Riniivan's Blog

Something about my life

Milky Caramel Jam alias Selai Karamel Susu

on April 22, 2014

Sebagai salah seorang pengguna IG a.k.a instagram dimana akun2 pedagang aneka jenis komoditi berseliweran, aku sempet kepincut sama sebuah akun yang ngejual selai homemade yang salah satu variannya adalah selai karamel susu.

Harga 1 botol berat 270gram dipatok 45 ribu, belum ongkir dari wilayah Kalimantan daaaann yang nyebelin, mereka close order sampe bulan depan :’-(.

Ya udaaaah dech, namanya emak2, namanya niat , namanya pengen, yaa usaha doong.Nge google, dapet resepnya dari blog luar.Besoknya langsung dech dieksekusi.

Btw, resep aslinya pake baking soda, demi alesan kenyamanan diri, aku skp.Aku baca2 siiih, si baking soda ini berperan kaya semacam katalis yang mempercepat proses pembentukan  karamel karna dia agent yang memperbesar rongga udara diantara butiran gula pasir.

BAHAN :
500mili susu plain UHT
250gram gula pasir
sedikiiit garam
setengah sendok teh vanilla bubuk.

Cara :

Di panci sayur ( maksudnya deep pan bukan frying pan ), campur semua bahan, masak dengan api super kecil sambil terus diaduk2

Saat gula udah cair dan warna larutan udah rada kecoklatan, masak dengan api sedang cenderung kecil dan aduk sesekali.

Masak terus hingga terbentuk cairan kental .Karna jika dingin, selai ini cenderung mengeras, maka, lebih mudah kalo panas2 , tuang ke jar.

Aku siiih simpen di kulkas yaaa pas udah dingin..Pas mau dioles ke roti, panasin bentar kurleb 1 menit di microwave.

Tapiii….emang lebih enak dijadiin  campuran kopi ato diseduh aer panas yaaaa menurutku hehehe, ditambahin es  batu juga yummy kaya minum alpenliebe .Balik ke selera. siihh..

image

image

image

image

image


2 responses to “Milky Caramel Jam alias Selai Karamel Susu

  1. urfia says:

    Sist, ak udh coba resepnya. Tapi kok selaiku yg susunya kayak menggumpal gt ya. Terus warnanya jg coklat muda. Jd banyak gumpalan kecil2 gitu. Apa karena ak ganti vanila nya dengan susu bubuk dancow?

    • riniivan says:

      intinya proses ini adalah karamelisasi , mbak.Jadi sebenernyaa dari gula nya yang ngebentuk karamel.Harus api cenderung kecil dan diaduk2. Mungkin juga karena susu bubuk ya jadi ngegumpal.Coba bikin yang metode satunya udah mbak? yang karamelisasi Susu Kental Manis tanpa ditambah apa2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s