Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Cemilan : Onde Onde Empuk

on May 9, 2014

Ini bikin isian kacang ijonya udah dari hari Minggu yang lalu, tadinya mau bikin kue ku, tapi ngga punya cetakannya.Mau bikin onde onde, belum ada wijennya hehe, jadi disimpen dulu dech isian kacang ijo nya di chiller.

Daan kemaren ada kesempatan ke TBK deket rumah, mo beli meises dan skippy untuk isian roti sarapan, sekalian dech beli wijen.# beli meises dan skippy di TBK lebih muraah daripada di hypermarket ato Farmer Market😉

Daan, seabis masak pagi2,saat Kaka belum bangun, dieksekusilah si onde onde.
Pengalaman dulu pernah bikin onde2, setelah dibesokin, teksturnya suka jadi keras dan alot.Naaah, untuk ngakali, dicampur kentang rebus yang dihaluskan.Hasilnya bener2 empuk.Kakak habis 4biji lhoo..

BAHAN ISI :
150gram kacang hijau kupas, rendam 3-4 jam, rebus
Gula pasir halus sesuai selera manis
Garam seperempat sendok teh
Santan kental , aku pake Kara instan yang sachet kecil

Setelah kacang hijau empuk, saring airnya, blender halus bersama gula dan garam
Panaskan kembali bersama santan hingga kering dan bisa dipulung, sisihkan

BAHAN KULIT :
200gram tepung ketan
2 buah kentang ukuran sedang -kecil, rebus, haluskan ( aku blender, jadi halus banget )
Garam seperempat sendok teh
Gula halus 2 sendok makan
Air secukupnya, untuk ngulenin hingga adonan kalis.
Wijen  kurleb 80gram

CARA :
Campur tepung , kentang halus, gula dan  garam.Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni.
Jika udah kalis, ambil sesuai selera ukuran, isi dengan bahan isian, bulatkan dan gulingkan ke wijen hingga merata
Goreng di minyak panas sedang api kecil aja biar mateng merata.

Done ^_^

image

image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s