Riniivan's Blog

Something about my life

Cemilan Anak dan Dewasa : Wingko Babat Empuk^^

on May 5, 2014

Sore ini bikin yang kedua kalinya.Yess, yang pertama bikin bisa dibilang gagal ya, karna teksturnya alot banget pas udah dingin hehe #walo tetep aja abis karna dimakannya anget2, daaan..Kakayo suka!

Sekali ini, bikin versi empuknya setelah ngobrol2 sama Popi tentang tekstur wingko ku yang pertama.

Hasilnya? bisa dibilang perfecto! empuk dan gurih.Daaan…tetap empuk walo dimakannya pas udah dingin.Margarin diskip, dan airnya dibanyakin.Aku pake air kelapa plus santan, kebetulan pas ke pasar , beli kelapa parut Minggu kemaren, aku minta aer kelapanya dari abang penjual, yang biasanya  si aer ith aku stock di frezeer untuk digunakan kalo sewaktu waktu mau ngebacem, lebih guriih ^^

Owiya, resep tetep bersumber dari grup masak ibu2 di FB, tapi lupa ownernya, bapak2 kalo ngga salah.Tentu dengan modifikasi, telur dan mentega di skip, gula dikurangi ^^

BAHAN :
300gram kelapa parut agak muda yang dikupas,
150gram tepung ketan putih ( aku pake merk Rosebrand ),
Gula 75 gram , aku pake gula halus , untuk manis, sesuain aja sama selera, cicipi adonan, tambah gula kalo dirasa kurang manis.
150mili aer kelapa,
seperempat sendok teh garam,
1bungkus santan instant #aku pake merk Kara yang size kecil

CARA BIKIN :
Di wadah, campur kelapa, gula dan garam, aduk rata, endapkan kurang lebih 30menit.

Tambah air kelapa dan santan, aduk rata, diamkan 30menit ( aku satu jam karna sambil ngajak maen Kakak yang hari itu rada posessive mau sama mominya terus )

Siap deh dibakar.Aku pake cetakan snack maker yang untuk bikin kue lumpur ato martabak mini itu.

Kalo ngga ada cetakan jenis ini, bisa pake wajan teflon kook.

Tuang 1sendok makan adonan ke cetakan, bakar dengan api super kecil agar matengnya merata sambil dirapi2in adonannya.

Jika udah kekuningan, balik.Jadi selama diproses bakar, adonan itu ngga usah ditekan2 ke teflonnya, biar ngga keras.

Taraaa…siap dech disantap.Nyisa cuma beberapa potong karna Popi dan Kakak sukaa pake banget.Daaaan sore tadi, pipi momi dikecup dech oleh dua lelaki sumber kebahagiaanku ituu..Alhamdulillah..

ini adalah wingko edisi pertamaku yang alot itu :

image

Naaah ini yang tadi sore bikin, tekstur adonan  yang siap dibakar, aernya dibanyakin biar empuk wingko nya :

image

Saat proses pembakaran :

image

Dan ini hasil jadinya :

image

image


One response to “Cemilan Anak dan Dewasa : Wingko Babat Empuk^^

  1. […] Untuk kemaren pun, bikin lagi, ngga banyak sih, jadi sekitar 20biji, dan sekarang nyisa 2 doang😀. Resep udah pernah dishare disini https://riniivan.wordpress.com/2014/05/05/cemilan-anak-dan-dewasa-wingko-babat-empuk/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s