Riniivan's Blog

Something about my life

Hafalan Doa Singkat dan Juz Amma nya Abi

Abi lagi mogok ngafalin surat-surat pendek :’-(

Alhamdulillah, dalam waktu kurang dari 2 minggu, kemarin-kemarin, Abi udah hafal Al- Fatihah, juga Al Ikhlas.

Naaah..saat beranjak ke Al- Falaq, mogok.Padahal udah dijanjiin ke Abi, kalo hafal, akan dibeliin sepeda.Dia tetep ogah.Tapi teteup, tiap hari, saat dia maen ato belajar dari laptop, aku  bacain aja minimal 3kali dalam sehari.Aku kok percaya yaaa, walo kelihatannya ngga peduli, tapi dia denger.Suatu ketika, saat mau bobo siang, suddenly dia ngajak baca Al-Falaq bareng2.Daan to be surprised, dia udah lumayan hafal.

Semogaaaa ya Allah, dia digerakkan hatinya untuk mau tekun menghafal.

Saat ini, Alhamdulillah, Abi udah hafal beberapa doa pendek kaya doa makan, doa sebelum tidur, doa untuk ibu bapak. Juga udah hafal Al Fatihah dan Al Ikhlas.

Kalo bersin pun, dia sudah melafaz kan Alhamdulillah.Begitu dijawab dengan ” Ya Harmaqullah”, surprisingly Abi pun balik ngebales ” Ya Hadikumullah”
Ini kayanya karna dia terbiasa ngedenger Momi Popi nya yaaa..

Target Popi : usia 5tahun, Abi sudah harus mulai sholat. Popi pun sebisanya ngelakuin sholat berjamaah di masjid, walau Abi on and off ikut ke masjid nya.

Doa yang tak pernah putus diucapkan ” Ya Allah, jadikan hamba dan anak keturunan hamba orang yang selalu mendirikan sholat”

Advertisements
Leave a comment »

Pizza Ngga Pake Nguli Sama Sekali : It’s So Simple

Mumpung libur Harpitnas, again and again, pengen nyenengin perut dan mulut Popi dan Abi 😉

Bikin Pizza untuk kesekian kalinya.Resep roti nya didapet dari blog favorit saya, Just Try and taste : http://www.justtryandtaste.com/2012/01/adonan-pizza-empuk-garing-renyah-tanpa.html?m=1

Simple banget. Naah untuk toppingnya kebetulan masih ada stock sosis, ada fillet ayam, tomat punya banyak dan ada mozzarella .Dieksekusi pagi2 pas masak , untuk toppingnya.

Untuk topping, ngga ada patokan bahan khusus siih kalo aku, seadanya bahan di kulkas aja.Kalo ada paprika, ya diiris2, kalo ada jagung dipipil, kalo ada jamur dipake, daging giling oke.Apa aja lah cemplungin heuheuheu

BAHAN TOPPING :
4 buah tomat diblender halus
2 buah tomat iris halus
1 buah bawang bombay iris halus
4 siung bawang putih geprek, cincang
100gram ayam fillet iris dadu
2 buah sosis potong2
100 gram keju cheddar olahan
2 sendok makan penuh cream chesse
oregano kering 1/2 sendok teh
merica secukupnya
150gram keju mozarella
Pasta tomat
Gula , garam sesuai selera

CARA :
Tumis bawang bombay, bawang putih, ayam,masak hingga ayam mateng, masukkan sosis, aduk rata.

Tambahkan tomat blender, keju cheddar parut, oregano, gula, garam.

Cicipin.

Naah..setelah roti pizza dengan resep diatas jadi, Oven dulu roti hingga 3/4 mateng mateng, siap di topping.

Saat roti pizza setengah ato 3/4 mateng, keluarkan dulu dari oven.

Olesi pasta tomat ( beda dengan saus tomat yaaa )
Taburi keju mozarella dan cheddar
Beri topping , ratakan ke seluruh permukaan pizza, atur posisi tomatvyang diiris tipis

Taburi lagi dengan keju mozarella hingga merata.

Oven hingga roti mateng.

Bukannya mau ge er siih, secara popi itu bisa dibilang jaraaaaang banget muji suatu masakan tapii ngga pernah sama sekali mencela masakan apa pun ( kalo ngga demen, ngga dimakan ), kata popi, dari sekian banyak pizza yang pernah dimakan Popi, dalam dan luar negri , hanya dua yang diakui popi enak : Domino Pizza yang double Decker, daaaan pizza bikinan momi ini 😀

Padahal, popi udah nyicip aneka pizza dari pizza hut, pizza birra, marzano, izzi pizza, kafe pisa, trattoria, belum lagi di luar sana kalo dines kantor.

Yipppiee…Alhamdulillah…#bahagia itu sederhana yaaa#

image

image

4 Comments »

Olahan Ayam : Yangnyeom Tongdak : Ayam Gurih, Asam, Manis, Pedas Khas Korea

Awal Mujigae buka cabangnya di Mall Summarecon Serpong, Momi nyobain kesana bareng mimi Iis ( ditraktir pula oleh mimi hehe  ).Naaah..karna Popi itu selera makannya lokal banget, dijamin ngga akan cocok lidah beliau kalo diajak *hmmm…begitu mencium aroma saat kita masuk resto pun, Popi udah ngga nyaman perut a.k.a mual hehe*, tapi karna pengen ngebeliin sesuatu buat Popi, momi pilih ayam yang namanya Yangnyeom Tongdak, ayamnya dimasak bumbu merah tomat gitu..Alhamdulillah, karna Popi menyantap ayamnya di rumah, masih bisa cocok heuheu.

Trus, latar belakang kenapa momi bikin ini adalah karna….di freezer ada stock chicken fillet.Mau dibikin nasi goreng, ayam suir pedas , soto ato chicken teriyaki kok yaa kurang greget yaa saking udah beberapa kali muter jenis lauk nya.Hmmm..ngegoogling, dapet resep ini di tabloid nova .

Kemaren, menjelang buka puasa, saat nyiapin teh manis hangat untuk buka dan snack sore buat Popi dan Abi, aku bikin dulu saus cabe khas korea nya untuk kemudian simpen di kulkas.Lalu ayamnya aku rendam bumbu rendaman dulu biar meresap untuk diolah besoknya

BAHAN SAUS CABE
4sendok makan bubuk cabai,
4 sendok makan kecap asin,
4sendok makan gula pasir,
2sendok makan tepung ketan,
2buah jeruk nipis peras airnya
2sendok makan saus cabe
4sendok makan saus tomat

CARA :
Di mangkuk : aduk semua bahan kecuali tepung ketan hingga merata.
Lalu masukkan tepung ketan, aduk rata.
Siap dech, bisa disimpen di kulkas untuk kebutuhan memasak besoknya

image

Naah, tadi pagi, setelah beres dengan urusan bersih bersih rumah dan teras depan,lalu menikmati roti dengan  selai dulce de leche plus kopi susu panas mengepul , lalu aku on the go masak 🙂 *untungnya film di tv kabel ngga ada yg sreg, jadi ngga tergoda nonton heuheu*

Bikin sayur kacang jagung dimasak asam manis pedas kaya sayur asem, tapi kuahnya pake kaldu biar gurih, lalu iris2 bawang bombay, tomat, ayam dan sosis untuk bikin topping pizza buat snack sore entar, sekalian ngegoreng ayamnya untuk si Yangnyeom Tongdak

BAHAN :
5potong ayam fillet, aku iris tipis bagi 2 lagi
Untuk rendaman :
1 putih telur
Susu UHT 50 mili
Bawang putih halus 3sendok teh
Merica secukupnya
Garam gula secukupnya

Untuk  tepung balurannya aku pake creezpy, tepung siap pakai non MSG, No chemicals kaya BP ato soda kue.Belinya on line biasanya di toko2 yang ngejual bahan2 makanan organik

Ayam diaduk rata ke bahan rendaman, diamkan semalaman ( 1 jam juga ngga papa kook )

Wijen sangrai : 2sendok makan
Minyak wijen 2sendok makan
Saus Cabai

CARA :

Dari rendaman, balur rata ayam dengan tepung,remas2 biar nempel rata ketok2 biar tepungnya luruh, goreng di minyak panas sedang dan banyak. ( deep fried ).

Setelah setengah matang, angkat ayam, lalu goreng ulang hingga kecoklatan.Sisihkan

Dengan minyak wijen, tumis saus sambal, masukkan ayam dan wijen sangrai. Aduk2 hingga bumbu meresap.

Tata di piring saji, taburi wijen sangrai.

Hmmm dimakan pake nasi hangat nom..nom…Pedas, manis, gurih dan asam berpadu jadi satu, khas Korea ^_^

image

image

Leave a comment »

Permen Jelly Agar2 Home Made

Ini judulnya penasaran , jadi aku coba bikin.Abisnya, di group2 masak yang aku join di FB, pada ruameee banget bikin permen ini.

Toh sebenernya aku bukan penggemar permen kunyah ato jelly ato permen agar agar, Popi juga ngga suka, kita makan permen paling pas di pesawat, saat mau take off .Abi? Apalagi #Alhamdulillah#.Beberapa kali Abi pernah dikasih permen sama om ato tante nya, dia selalu nolak, ” Kaka ngga makan pemen oom, nanti giginya yusak ” , gitu katanya.

Jadi, bikin ini karna penasaran, daan buat stock juga siih hehe..tadinya mau coba dicicipin ke Abi, permen bikinan momi.Tapiiii…setelah menunggu 4 hari proses penjemuran #abisnya matahari cuma nongol setengah hari# , koook rasanya masih kemanisan banget yaa..Atas kesepakatan dengan Popi, ngga jadi dech dicicipin ke Abi.

Entar rencananya takaran gulanya mau aku kurangi.Cuma, baca2 referensi dari grup2 masak itu, kalo gulanya kurang, ngga akan terbentuk kristal putih nya.
Well..worth to try lah..mumpung masih ada stock stroberi yang udah aku blender dan aku bekuin di freezer.

Ini aku bikin tanpa tambahan pewarna makanan.Warna merah didapet dari buah strawberry yang aku blender.

Bikinnya gampang banget, cuma butuh extra sabar saat proses pengeringan di bawah sinar matahari.Apalagi belakangan , cuaca kurang mendukung, sebentar panass puoll trus tiba2 mendung dan hujsn guede.

Saat ngejemur, aku lapisi dengan kain tipis, biar ngga debuan 😉

BAHAN
1bungkus agar2 merk swallow globe warna bening,
air bening 1 gelas belimbing,
Gula pasir : 3/4 gelas belimbing ( menurutku masih kemanisan yaa kalo untuk konsumsi anak2 ),
Strawberi murni yang diblender : 1/4 gelas belimbing.

CARA :
campur semua bahan, masak hingga mendidih

Tuang ke cetakan, tipis aja biar gampang ngejemurnya

Trus kalo agar2 nya udah mengeras potong2 sesuai selera, tata di nampan ato loyang kue kering,

Jemur di bawah panas langsung sinar matahari hingga terbentuk kristal putih ( 3-4 hari, tergantung cuaca, kalo ujan diangkat yaaa..kalo malem juga ;-D )

Saat ngejemur, rajin2 dibolak balik permennya biar keringnya rata.Dan size nya akan menyusut seiring berkurangnya kadar air.

Siap dech disimpen.Katanya siih, awet sampe 3-4 bulan karna gula adalah pengawet alami buat makanan 😉

image

image

image

5 Comments »

Tips : Abi Susah Makan ( Lagi )

Hadeeuuh..Abi lagi rada susah makan nasinya udah 3hari ini.Sebelumnya siih gampaang bangeud , eehhh..sekarang lagi dateng susahnya.

Want to know something? Biasanya..lauk tambahan Abi saat makan adalah buah.??? Hehehe..iyaa, kadang kalo lagi suka, selain lauk dan sayur, begitu suapan nasi masuk mulut, disusul dech dengan buah, kadang pir, jeruk, persimon, mangga, jeruk bali, ato buah2 berasa lainnya yang Abi suka ( ps : nurun popi nya, Abi ngga suka buah2 cenderung kurang “berasa” kaya pepaya,semangka ato melon ).

Naah..sekarang, pake buah apa pun, teteup diemut bisa setengah jam.
Dibikinin keripik bayem untuk booster, juga didnt work so well.

Kalo udah gini , mominya perlu keluarin jurus pamungkas : bikin akal2an nasi.Biasanya , nasi dikemas jadi kroket, dimana sayur, daging, keju , dipulung jadi satu, goreng garing kaya kroket.

Ato bikin risotto , ato bikin cheesy baked rice.Semuanya cenderung gurih keju dan padet kalori.Sayur dan protein ( daging, telur, susu dan keju ), semua jadi satu paket.

Kadang juga nasinya diganti mie ( organik ) , bihun ato spagheti .Kalo macaroni , Abi nggak suka, juga mashed potato.Kalo kentang ato ubi, aku bumbuin minyak zaitun, sedikit merica, bawang putih, gula , garam, trus dioven buat cemilan karbo nya. Ato aku bikin pizza komplit, sandwich lengkap ato jagung kukus. Kadang bikin salad sayur ato buah bareng Abi, biar dia semangat.Salad nya bisa yang simple : sayuran dan buah2an, cuci bersih, dipotong2, aduk rata dengan dressingnya : minyak zaitun, garam, gula, perasan jeruk lemon, merica sedikit.Trus aduk dech buah dan sayurannya.Asem, manis, gurih, Abi suka ( lumayaan buat sumber vitamin kaan )

Cemilan juga dilebihin saat susah makan melanda.Suasana makan dibikin asyik, kadang kami piknik di atas, tempat jemur pakaian , ato makannya pake alas daun biar seru, ato bikin bento bareng.Well…jumpalitan cari ide hehe

Leave a comment »

“Mengukum” Anak.

image

Again, got that writing from somewhere at Social Media dan tangan ini gatel pengen nulis.

True! If we phisically punished the kid, he just remember onething : ” how not to get caught next time”. Disamping, tentu ada beberapa lagi dampak negative nya such as : anak jadi temperamental, ngga jujur ( untuk ngehindari hukuman ), ngga percaya diri de el el.

Jadi? kalo anak salah? ngga dihukum?
Well, I and Popi are not the expert.But for sure we both really hope to have a shaleh – good kid. Selama ini kami coba terapkan hukuman non fisik ie time out ato coba ajak dia menyepi dan ditanya, kenapa? Kenapa!

Kami juga lebih ke menanamkan rasa sayang orang tua ke Abi. No matter what he does, good or bad, we do love him sincerely. No cost! Yang kami tekankan adalah : Dia sayangkah pada kami? Kalo iya, kenapa dia bikin kami sediih? Kalo Abi ngelakuin sesuatu yang keliru , aku ngomong sama Abi dan enggak memperlakukan dia sebagai anak kecil, kadang aku nangis sambil ngomong kenapa aku sedih.Ya, beneran nangis. Reaksi Abi? Dia bingung, menyesal teramat sangat dengan ujung ikut menangis karna sudah bikin aku nangis.

Dan itu merupakan hukuman yang paling efektif untuk Abi. Dia ngerasa bersalah karna sudah bikin momi nya sedih.

Aku dan Popi juga sedari dini mengajarkan Abi hidup prihatin.Wanna get something? Do something.Nothing comes for free , we have to fight for it.He does something wrong? Repair.
Mengajarkannya untuk sayang dan “kasihan” pada orangtua yang ngga pernah berhenti berjuang untuknya.

Dan hal itu efektif buat Abi yang keras kepala.Setiap kali dia ngelakuin sesuatu which are not on the track, dia di time out dan selama masa time out, dia mengungkapkan, kenapa.Lalu kami pancing, jika A yang jadi penyebab dia memukul, dampak nya apa? kenapa dia tidak melakukan B, kok pilih memukul.

Kalo dia mukul, apa yang terjadi pada Popi dan Momi nya?

Tidakkah dia ingin popi dan mominya kelak masuk surga bersamanya dan dijemput oleh Abi?

Semua ditanya dgn bahasa singkat dan tegas.

Kelak kalo dia besar pun, ( semogaa tidak akan terjadi ) , saat dia berbuat keliru, kami akan menerapkan lebih baik kami menghukum diri kami yang gagal mendidiknya menjadi anak baik.# inspired by Gandhi

Kalopun Abi terpaksa dihukum, bukan karna momi dan popinya marah, emosi atau kecewa, melainkan karna tujuan mendidiknya menjadi lelaki sholeh, hanya itu.

We do love You , Nak.Bahkan Lukman pun memulai tahap pembesaran anak dengan kata ” JANGAN”.
Jangan sekutukan Allah.Maka Nak,  Jika kami berkata ” Jangan ” padamu, cobalah untuk maklum.Terkadang , beberapa hal tidak bisa diganti larangannya dari kata “jangan”

Leave a comment »

Cemilan Anak : Martabak Mini ( versi Tanpa Mixer )

Naaah…judulnya kan masih belum punya mixer hihi jadi…kalo bikin bikin cemilan,jadi yang ngga pake mixer 😀

Ini dapet dari grup masak di FB, resepnya Ibu  Rizki Widiastuti kalo ngga salah.Praktis dan gampang banget ^_^

Abi itu penggemar martabak, sekali duduk abis 3 potong, nyambung lagi, abis 2 potong 😀

BAHAN :
Untuk 12 buah martabak mini

150gram terigu protein sedang,
2butir telur,
150mili susu cair,
3sendok makan gula pasir,
setengah sendok teh ragi / fermipan,
seperempat sendok teh baking powder,
50gram butter ato margarine : lelehkan

Untuk Topping aku pake chunky skippy yang masi ada bulir kacang, meises dan keju parut

CARA BIKIN :
Di mangkuk : campur tepung, gula, baking powder dan susu, aduk rata dengan whisk .

Setelah merata, tambahkan fermipan, diamkan kurleb 1 jam.

Setelah 1 jam, di mangkuk terpisah , kocok telur dgn garpu, campur dengan butter leleh.Kocok hingga tercampur.

Tuang telur ke adonan tepung, aduk rata.

Siap cetak, bisa dengan snack maker ato pake wajan teflon juga bisa.

Awal adonan dituang, gunakan api besar, lalu super duper kecilin api agar mateng sempurna dan ngga gosong.

Siap ditopping 😉

image

image

Leave a comment »

Kelengkapan Lauknya Abi

Sampe sekarang, Abi ( masih ) cuma makan masakan momi nya.Well…kadang agak ribet juga ya kalo mau  jalan2, selalu nenteng cooler bag isi perbekalan Abi, walo cuma ke mall.

Seriing sih dicobain, diajak makan di resto non fast food ie RM Padang, RM Sunda , Resto Seafood , dia masih cuma mau makan nasi putihnya aja.Suatu ketika diajak makan sate pun, cuma nasi putih yang dimakan dan ujung2nya teteup..”makanan kaka yang momi masak mana, Mom? ”

Well..mungkinkah dia ngerasa masakan non momi nya rada asin? Karna emang aku batesin jumlah garam di lauk nya.Boro2 mau pake MSG, kecap pun aku masih pake merk khusus organik.Yaaah..harus dikit2 dibiasain terus yaaa.

Naah, balik ke masak buat Abi, untuk mempercepat proses memasak, biasanya aku udah siapin lauk siap goreng kaya : rolade daging ato ikan, bacem ayam ato tahu – tempe, perkedel kentang – daging , homemade chicken nugget ato sosis. Jadi tinggal siapin sayuran ato kuahnya.

Untuk daging2an, baik itu ayam, sapi ato ikan, biasanya suka diemut lamaaa oleh Abi.Untuk ngakalin, biasanya aku suir halus.# ini terinspirasi dari makanan rumah sakit, ayam ,ikan, sapi di woku, semur, pindang, masak tomat dan dimasak apa pun,semua dicincang oleh Rumah Sakit jadi anak2 gampang nelennya.

Naaah..Abi kan kalo makan suka ngemut, jadi diakalin dech, dimasak apa pun, lauknya dicincang pas mau makan.

Untuk tumisan sayur, aku tambahin cincang ayam, sapi ato udang giling.Jadi, aku selalu nyetok jatah mingguan.Beli ayam kampung giling, sapi giling, aku tumis dengan sedikit bawang putih, cincang lagi di talenan dengan pisau hingga rada halus dan ngga ngegumpel kalo dimulut Abi.

Udang, aku kupas dan cuci bersih, buang kulit, blender.Simpen dech di frezeer dalam plastik2 kecil untuk sekalu masak.

Diganti2 aja setiap minggunya biar ngga bosen.

Naah setiap mau numis, ini dipake untuk penyedap dan penambah nilai protein.

image

Leave a comment »

Cemilan Abi : Cake Pisang Coklat

Ini lagi2 judulnya ngabisin stock pisang ambon yang udah meranum dan sayaaang kalo mau dibuang. Dan ini dibikinnya waktu kemaren demem dan flu berat.Dan ini dibikinnya ngga berupa muffin karena tujuan kepraktisan.Dan ini bikinnya tanpa gula karna udah pake cokelat. Rasanya? bolu pisang rasa coklat , dua jenis rasa yang sama sama kuat.Daan dibikinnya tanpa mixer 😉

Abi? begitu mateng, masih dalam kondisi hangat, abis 2potong ukuran medium ,padahal baru selesai makan nasi tuuh.Asal jangan lupa sikat gigi ya, Nak…

BAHAN :
8buah pisang Ambon ranum, bejek2 dengan garpu, taburi dengan air jeruk nipis 1 buah * ini optional siih, tujuannya supaya pisang ngga berubah warna menjadi kehitaman*

100gram dark cooking chocolate
50mili susu UHT
50gram cream cheese *ini karna ada sisa, masukkin aja sekalian
100gram butter ato margarin
200gram terigu
1sendok makan susu bubuk
setengah sendok teh baking powder
2butir telur
Chocolate chip ( optional )

PERSIAPAN :
Lelehkan ( asal cair dan hangat aja ) butter, DCC, susu dan cream chesse

Kocok telur menggunakan garpu

Ayak tepung campur dengan susu bubuk dan baking powder

CARA :
Setelah telur dikocok, tambahkan pisang, lalu terigu disusul lelehan coklat tadi.

Aduk secukupnya, tambahkan chocolate chip

Oven hingga matang.

Gampang banget kan?

image

Leave a comment »

Something about Hijab

image

Got this writing from somewhere at social media and dunno know why agak sedikit kepingin nulis.Well it’s definitely *Inshaallah* NOT me.

Wearing hijab never makes me feel that i have a better quality of iman, akhlak or whatsoever, NO.That’s not the purpose of wearing it and i do belive so do many other women who wear hijab think the same.

Naif banget yaaa kalo sampe ada pikiran gitu.Jilbab ya jilbab.Itu cara menutup aurat yang diperintahkan Allah pada muslimah, tercantum di Quran.Jilbab itu wajib bagi muslimah.

Ngga ada hubungannya sama alim, sholehah, wanita lebih baik, wanita sempurna.Tapi yang jelas, dengan berjilbab, kita sudah melakukan perintahNya.

Yang belum? Yaaa jelas bukan urusan yang berjilbab dooong..Setiap orang toh akan mempertanggungjawabkan setiap detil perbuatannya masing2, di hari penghisaban kelak. Jadi, selama belum ada kepastian tentang tiket masuk surga, ngga usah lah ngurusin amal ato dosa orang lain.

Eittss..tapi bukankah Islam itu menyerukan untuk saling menasihati dalam kebaikan? Well..kalo menurut saya nih yaa, dengan kita menggunakan jilbab yang benar, maksudnya yang benar ya benar di cara berbusana , disesuaikan dgn penjagaan akhlak dan lisan ( well.. jika jilbab sudah ngejaga kita, sudah seharusnya kan, kita juga ngejaga jilbab kita ), dan ngga usilan, inshaallah itu udah merupakan “ajakan” kook bagi yang belum.

Coba bayangin, kita berjilbab, baju ketat ngebentuk tubuh, transparan mengundang mata, ehhh udah gitu kelakuan juga nyebelin, ngerasa paling bener , paling alim..sukaanya mencela yang belum pake , yaaahh..gimana saudari2 kita yang belum berjilbab jadi tertarik untuk ikut make kan?

Tapi teteup, buat saya, berjilbab itu kewajiban.Yaaahh..walo saya juga telaaaat banget yaa ngejalani nya.Tetep Alhamdulillah..masih diberi kesempatan untuk belajar dan berusaha menjadi lebih baik * inshaallah..

Leave a comment »