Riniivan's Blog

Something about my life

Kue Manis Khas Manado : POPACO

on June 1, 2014

Alhamdulillah…done with the preparation for weekly stock. Yes, aku selalu nyetok lauk pauk mingguan  jadi setiap pagi tinggal goreng atau tumis aja.
Karna kan semua aku yang kerjain, sementara semua urusan rumah harus udah kelar sebelum Abi bangun, jadi I dont actually have so much time in the morning. Abi bangun, aku harus udah mandi, rapi dan wangi untuk selanjutnya maen dan belajar sama Abi.

Naah..untuk efisiensi waktu, biasanya untuk lauk, udah aku siapin sampe yaa..3/4 jadi.  Malem sebelum bobo, sayuran dan bumbu2 udah aku rajang dan siapin. Jam 4bangun, osreng osreng di dapur,beres sebelum subuh,  ba’da subuh , bersih2 rumah.Jam 8 ato jam 9, beres dari depan ke belakang, bagian atas dan bawah rumah.

Untuk minggu ini, aku udah siapin chicken wing ala pizza hut yang udah diungkep mateng dan tinggal di pan fried pas mau dimakan, juga udah goreng kering tempe dan kacang tanah untuk bikin orak arik sambel tempe, ayam udah dibumbui dan diungkep dengan bumbu garang asem , Ayam untuk digoreng ala KFC udah aku ungkep biar mateng sempurna, kelapa untuk urap udah siap di frezeer , udah digongseng kering dengan bumbu2 nya yang wangi itu.

Naah..tinggal bikin sayuran atau kuah kan?  Owiya..Bahkan untuk cemilan sore pun beberapa udah aku siapin  kaya donat, udah digoreng, dikemas dan disimpen di frezeer.Saat mau dimakan, tinggal masuki  microwave dan ditopping, adonan bola bola keju pun udah duduk manis di frezeer, juga pizza, baik adonan rotinya juga adonan topping nya.

Hehehe ada untungnya juga kemaren beli frezeer khusus untuk nyimpen ASIP .Sekarang bisa dipake untuk nyimpen bahan makanan😀

Naahh..sekarang saatnya duduk manis setelah mandi dan sholat Isya sambil menikmati dua porsi kue Popaco.

Hmm…popaco itu kue khas Manado yang aku suka banget .Udah lama kangen sama kue ini.Manis, legit , bercampur gurihnya santan sebagai sausnya. Dulu , biasa menikmati kue ini di Beautika dan sekarang.. bikin aja sendiri, porsi kecil.

Mirip rasanya sama yang di Beautika😉, bikinnya guampaaaang banget. Hehehe..Popi dan Abi udah dipastikan nggak bakal suka dech, toh anyway, mereka masih punya stock bubur sumsum di kulkas. Jadi, ini khusus untuk sweet treat nya momi ato untuk tajil saat berbuka puasa minggu ini😉

Owiya, untuk mangkoknya, aku pake daun pisang yang aku cetak sedemikian rupa ngebentuk mangkok2 kecil, dan takaran berikut menghasilkan 10buah kue popaco

Tapi kalo males ato keterbatasan stok daun, untuk mangkuknya bisa juga pake mangkuk plastik yang biasa dipake untuk puding kok.

BAHAN :

2sendok makan tepung beras
2 buah gula aren , rebus dengan sedikit garam dan air puth sebanyak 2 gelas belimbing, saring dan dinginkan,
1 sendok makan tepung maizena,
Daun pandan , 3 lembar, ikat simpul,
Santan Kara yang 200 mili 1 kotak

CARA :
Campur semua bahan, masak hingga mengental, mencoklat dan meletup2 ,buang daun pandan, sisihkan

BIKIN SAUSNYA :
1 kotak santan Kara 200mili
air bening setengah gelas
1 sendok makan tepung maizena
Garam sesuai selera

Masak semua bahan dengan  api kecil hingga mengental dan meletup2

PENYAJIAN :
Tuang adonan  popaco ke mangkuk, siram dengan  adonan saus santan.Disajikan dingin lebih legit dan nikmat ^_^

image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s