Riniivan's Blog

Something about my life

Bingka Singkong

on November 23, 2014

Singkong adalah jenis bahan olahan makanan yang harganya terjangkau dan rasanya pun enak.Digoreng, dikukus dengan cocolan gula kelapa, dibikin ketimus, talam, getuk, semua enak dan semua sudah pernah saya coba.Naaah..kemarin itu dapet kiriman singkong dari mba yang bantu2 setrika dirumah, lumayan banyak sekitar 2kilo.Sementara 2 minggu sebelumnya udah bikin ketimus, hmmm..yang ini dibikin apa ya? Ngegoogle dech dan dapet ide untuk bikin bingka.Resepnya dari Mba Endang di blog kerennya JTT : http://www.justtryandtaste.com/2012/07/bingka-ubi-kayu-yang-tradisional-tak.html?m=1

Hanya saja, saya pake 1kilo singkong parut dan tanpa pewarna makanan.

BAHAN :
1kilo singkong parut, peras air singkong dengan serbet bersih
200mili air
150 gula pasir
setengah sendok teh garam
2butir telur
1kotak santan instan volume 200mili
Vanilla bubuk seujung sendok
Mentega 50gram

CARA
Bikinnya gampang banget, yang repot hanya di bagian marut singkong nya doang hehehe

Kocok telur dan santan plus garam dan vanilli hingga rata ( pake garpu ato wishk ), sisihkqn
Rebus gula dengan air hingga larut, tambahkan mentega hingga leleh.
Tuang larutan gula ke singkong, aduk rata.
Setelah tidak begitu panas, tuang campuran santan ke adonan singkong, aduk rata dengan spatula.Akan didapat adonan yang kental.

Siapkan loyang 20 x 20 yang telah dioles margarin dan dilapisi kertas minyak #penting agar ngga lengket

Tuang adonan bingka , oven dengan api sedang hingga kekuningan dan lakukan tes tusuk

PS : agar tidak lengket, keluarkan dari loyang dan iris bingka saat udah dingin.Rasanya legit banget , enak disantap saat hangat  sih kalo menurut saya ^_^

image

image

image

image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s