Riniivan's Blog

Something about my life

Permen Jelly Agar2 Home Made

on May 25, 2014

Ini judulnya penasaran , jadi aku coba bikin.Abisnya, di group2 masak yang aku join di FB, pada ruameee banget bikin permen ini.

Toh sebenernya aku bukan penggemar permen kunyah ato jelly ato permen agar agar, Popi juga ngga suka, kita makan permen paling pas di pesawat, saat mau take off .Abi? Apalagi #Alhamdulillah#.Beberapa kali Abi pernah dikasih permen sama om ato tante nya, dia selalu nolak, ” Kaka ngga makan pemen oom, nanti giginya yusak ” , gitu katanya.

Jadi, bikin ini karna penasaran, daan buat stock juga siih hehe..tadinya mau coba dicicipin ke Abi, permen bikinan momi.Tapiiii…setelah menunggu 4 hari proses penjemuran #abisnya matahari cuma nongol setengah hari# , koook rasanya masih kemanisan banget yaa..Atas kesepakatan dengan Popi, ngga jadi dech dicicipin ke Abi.

Entar rencananya takaran gulanya mau aku kurangi.Cuma, baca2 referensi dari grup2 masak itu, kalo gulanya kurang, ngga akan terbentuk kristal putih nya.
Well..worth to try lah..mumpung masih ada stock stroberi yang udah aku blender dan aku bekuin di freezer.

Ini aku bikin tanpa tambahan pewarna makanan.Warna merah didapet dari buah strawberry yang aku blender.

Bikinnya gampang banget, cuma butuh extra sabar saat proses pengeringan di bawah sinar matahari.Apalagi belakangan , cuaca kurang mendukung, sebentar panass puoll trus tiba2 mendung dan hujsn guede.

Saat ngejemur, aku lapisi dengan kain tipis, biar ngga debuan😉

BAHAN
1bungkus agar2 merk swallow globe warna bening,
air bening 1 gelas belimbing,
Gula pasir : 3/4 gelas belimbing ( menurutku masih kemanisan yaa kalo untuk konsumsi anak2 ),
Strawberi murni yang diblender : 1/4 gelas belimbing.

CARA :
campur semua bahan, masak hingga mendidih

Tuang ke cetakan, tipis aja biar gampang ngejemurnya

Trus kalo agar2 nya udah mengeras potong2 sesuai selera, tata di nampan ato loyang kue kering,

Jemur di bawah panas langsung sinar matahari hingga terbentuk kristal putih ( 3-4 hari, tergantung cuaca, kalo ujan diangkat yaaa..kalo malem juga ;-D )

Saat ngejemur, rajin2 dibolak balik permennya biar keringnya rata.Dan size nya akan menyusut seiring berkurangnya kadar air.

Siap dech disimpen.Katanya siih, awet sampe 3-4 bulan karna gula adalah pengawet alami buat makanan😉

image

image

image


5 responses to “Permen Jelly Agar2 Home Made

  1. alyachilla says:

    makasih, sangat bermanfaat🙂

  2. mega says:

    Mbak mau tanya…permen agar2 buatan ku uda jadi tp pas mau d potong dri dlm loyang, kok susah n lengket banget yaaaa
    Masalahnya dimana ya mbak, aq masaknya ± 30mnt

    • riniivan says:

      hello mba Mega,kalo agar2, harusnya sih ngga lengket ya, ato coba loyangnya dibasahin dulu denga air, sebelum agar 2 dituang, dan pastikan uap panas sudah berkurang saat dituang .Agar2 disimpen dulu /didinginkan sebeum dilepas dari loyangnya.Semoga membantu ya mba

  3. wahyu says:

    kalo ngga pake strawberry blender tetep bisa ngga mba?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s