Riniivan's Blog

Something about my life

Puding Kentang Gula Merah

on August 19, 2014

Ceritanya kemaren pas ke pasar, saya beli kentang dalam jumlah lumayan banyaak hihi simply karna yang jualan adalah mbah2 tuaaaa banget.

2buah kentang udah berganti rupa menjadi perkedel kentang daging.Naaah..takut kentangnya membusuk ( well..kualitas kentangnya ngga gitu bagus ya,mungkin peraman? ), semua kentang (dikurangi yang kualitas jelek mungkin sekitar 800gram ), saya rebus ( hehe..males ngeluarin dandang, jadi ngga dikukus dech ).

Kentang rebus itu saya haluskan manual (hihi..again males nyuci blender ) dan saya bagi dua, sepertiga saya niatin bikin puding kentang, 2/3 nya lagi rencana mau diolah jadi cemilan untuk lusa ato besok.

Popi lagi radang tenggorokan dan flu, jadi mudah2an adem di tenggorokan dan semoga beliau suka😀

Hasil ngegoogle, terdampar di  blog keren Hesti’s Kitchen tapi saya bikin porsi setengahnya karna ini kan baru percobaan bikin pertama, takutnya ngga pada suka , bisa blenger sayanya ngabisin seloyang sendirian. Saya pake loyang brownies🙂 Owiya, ini nih link nya : http://hesti-myworkofart.blogspot.com/2014/06/puding-kentang-gula-merah.html?m=1
dan ini versi saya

BAHAN
Untuk puding kentang :
200gram kentang, rebus, haluskan dan sisihkan
25gram tepung maizena
25gram tepung terigu
30gram susu bubuk
200mili susu UHT
1sendok makan butter, lelehkan
Gula pasir 3 sendok makan
sejumput garam
telur 2butir

CARA untuk bikin puding kentang :

kocok telur dan gula hingga mengembang ( ngga sampe kaku kook ),
masukkan berturut2 : kentang halus, tepung, susu bubuk, vanilli bubuk, garam kocok dengan speed rendah

Tuang susu UHT, kocok pelan, tuang butter leleh, kocok dengan speed rendah hingga tercampur rata.

Tuang adonan ke loyang yang sebelumnya sudah dioles margarin agak tebal ( biar ngga lengket ), kukus dengan api sedang sekitar 30menit.Tutup kukusan dilapisi kain bersih agar uap ngga netes.

Sementara itu, mari kita siapkan lapisan agar gula merahnya

BAHAN
Untuk lapisan gula merah

1bungkus agar2 putih
100gram gula aren, sisir halus dan rebus dengan 50mili air
300mili santan kental (aku pake kara ),
1butir telur
sejumput garam

CARA bikin lapisan gula merah :

Kocok lepas telur
Rebus santan ,gula cair, agar2,garam dan telur kocok, selalu aduk2 agar adonan santan tidak pecah, begitu mendidih pertama, langsung matikan api.

Saring adonan, tuang perlahan ke atas adonan puding kentang, dinginkan dan simpan di kulkas

Alhamdulillah Popi suka walo Abi ngga begitu suka

image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s