Riniivan's Blog

Something about my life

Calistung Buat Abi ?

on September 26, 2014

Well, entah apa karna saya ini narsis dari sono nya, atau apakah saya ini emang berbakat jadi guru sehingga ingin selalu bisa spread a knowledge alias bagi2 ilmu lebih tepatnya info, jadi, saya ini termasuk active user of facebook, yang bukan cuma stalking news feed ato komen di status orang, tapi juga *sangat* aktif upload foto ato update status.

Isi timeline saya emang bukan isi curhat ato makian kepada pihak lain, kebanyakan adalah foto2 aktivitas saya dan Abi ato foto masakan2 saya, disertai beberapa baris narasi yang ngejelasin isi foto.šŸ˜€

Naaah..tentang aktivitas saya dengan Abi, tentu sebagian besar ( malah hampir seluruhnya ) adalah momen di #sekolahbumomi , bukan foto2 selfie kami berdua kook.Percaya dech, untuk yang berselfie ria trus diupload kayanya udah bukan gaya saya lagi hehehe

Unfortunately, beberapa kali , status itu menuai pro dan kontra.Beberapa teman agak terganggu melihat foto2 aktivitas Abi.Bahkan beberapa mengirim Personal Message ke saya dan juga mengirimkan beberapa link dari pakar2 psikolog anak, untuk bahan pertimbangan saya.Padahal, yang mereka lihat itu hanyalah gambar, sepotong kecil frame dari total keseluruhan kejadian.Saya tetap khusnudzon, maksud mereka baik.Mereka sayang dan care pada Abi #Alhamdulillah…

Jadi ingin sedikit flash back, dari Abi masih di perut, setiap malam saya udah “kursus” matematika.Iyes, tiap malem dapet soal2 dari Popi , saya kerjain, lalu kita bahas bareng.Kami membeli buku2 latihan soal Matematikan Dasar dan Popi mendownlown E-Book soal2 Matematika Teknik. Itu “makanan” saya setiap malam .

Kami tidak hanya membaca Surat2 di Quran beserta artinya, namun juga memperdalam tafsir beberapa Surat disertai membaca Azbabun Nuzul nya.Juga, Abi selalu dibacakan cerita dongeng Islami tentang sejarah Para Nabi dan 99 Asmaul Husna.Itu dilakukan saat Abi masih dalam kandungan.Kami selalu berdiskusi tentang banyak hal, menggali sumber, mendiskusikan lagi.

Usianya 5 bulan ( saya masih working mom), Abi udah sekolah.Well..jangan bayangkan sekolah beneran ya, hihi, melainkan sekolah bayi.Ngapain aja? Abi dilatih banyak hal kaya : gym, manjat, ngerangkak, flash card, aneka suhu benda, aneka bau2, aneka tekstur benda, aneka suara,aneka alat musik dll, dst.Tapi ngga lama sih, Abi bosen, ngga pernah kita paksa

Sejak usianya 2.5 thn, saya full di rumah, maka mulailah toddler homeschooling activities.CALISTUNG bukanlah pokok bahasan utama kami, melainkan melatih motoriknya Abi, membuat garis, menggunting, mengelem.Yangmana Alhamdulillah bermanfaat.Sejak 3thn kurang, Abi udah bisa kancingin baju sendiri, pake celana , sepatu, sendiri.

Tapi ngga dipungkirin, sejak 3thn lebih, Abi mulai saya kenalkan dgn huruf dan angka, tetap memakai metode #FLASHING ,BUKAN cara konvensional,Ā  BUKAN tracing dot to dot.
Jangan heran, kalo rumah selalu penuh tempelan, gambar, dimana2.Saat awal2 “homeschooling” ala2 momi dulu dilakukan, rumah hanya rapih saat Abi tidur.Othet than that? hehehe..penuh dengan kreativitas kami.

Saat belajar vocab English pun, dikemas dalam bentuk games.Kami menyeruduk kolong, manjat kursi,dan he’s happy, bahkan selalu nagih.Dan utamanya, saya TIDAK pernah ngetes ato menguji Abi, apa pun itu.Pengetesan atau pertanyaan yang sifatnya #MENGUJI adalah hal yang tabu dirumah kami.Tapi kami sangat royal terhadap #PUJIAN, pelukan, kalimat2 penyemangat.Tidak pernah ada kata #SALAH , apapun yang Abi lakukan dalam konteks nya belajar.Biki. angka 5 terbalik, matahari diwarnai dengan hitam, bikin huruf dengan lucu, tidak pernah kami salahkan.Jika ditanya lebih lanjut, kenapa begitu, ternyata justru kami yang bertasbih, Mashaallah, imaginasinya luar biasa.Dia punya alasan tersendiri kenapa melakukan itu.

Kalo sekarang dia udah bisa menulis beberapa huruf, itu dia sendiri yang mulai dan bisa.Tanpa pernah Kami minta.Tugas kami adalah menggali potensinya, merangsang nalar dan logika nya serta mnyediakan fasilitasnya.Jangan heran kalo Abi sudah “menghabiskan” 5 buku agenda yang ngga tipis untuk kesehariannya, kami pun menyediakan whiteboard untuk dia melakukan apa pun yang dia suka.Naah, saat mominya didapur, dia akan sibuk denga. whiteboardnya yang memang diposisikan dekatĀ  dengan dapur agar saya bisa masak ato melakukan pekerjaan dapur tetap dengan mata yang bisa menjangkau Abi. Ternyata oh ternyata, tangan mungilnya itu bisa mulai mewujudkan beberapa huruf sambil mulut mungilnya menggumam mengajari kucingnya yang selalu menemaninya disamping kaki Abi.Apa momi lebay? Tidak! Saya mencoba bersikap biasa dan tetap bertanya dia nulis apa dan ngobrol seperti biasa.Tapi saya rutin mengupdate Popi tentang hal terkecil dari progress Abi. Saat Popi pulang, barulah Popi memujinya dan berterima kasih atas usahanya hari itu.Jadi jangan heran, sekarang, apa pun yang dia gunting, dia lem ato dia tulis, semua disimpan untuk ditunjukkannya ke Popi hehe

Kalo sekarang dia bisa berhitung sederhana, itu karna konsep di kepalanya sendiri. Dimulai saat suatu hari, dia menghitung jumlah orang yang ada dikamarnya, saat dia cuma berdua mominya,saat ucingnya masuk, dia tambahkan, juga saat Popinya masuk, dia jumlahkan.Jadi, saat dia dikasih cookies, dia mengerti konsep penambahan.Kita coba challange, dia bisa DENGAN alat bantu.

Setiap hari dia meminta sekolah di #sekolahbumomi nya, dan SELALU ditanya, mau ngelakuin apa.

Untuk memvariasikan aktivitas bermain sambil belajar, saya rajin baca2 aneka blog activities for toddler, homeschooling method, bahkan IKUT pelatihan metode #Glen Doman dan #Montessori.

Bahkan sekarang Abi rutin diajak ikut membantu dan menonton Popi nya ngelakuin percobaan fisika sederhana , setiapĀ  minggunya #well, Abi menyebutnya “woow that’s magic! ”

Bukan agar dia pintar, tapi agar dia memiliki kertertarikan, kelak.Intinya, Abi hepi, TIDAK pernah terbebani (Alhamdulillah ) .You should meet and interact with him to find out the real condition hehe

Owiya , untuk lama waktu bermain sambil belajar ini TIDAK pernah lebih dari 1 jam dengan 3-4 aktivitas berbeda .#emaknya harus rajin bikin stok permainan#

Naah..kalo hafalan juz Amma,ini tuntutan dari Popi, harus, kata beliau.Untuk apa? untuk bekel dia mulai berlatih sholat, juga doa2 .Cara yang saya pakai? hehe..ada di blog sih ceritanya.

Semoga Abi , sampai dia besar, selalu merekam dalam memorinya bahwa “belajar itu Fun,Menyenangkan ”

Masalah apa yang menjadi ujung dari proses ini kelak, apakah dia akan jadi anak pintar atau tidak, sudah #BUKAN kuasa kami lagi selaku orang tuanya.Kami hanya selalu berdoa kepada Zat yang MAHA membolak balikkan hati agar Abi dijadikan lelaki sholeh , Imam yang baik.Allah toh tidak akan menilai hasil akhir karena itu hakNya menciptakan suatu ujung, tapi usaha kita lah yang akan dinilaiNya.Semoga mendapat rahmatNya, Aamin

image


Leave a Reply

