Riniivan's Blog

Something about my life

#Sekolahbumomi in Pict

on November 26, 2014

image

Note : Abi dan Momi belajar penjumlahan dengan alat bantu jari kertas.Yang dijiplak adalah tangan Abi dan momi, lalu dipake untuk menjumlahkan soal2 penjumlahan sederhana

image

Note : membuat vas bunga.Pot nya pake gelas kertas, beli di pasar basah 6,000 perak dapet 20gelas.Isi “tanah”nya dari kantong kresek , aneka tanamannya dari kertas karton, batang nya dari stick popcicle.Abi belajar apa? nempel buah nya, dan menghitung serta menjumlahkan.

Untuk anak usia lebih kecil dari Abi, bisa belajar warna, shape, dan ngelatih motorik nya saat nempel.

image

Note : Dengan memanfaatkan sticker meteran yang umum dijual di pinggir jalan untuk aksesoris motor.Ngebelinya 10ribu 1meter kertas, bisa beli setengah meter, banyaaak dan murah.Saya gunting membentuk beberapa jenis shape ie : circle, triangle, rectangular ato square.Lalu di kertas lembar kegiatan, saya gambar dengan tangan, urutan pola shape yang harus diikuti Abi.Abi menempel shape sesuai pola yang saya buat.Disini Abi belajar pemolaan urutan bentuk.Bagi anak lebih kecil, bisa mengajari mereka aneka bentuk shape yang dikelompokkan sesuai jenisnya.

image

Note : Saya bikin jemuran bersama Abi.Asal lilit aja di benda2 yang ada di rumah, pake tali rafia dan jepit jemuran.Menggunakan kertas yang saya gunting seukuran, saya tuliskan 1huruf di tiap
potongan kertas.Lalu semua huruf saya sebar di lantai di bawah “jemuran”, dengan semangat sambil inovasi nyanyi2, saya dan Abi menjemur huruf berdasarkan kata yang diberikan misal : CAR , maka Abi akan mencari huruf per huruf dan menjemurnya membentuk kata yang dimaksud.

image

Note : Abi paling suka nempel.Lalu saya kasih potongan2 shape dan mengajaknya membentuk vehicle yang dia suka kaya mobil, truck, ato bus.Abi berlatih menempel, menyusun dari bentuk yang ada, lalu kami hitung masing2 jumlah shape nya

image

Note : memanfaatkan kancing baju yang saya tempel huruf2 dan dilekatkan dengan double tape, Abi membentuk kata sesuai yang diminta.Intinya belajar mengenal huruf dengan media kancing baju.Something new for him, jadi dia antusias.

image

Note : Simple activity .Saya tulis satu kata di papan.Saya siapkan potongan2 huruf dan Abi mencari satu persatu huruf, membentuk kata yang saya tempel di papan.Belajar mengenal huruf toh?😀

image

Note : belajar bentuk / shape, menempel, membentuk bangunan dan pohon.Saya bikin awan dan matahari Tanpa pengarahan dan contoh, Abi yang menempel, dan memutuskan dimana posisi awan, pohon, jendela, matahari, dll

Ntar lanjut yaaaa di part 2

PS : untuk seorang bunda hebat yang tadi ngemail nanyain contoh aktivitas kami di #sekolahbumomi


3 responses to “#Sekolahbumomi in Pict

  1. anjanirahma says:

    Mba riniivan keren banget deh kegiatannya, inspiratif banget buat ibu2 muda hehe. Keep posting ya mba ide metode ngajarnya😀 Salam kenal juga yaa..

  2. dwi says:

    inspiratif mbak ide belajarnya ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s