ngga ngantor hehehe…

Semua dikerjain sendiri, dari pangkal teras sampe ujung dapur, masih bisa bikin materi belajar dan bermainnya untuk Abi, masih bisa bikin cemilan sore tiap hari, lauk makan ngga pernah beli , rumah Alhamdulillah bersih daaaan akunya teteup bisa bedakan, perfuman dan lipstik an tiap hari, tampil okeeh saat popi pulang kerja ato dirumah.

Betul kata kakek dan nenek. Perempuan harus serba bisa dan cekatan.Apalagi niih, 3 dari 4 anak perempuan mereka merantau, ikut para suami .Ngga ada tuh pake nangis2, takut ato ngerasa berat.Semua udah mereka persiapkan.

Tempaan mereka telah membentuk kami.Menerima dengan ikhlas tanpa keluhan, apa pun bentuk “hidup” yang diberikan suami.Terbukti! Sampe saat ini, walo kami 4 sodari ini sangaaat deket, ngga pernah satu pun dari kami, saling curhat tentang permasalah rumah tangga, seberaaat apa pun! Karna, kata mamaku, suami itu adalah pakaian istri.

Ahhh..rasanya pengeeen bisa meluk mereka saat ini! Begitu banyak ilmu2 kehidupan yang mereka ajarkan dan sekarang, satu per satu mulai nampak di hidup kami daan hati kecil berkata :” aahhh..bener yaaa yang dibilang mama / papa dulu “..

2 Comments »

Milky Caramel Jam alias Selai Karamel Susu

Sebagai salah seorang pengguna IG a.k.a instagram dimana akun2 pedagang aneka jenis komoditi berseliweran, aku sempet kepincut sama sebuah akun yang ngejual selai homemade yang salah satu variannya adalah selai karamel susu.

Harga 1 botol berat 270gram dipatok 45 ribu, belum ongkir dari wilayah Kalimantan daaaann yang nyebelin, mereka close order sampe bulan depan :’-(.

Ya udaaaah dech, namanya emak2, namanya niat , namanya pengen, yaa usaha doong.Nge google, dapet resepnya dari blog luar.Besoknya langsung dech dieksekusi.

Btw, resep aslinya pake baking soda, demi alesan kenyamanan diri, aku skp.Aku baca2 siiih, si baking soda ini berperan kaya semacam katalis yang mempercepat proses pembentukan  karamel karna dia agent yang memperbesar rongga udara diantara butiran gula pasir.

BAHAN :
500mili susu plain UHT
250gram gula pasir
sedikiiit garam
setengah sendok teh vanilla bubuk.

Cara :

Di panci sayur ( maksudnya deep pan bukan frying pan ), campur semua bahan, masak dengan api super kecil sambil terus diaduk2

Saat gula udah cair dan warna larutan udah rada kecoklatan, masak dengan api sedang cenderung kecil dan aduk sesekali.

Masak terus hingga terbentuk cairan kental .Karna jika dingin, selai ini cenderung mengeras, maka, lebih mudah kalo panas2 , tuang ke jar.

Aku siiih simpen di kulkas yaaa pas udah dingin..Pas mau dioles ke roti, panasin bentar kurleb 1 menit di microwave.

Tapiii….emang lebih enak dijadiin  campuran kopi ato diseduh aer panas yaaaa menurutku hehehe, ditambahin es  batu juga yummy kaya minum alpenliebe .Balik ke selera. siihh..

image

image

image

image

image

2 Comments »

Kiss on a forehead

image

It’s me! It’ s him and it’s us!
From the first time we got married 8years ago until today ( well to be more details this morning when he left for working ), he kissed, always kiss and hopefully will always kiss my forehead plus a big warm hug as bonus!

It becomes a needs no longer just a ritual.Something is missing when he doesnt do so.Not only he is the one who feel something is missing, but also I feel something is left behind.

May Allah grant us and our marriage His Ridha , being saqinah, ma waddah and wa rahmah , for the rest of our life, here in dunya or later at akhirah.

Leave a comment »

Pampis Manado yang supeerr yummy

Hari ini luaaar biasa padet.Mulai bangun pagi, bersih2 , nyuci, masak daaan ke pasar.Pulang dari pasar, ngebersihin kulkas dan sayur2 , bikin kolak ubi buat Popi dan Abi, bikin schotel tahu buat stok lauk minggu ini, bikin kue lumpur keju, nyiapin kelapa buat bikin wingko  ( hihihi..baru mau nyoba, dapet resep dari group masak di facebook ) daaaan bikin Pampis!

Ya, sejak ikutan salah satu group FB yang ngebahas aneka makanan and if you got lucky enough u will get the recipes , ide2 masak hari2, baik lauk ato cemilan, Alhamdulillah nambah 😉

Naaah, pernah ngebaca posting salah satu member, lupa screen shot, tenggelam lah resepnya.Resep apa siih? Tongkol suir supeer pedas.

Dan..akhirnya nge google dech dengan kata bantu tongkol suir pedas.Dapet di salah satu blog favorit ku dan ternyata namanya pampis hehe…( dulu sering makan tapi ngga ngerti kalo itu adalah nama alias dari tongkol suir super pedas )

Inget jaman masih kerja dulu, biasanya  2minggu sekali saat jadwal training kosong, kita beberapa rekan kerja penyantap masakan manado ( halal ) dipastikan melipir ke rumah makan manado, Beautika Tanah Abang, Woku yang di Plaza Semanggi, ato Ikan Tude.Sambal roa dan pampis adalah menu wajib selain sayur bunga pepaya.Duuhh…uenaak bangeet.

Balik ke resep, aku pun landing di
http://www.justtryandtaste.com/2013/03/pampis-ikan-tongkol-super-pedas.html?m=1
Hanya saja, aku tambahin daun kemangi yang diiris halus dan perasan air jeruk lemon.

Nom..nom…rasanya mirip banget dengan yang di resto Manado ituuu..

Inshaallah bikin appettite makan naek, jadi bisa bantu naekin BB yang ngedrop dari 60kilo ke 47kilo 😉 Biar baju2 ngga gedombrong lagi hehe

Ini tampilan pampis ku 😉

image

image

PS : sejak join group ( lagi2 di FB ) “my halal kitchen” , udah ngga pernah lagi aah mau makan di resto Manado, daripada ragu akan kehalalannya.

Leave a comment »

Farewell with Mimi

I feel so blue today! Time to say good bye with mimi Iis ( ontynya kakayo, adikku ) after 6months accompanying us here.Yes, today she’s going back to Palembang.For the first time after sooo long, i feel so very blue that my throat is in ache.

Will be missing her so bad.Will feel the emptiness not only on this house but also in my heart.

I do really love and care of her.Just a never ending prayer that Allah keep her safe, blessed and fullfilled.

She has a kind heart!

Leave a comment »