Riniivan's Blog

Something about my life

Mengolah Sisa Nasi

on November 8, 2014

Masak nasi udah diusahain ngepas, 1.5 cup doang setiap hari, kadang tetep aja nyisa, terutama kapo tetiba Popi ngajakin jalan ato bawa oleh2 nasi padang ato Pecel Ayam.

Naah..kadang kalo dibesokin, suka keras #maklum kan masaknya sedikit# dan Abi kurang begitu suka.
Dibuang, waduuuhh…sayaaang, jangan dech jangan sampe.

Diolah? Bisaaaa

*PEMPEK NASI*
Resepnya udah pernah ditulis di :
https://riniivan.wordpress.com/2014/01/10/mpek-mpek-nasi-_/
Untuk Abi, biasanya saya tambahin bahan ikan 1:1 dengan tepung, karna Abi doyan banget pempek, jadi biar sekalian makan ikan :- D

*DADAR NASI*
Ini bikinnya kaya telor dadar, tapi pake bahan nasi selain bahan2 lainnya.
Bisa juga untuk ngakalin tampilan nasi saat balita lagi susah makan, ato bisa juga jadi alternative bekel makan saat travelling.Siapa tau ada ibu2 yang nasibnya kaya saya, di usia segini pun (3.5tahun) , Abi masih cuma mau makan lauk bikinan momi nya sehingga kemana pun berpergian, harus agak rempong bawa2 perbekelan.Kalo ini kan lumayan, cukup praktis dan komplit kandungan zat gizi nya.

BAHAN: ( untuk bikin dadar 1 kali makan )

Nasi putih setengah piring,
Ayam cincang 3sendok makan,
Wortel Jepang 1/2 buah diparut,
Brokoli :  1 kuntum, rebus sekilas aja setelah dicuci bersih, iris halus ato buang tangkainya,
Keju parut : 3sendok makan,
Bawang bombay 1/4 buah, cincang halus,
Bawang putih 2siung ,cincang,
Gula, garam, merica : sesuai selera,
Oregano : secukupnya,
Telur untuk mendadar : 2butir
Minyak untuk menumis

CARA :

Tumis : bawang bombay hingga harum, masukkan daging ayam cincang, bawang putih dan wortel, tumis hingga matang
Di mangkuk : kocok lepas telur, garam, merica, gula, keju dan oregano.
Masukkan nasi dan hasil tumisan tadi plus brokoli.

Bikin dadar di pan dengan api kecil hingga matang merata.

image

image

*KROKET NASI*

BAHAN :
Sepiring nasi putih
1/4 bawang bombay iris halus
2siung bawang putih cincang halus
1 kuning telur
Daging giling ( bisa sapi ato ayam ) 3 sendok makan
Daun bawang 1 batang iris halus
wortel parut 1/2 buah
Paprika ( warna apa aja ) 1/4 buah iris kotak
Garam, gula, merica secukupnya
Keju mozarella untuk filling

BAHAN Baluran :
1putih telur
1sendok makan tepung beras dilarutkan dengan air
Tepung panir ato tepung roti
Minyak untuk menggoreng

CARA :
Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna, masukkan bawang putih, paprika dan daun bawang, lalu susul dengan wortel,tumis hingga daging matang.

Lalu tambahkan nasi, aduk rata, masukkan kuning telur, aduk rata.

Dinginkan.Setelah hangat, bentuk bulatan dengan ukuran sesuai selera.Isi tengahnya dengan keju mozarella ato easy melt keju.Celup ke putih telur, lalu ke larutan tepung beras dan gulingkan di tepung panir.

Diamkan dulu di kulkas agar adonan mantap.Goreng hingga kekuningan.
Bisa dicocol saus tomat ato saus sambal.Dimakan hangat agar kejunya masih melted ..nom..nom..

PS : dicelup ke larutan tepung beras agar hasil gorengan kokoh, nggak buyar, dan hasilnya garing diluar tapi empuk didalem ^_^

image

image

image

image

image


One response to “Mengolah Sisa Nasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s