Riniivan's Blog

Something about my life

Cemilan Abi : PEMPEK ADAAN

on June 10, 2014

Masih dalam rangka memanfaatkan daging fillet ikan tenggiri sisa dari stok lauk Abi kemaren, setelah dikumpul2in, dapet daging tenggiri semangkok penuh ukuran lumayaaan.

Naaah..separohnya aku manfaati  untuk isian siomay,  separoh lagi untuk bikin  pempek adaan.Kenapa adaan? Karna gampang dan karna di freezer masih ada stock pempek lenjer, pempek sosis ( bikin sendiri beberapa waktu lalu ) dan pempek kulit ( dikirimin temen ,dari Palembang , yang supeeer baek hati )

Hasilnya emang ngga banyak banget siih, sekitar 25 biji, lumayaan bisa disimpen buat stok dan tinggal goreng buat snack Abi ato Popi.

Biar ngga anyir banget ( maklum…popi bukan penggemar ikan ), aku banyakin irisan daun bawang nya.

BAHAN :
200gram ikan tenggiri filet, haluskan
150 gram tepung sagu
3 batang daun  bawang iris halus
6 siung bawang merah halus
5 siung bawang putih halus
Gula, garam, merica sesuai selera
Telor ayam : 1 butir , kocok lepas
Santan instan Kara yg sachet kecil sekitar 65 mili

CARA :

Uleni hingga tercampur rata : daging ikan, telor, daun bawang, bawang merah putih, gula, garam , merica dan santan.

Lalu tambahkan tepung kanji, aduk hingga tercampur saja , jangan banyak diuleni agar tekstur pempek tetap lembut.

Tekstur adonan memang akan lembek, supaya gampang ngebentuknya,jangan pernah tergoda untuk nambahin tepung ke adonan yaaa..hehehe… baluri aja tangan dengan tepung sagu.

Siapkan wajan dengan minyak banyak ( saat digoreng, pempek harus tenggelam dalam minyak ) dan panas sedang ( agar merata matengnya hingga ke dalam ),

bulatkan pempek, masukkan dalam minyak, goreng.

Jika mau langsung disantap, goreng hingga garing ( api keci – sedang ya ), tapi kalo mau disimpen buat stock, goreng setengah mateng aja, saat mau disantap, baru dech digoreng hingga garing kecoklatan
image

image

image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s