Riniivan's Blog

Something about my life

Home Schooling as the Alternatives when It comes to Education?

on October 29, 2014

Ngebaca postingan yang sangat menarik di salah satu group yang saya join di Facebook : https://m.facebook.com/#!/groups/198669983498620?view=permalink&id=846681575364121

Why homeschooling? Kenapa HE? simply karna kami ingin Abi mendapat suasana belajar yang menyenangkan dan dia suka.Jika terpatri dibenaknya bahwa belajar itu fun, maka dia akan suka belajar, mengerti sesuatu BUKAN mendapatkan sesuatu ( nilai, prestasi, etc ).Juga kami meyakini, Rumah adalah awal lembaga pendidikan terbaik dari anak dengan Ibu sebagai madrasah utama.

Abi udah bisa baca? Belum.Udah bisa ngurutin angka sampe 30? Belum.Saya khawatir? Tidak.Lalu kenapa mau capek2, tiap hari bikin materi “sekolahbumomi” untuk abi? Karna Abi suka dan tertarik dan karna saya ingin Abi demikian.
Karna saya ingin Abi terbiasa menyibukkan dirinya dengan hal hal bermanfaat sambil tetap bermain.

Yes, materi yang saya berikan ke Abi mostly sifatnya adalah permainan sambil saya selipkan sedikit materi mengenal angka, penjumlahan, huruf dan lainnya, disesuaikan dengan minat, ketertarikan dan kemampuan menyerapnya.

Apakah selamanya Abi akan HS? well, niat kita adalah menitipkan Abi untuk dididik di sekolah formal.Kelak, saya harus bisa menjadi karibnya guru Abi sehingga beliau tidak bete kalo sering saya recokin tentang Abi.Saya inginnya bisa bersinergi dengan gurunya, mengenhance materi teori yang didapat Abi di sekolah melalui diskusi , games ato praktek #noteasybutworthtotry.
Saya akan berpartner dengan guru nya Abi dalam mendidiknya.Dan semoga kami bisa mendapatkan sekolah berazaskan agama Islam yang benar2 sesuai Sunnah ( tidak ada aneka perayaan, porsi agama cukup besar ) yang tidak mengutamakan hasil ato ranking, melainkan proses dan progress siswa, aamiin..

Namun kalaupun harus HE? well why not? Yang pertama kali harus banget disiapkan dengan baik adalah mental.Suka ato Tidak, HE ato HS belum diakui sebagai jenis sekolah di Indonesia
Jika ada orang tua yang memutuskan untuk meng HS kan anak mereka, maka ada yang mencap ato mem banned anak2 HS sebagai anak malas, anak drop out, anak bermasalah, ngga bisa gaul, daaaaann banyak lagi stamp yang dilekatkan pada anak HS.

Padahal sih ya, menurut saya aja nih yang minim ato nyaris buta pengetahuan mengenai HS, anak2 Hs justru lebih istimewa dan beruntung.Semua fokus hanya ke mereka, tidak terbagi ke siswa2 lainnya, cara penyampaian materi jauh bisa dibikin lebih menarik ( well walo jatohnya bisa jadi agak mahal yaaa untuk beli alat bantu dan alat peraga ), penyerapan ilmu lebih maksimal, jam belajar flexible, tempat belajar menyenangkan dan lainnya.

Tapi eitss…saya ngga bilang Sekolah formal jelek kok.Wong saya aja adalah produk sekolah formal toh yaa ( walo Alhamdulillah..saya bersekolah di masa dimana kurikulumnya nggak lebay hehehe ).

Baik Sekolah Formal ataupun HS, semua sama baiknya.Semua ada plus minusnya, jadi woles aja kali yaaa…balik ke pilihan dan konsekuensi masing2.

Saya udah memulai HE ato HS ini ke Abi sekitar setahun yang lalu walo dengan konsep seadanya, sangat seadanya. Saya mengadopt cara2 belajar preschool dari link2 child education baik Inggris ato Amerika.Konsepnya adalah bermain sambil belajar. Biasanya 5kali dalam seminggu, setiap pertemuan, sesi belajarnya 10-15 menit, sisanya maen.Belajar disini jangan dibayangkan belajar nulis, baca ato ngeja, melainkan konsep pengenalan hal2 tersebut diatas melalui aktivitas ato games yang disukai Abi.Malam harinya biasanya direview lagi oleh Popinya Abi.Sering juga aktivitas kami hanya berupa permainan , meski tetap menekankan pada pelatihan misalnya motorik kasar ato halus nya Abi, ato setidaknya mengandung unsur “problem solving”

So far, Alhamdulillah Abi enjoy banget! Progress nya juga lumayan dan yang terpenting, he’s happy and eager to learn

image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image
image


Leave a Reply

