Riniivan's Blog

Something about my life

Another Session of Coversation with Abi

on June 4, 2014

Abi itu, sekilas, bagi mereka yang belum berkesempatan untuk bisa ngobrol banyak, terkesan kalem dan pendiem. Yes, dari dia di dalem perut mominya, udah jagoo “minjem sifat”. Tiap hari Sabtu, saat jadwal USG ke dokter kandungan, dia dieeeeem aja, entah tidur, ato sengaja kalem.Dokternya coba menggelitik2 dia dengan alat USG pun Abi ngga bereaksi.Diem aja, sampe2 dokternya super khawatir Abi kurang gerak dan ngga aktif.

Padahaaall ya, aslinya sehari2 siang dan malem, itu mungkin maen bola didalem perut momi nya.Biasa banget tuh pemandangan yang dilihat popi dan mominya posisi dan perut momi yang jendal jendul sana sini, kegambar telapak kakinya dengan jelas di perut yang sebesar anak dinosaurus hehehe..Kalo mominya lagi ngantor, dia cooling down , kalo lagi con call dengan  orang2 group ( which was 2 hari sekali and  conducted in English ), dia nampak seneng banget sesekali lelompatan ( kerasa banget gerakannya ) , tapi kalo malem, saat ngumpul dengan Popi, saat ngerjain soal2 matematika dengan Popi, itu anak jumpalitan dengan gerakan super cepat, kadang ngejendol di perut atas menohok ulu hati, kadang perut samping dan tiba2 perut bawah hahaha..Agak cooling down saat mominya ngaji ato didengerin CD Mozart . Tiap malem, Popi harus selalu ngingeti anak bageur di perut istrinya untuk ngebiarin momi istirahat saking aktif gerakannya. Hahaha.

Naaah..sekarang, dirumah pun, ngga bisa diem.Bobo pun muter2 dan suka tiba2 duduk, cerita tentang Barney ato shape kesukaannya .Bisa gegulingan hingga ke lantai * untungnya pake kasur nggak di ranjang tinggi *, ngiggau kadang pake bahasa Inggris , yang membuat Popinya senyum, ato ngomongin kucingnya.Itu dia lakuin saat bobo, trus duduk, trus nyerocos, trus plekk..bobo lagi.

Rumah? hmm…menjadi ladang kreatifitasnya.Bisa jadi planet, bisa jadi hutan, bisa jadi area camping, bisa jadi jembatan ato arena racing.Semua based on khayalan dia dan momi popinya harus jadi pemeran pembantu ( biasanya siih jadi bagian yang tertindas dan ditolong oleh Super Kakayo ato jadi bagian yang kalah racing karna mobil popi momi nya tiba2 aja mogok atas instruksi Abi trus dooong ditolong oleh jagoan Kakayo heueheuehe )

Kalo lagi ngga maen, dia akan cerita tentang banyak hal yang seringkali bikin melongo trus bikin ngakak.

Antara lain :
Di Bandung, halaman depan rumah dibikin Warung Nasi Soto yang dikelola oleh adeknya Yangma nya Abi.Rumah Bandung itu rumah tua , didirikan sejak jaman Belanda dan dulunya bekas gudang usaha kayu dengan halaman yang luass seluas lapangan futsal.

Saat maen ke Bandung, warung Soto itu jadi tempat nongkrong favoritnya Abi karna disana ada Aki kesayangannya yang juga kesayangan seluruh cucu2 se Bandung. Disamping itu, kayanya karena Abi bisa ” tampil” dan rada narsis disana karna semua orang ngedengerin dia dan men treat Abi kaya anak gede.

Setelah kita pulang ke Tangerang, beberapa hari kemudian, terdengar berita, Enin, tante kami, khawatir dan rada ketakutan tingkat tinggi menempati warung itu.Telisik punya telisik, salah satu penyebabnya adalah “ulah jahil” nya Abi.

Kok??

Iya, disuatu senja, saat warung dijaga oleh Aki, Enin dan Tante nya Abi, dan Ahi lagi nongkrong disana, Abi menunjuk ke arah bilik kecil yang biasanya dipake sebagai tempat istirahat saat warung sedang di jam2 sepi pengunjung. Lalu dengan  mimik seriusnya abi bilang gini : ” Aki sama Enin, ati2 yaaa kalo ke kamar situ, tuuhh..tuhh..ngiat..ngiat..Kaka ngiat ada bayangan badan tuuuh..ngga ada kepalanya tuuh..Aki ngiat ngga ??.sstt ”

Itu asli Eninnya Abi langsung parno dooong…

Berminggu berselang, barulah momi dan popi tau cerita itu dari Yangma.Ya jelas doooong momi ketakutan.Apa Abi punya kemampuan melihat wujud mahluk beda dimensi? waaahh ngga nyaman banget kalo pas cuma berdua Abi doang, trus dia ngeliat mahluk2 dengan wujud tak biasa dan digambarkannya ke mominya, bisa pengsan kali ya heheheh..

Tapi..yang dilakuin Popi? Dengan tenang pas momennya tepat ( pas mau bobo, Abi maunya selalu minta dikelonin sama Popinya ), Popi mancing2 Abi tentang warung Soto nya Aki daan mancing2 tentang bayangan tanpa kepala di bilik warung.

Trus dooong jawaban Abi dengan nada sangat orang tua bijak banget ( yang bikin momi pengeeeen banget ngunyel2 ): ” Iya..pop…maksud Kaka itu yang ngga ada kepalanya, jaket Aki yang digantung didinding kamar Pop,  kan ngga ada kepalanya, cuma badan aja”

Ato di lain waktu, biasanya, 2 minggu sekali, Yangpa nya Abi nginep dirumah over the weekend, which is Abi sangat antusias dan semangat.Kalo udah minggu sore, biasanya Yangpanya kan mo pulang tuuh, Abi suka feeling blue.Sampe suatu ketika, kembali dengan  gaya ngomongnya yang “tua”, sambil tepok2 bahu Yangpa nya dia ngomong gini : “Yangpa, sebenernya Kaka masih mau maen sama Yangpa.Tapii…Yangma udah kangen, pengen Yangpa pulang.Kalo kaka kan masih ada momi popinya, jadii ngga apa2 Yangpa pulang ya, biar Yangma ngga sedih ”

Pernah juga Abi ngobrol dengan tetangga depan rumah yang dipanggilnya Opa. Opa ini mobilnya ada dua. ” Opa, ngiat Opa, mobil Kaka cuma satu, tapi Kaka seneng, mominya dirumah, ngga kerja.Yang kerja Popi aja..Kalo popi harus kerja, kalo Popi ngga kerja, nanti rumah kaka diambil sama oom bank” . Ato saat opa itu lagi nyuci mobilnya di jalan dan air kerannya ngelir dibiarin terbuka, Abi akan ngingetin ” Opa…itu aernya jangan dibuang2 , kasiann Opa, mending dikasihin ke rumput ”

Ah..Opa pun bengong dan  kemudian nanya, umurnya berapa tahun ya Bu?

Hehe..belum lagi jawaban2 taktis darinya setiap kali momi memintanya untuk melakukan ato tidak melakukan sesuatu.Butuh kesabaran extra dan teknik menyuruh yang banyak, agar instruksi momi dijalani Abi tanpa berujung emosi dan meninggikan nada suara.

He’s growing up, and he’s our Abisha .Anugrah Indah dari Tuhan ^^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s