Riniivan's Blog

Something about my life

Olahan Ayam : Yangnyeom Tongdak : Ayam Gurih, Asam, Manis, Pedas Khas Korea

on May 27, 2014

Awal Mujigae buka cabangnya di Mall Summarecon Serpong, Momi nyobain kesana bareng mimi Iis ( ditraktir pula oleh mimi hehe  ).Naaah..karna Popi itu selera makannya lokal banget, dijamin ngga akan cocok lidah beliau kalo diajak *hmmm…begitu mencium aroma saat kita masuk resto pun, Popi udah ngga nyaman perut a.k.a mual hehe*, tapi karna pengen ngebeliin sesuatu buat Popi, momi pilih ayam yang namanya Yangnyeom Tongdak, ayamnya dimasak bumbu merah tomat gitu..Alhamdulillah, karna Popi menyantap ayamnya di rumah, masih bisa cocok heuheu.

Trus, latar belakang kenapa momi bikin ini adalah karna….di freezer ada stock chicken fillet.Mau dibikin nasi goreng, ayam suir pedas , soto ato chicken teriyaki kok yaa kurang greget yaa saking udah beberapa kali muter jenis lauk nya.Hmmm..ngegoogling, dapet resep ini di tabloid nova .

Kemaren, menjelang buka puasa, saat nyiapin teh manis hangat untuk buka dan snack sore buat Popi dan Abi, aku bikin dulu saus cabe khas korea nya untuk kemudian simpen di kulkas.Lalu ayamnya aku rendam bumbu rendaman dulu biar meresap untuk diolah besoknya

BAHAN SAUS CABE
4sendok makan bubuk cabai,
4 sendok makan kecap asin,
4sendok makan gula pasir,
2sendok makan tepung ketan,
2buah jeruk nipis peras airnya
2sendok makan saus cabe
4sendok makan saus tomat

CARA :
Di mangkuk : aduk semua bahan kecuali tepung ketan hingga merata.
Lalu masukkan tepung ketan, aduk rata.
Siap dech, bisa disimpen di kulkas untuk kebutuhan memasak besoknya

image

Naah, tadi pagi, setelah beres dengan urusan bersih bersih rumah dan teras depan,lalu menikmati roti dengan  selai dulce de leche plus kopi susu panas mengepul , lalu aku on the go masak🙂 *untungnya film di tv kabel ngga ada yg sreg, jadi ngga tergoda nonton heuheu*

Bikin sayur kacang jagung dimasak asam manis pedas kaya sayur asem, tapi kuahnya pake kaldu biar gurih, lalu iris2 bawang bombay, tomat, ayam dan sosis untuk bikin topping pizza buat snack sore entar, sekalian ngegoreng ayamnya untuk si Yangnyeom Tongdak

BAHAN :
5potong ayam fillet, aku iris tipis bagi 2 lagi
Untuk rendaman :
1 putih telur
Susu UHT 50 mili
Bawang putih halus 3sendok teh
Merica secukupnya
Garam gula secukupnya

Untuk  tepung balurannya aku pake creezpy, tepung siap pakai non MSG, No chemicals kaya BP ato soda kue.Belinya on line biasanya di toko2 yang ngejual bahan2 makanan organik

Ayam diaduk rata ke bahan rendaman, diamkan semalaman ( 1 jam juga ngga papa kook )

Wijen sangrai : 2sendok makan
Minyak wijen 2sendok makan
Saus Cabai

CARA :

Dari rendaman, balur rata ayam dengan tepung,remas2 biar nempel rata ketok2 biar tepungnya luruh, goreng di minyak panas sedang dan banyak. ( deep fried ).

Setelah setengah matang, angkat ayam, lalu goreng ulang hingga kecoklatan.Sisihkan

Dengan minyak wijen, tumis saus sambal, masukkan ayam dan wijen sangrai. Aduk2 hingga bumbu meresap.

Tata di piring saji, taburi wijen sangrai.

Hmmm dimakan pake nasi hangat nom..nom…Pedas, manis, gurih dan asam berpadu jadi satu, khas Korea ^_^

image

image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s