Riniivan's Blog

Something about my life

Kakek dan Nenek : A piece of Story

on April 23, 2014

Dedicated for my parents, yang jumpalitan nyekolahin anak2nya, yang ngga pernah mengharap balas jasa selain kebahagian kami anak2nya.Yang menempa kami sedemikian rupa hingga inilah kami sekarang.I do love You!

Inget jaman masih ABG dulu, dengan 4 anak perempuan, kakek dan nenek ( baca : ibu dan bapakku ) selalu selalu dan selalu menanamkan salah satu prinsip hidup ke anak2 nya bahwa “Belajar senang itu gampang”. Artinya? kata kakek, kalo suatu ketika , kami, anak2 nya ditakdirkan menjadi kaum the have, untuk belajar tata cara jadi orang kaya, itu gampaaang banget! banyak guru nya, banyak sekolahnya.

Naaahh yang dipersiapkan orang tua kami justru sebaliknya, mendidik anak2nya menjadi perempuan mandiri yang siap menghadapi segala kondisi

Kata nenek dulu, kodrat perempuan, sehebat apa pun level edukasinya, sekinclong apa pun karirnya, teteuupp..dia harus balik ke dapur di suatu masa.

Kata kakek, kalo suatu ketika, kami menikah dan harus diboyong suami ke suatu daerah asing, dengan kondisi keuangan ngepas hingga ngga bisa menggaji asisten rumah tangga, kami harus siap tanpa keluhan.

Jadi , dulu itu, kami, semua anak perempuan nenek kakek, ditempa untuk hidup sederhana, bertanggung jawab dengan pembagian tugas rumah tangga, memasak, bersih2, dandan cantik, menjahit, itu yang kami lakoni.Bangun pagi, sebelum berangkat sekolah,masing2 anak harus terlebih dahulu mengerjakan “tugas rumah tangga” masing2. Ada yang ngebersihin rumah, ada yang nyiapi sarapan, ada ysng nyuci piring, ada yang bersihin teras. Tugas ini digilir ke setiap anak, yang artinya, masing2 pasti akan dapet giliran berbeda setiap minggu nya.

Dulu banyak banget yang bilang mereka kook tega banget memberdayakan anak.Tapi seperti prinsip mereka, kami adalah perempuan yang kelak akan mengikuti hidup suami kami. Jadi, mereka “mempersiapkan” kami ^_^

Kerasa pake banget, begitu nikah, walo Alhamdulillah sanggup bayar asisten, teteuup…ada masanya aku harus menghandle rumah secara full, dari ngurus suami, anak, masak, kerapihan rumah, terutama saat asisten pada mudik ato saat mereka sakit.

Karna udah kebiasaan dari dulu, yaa otomatis siap doong, ngga pake kaget2, ato shock hehehe..semua dijalani.

Apalagi sejak memutuskan stop kerja kantoran, susaaaah cari asisten yang mau kerja begitu mereka tau si enyah rumah dirumah alias ngga ngantor hehehe…

Semua dikerjain sendiri, dari pangkal teras sampe ujung dapur, masih bisa bikin materi belajar dan bermainnya untuk Abi, masih bisa bikin cemilan sore tiap hari, lauk makan ngga pernah beli , rumah Alhamdulillah bersih daaaan akunya teteup bisa bedakan, perfuman dan lipstik an tiap hari, tampil okeeh saat popi pulang kerja ato dirumah.

Betul kata kakek dan nenek. Perempuan harus serba bisa dan cekatan.Apalagi niih, 3 dari 4 anak perempuan mereka merantau, ikut para suami .Ngga ada tuh pake nangis2, takut ato ngerasa berat.Semua udah mereka persiapkan.

Tempaan mereka telah membentuk kami.Menerima dengan ikhlas tanpa keluhan, apa pun bentuk “hidup” yang diberikan suami.Terbukti! Sampe saat ini, walo kami 4 sodari ini sangaaat deket, ngga pernah satu pun dari kami, saling curhat tentang permasalah rumah tangga, seberaaat apa pun! Karna, kata mamaku, suami itu adalah pakaian istri.

Ahhh..rasanya pengeeen bisa meluk mereka saat ini! Begitu banyak ilmu2 kehidupan yang mereka ajarkan dan sekarang, satu per satu mulai nampak di hidup kami daan hati kecil berkata :” aahhh..bener yaaa yang dibilang mama / papa dulu “..


2 responses to “Kakek dan Nenek : A piece of Story

  1. dethy says:

    Terina kasih banyak info2 dan ceritanya ya untuk menambah wawasan saya dan pengajaran anak2ku sejali lagi terima kasih

    • riniivan says:

      Sama2 mba, maksudnya, kita sama2 belajar hehehe jadi orang tua adalah proses belajar yang tak pernah berhenti. Terima kasih compliment nya ya mba , salam untuk keluarga🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s