Riniivan's Blog

Something about my life

Craft Day #sekolahbumomi @Preschool Home School : Track Kereta Api

image

image

image

image

image

Advertisements
Leave a comment »

Cemilan : Gemblong a.k.a Getas

Ini favorit! Dulu mama suka bikin.Kalo beli kue tradisional di pasar, kue ini wajib ada dalam kresek belanja, selain kue lupis.Manis, legit,gurih,berpadu jadi satu.

Nyoba bikin sendiri, eh ternyata lebih enaak, lebih empuk, lebih gurih dan lebih higienis tentunya. Bahannya murah, bikinnya simple, bikin 8 biji langsung habis berdua Mimi Iis 😀

BAHAN :
100gram tepung ketan
100gram kelapa parut halus
setengah sendok teh garam
Santan kelapa kira2 50 mili, tergantung tingkat kepadatan adonan

Untuk baluran :
Gula merah 150 gram
Gula pasir 2 sendok makan
sejumput garam
setengah gelas air

CARA :
Bikin dulu gemblongnya :
Campur rata semua bahan kering, tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga didapat adonan dengan tekstur yang bisa dipulung
Bentuk oval ,bulat ato lonjong, sesuai selera
Goreng dalam minyak banyak dan panas,api sedang cenderung kecil,

Jika sudah berwarna kecoklatan, angkat,tiriskan dengan tissue serap minyak.

Untuk Lapisan Gula :

Di wajan ato panci : didihkn air, masukkan gula merah yang disisir halus,aduk2 dan gunakan api kecil
Setelah mengental, tambah gula pasir, aduk2 hingga kental dan berambut.
Masukkan gemblong goreng, aduk, matikan api kompor, biarkan dinging

Catatan :

Saat menggoreng gemblong, agar matang sempurna, gunakan minyak yg banyak dan api sedang cenderung kecil.
Agar gorengan tidak menyerap banyak minyak, jangan dibalik hingga satu sisi matang.

Gula pelapis ,bisa pake gula pasir

image

image

image

image

image

Leave a comment »

Choco Lava Cake

Tadinya sempet ragu2 mau bikin cake satu ini, karna adonan belum mateng sempurna hingga didapat lelehan seolah2 lava.

Tapi karna lagi pengen banget makan yang nyoklat ditengah cuaca yang mulai terik, disamping proses bikinnya yang gampang banget, wokelah, dieksekusi,dikit aja,bikin 6 cup kecil2.

Agar teteup nyaman makannya,resep dari fanpage Recipes by Rina, ini saya sedikit modifikasi dimana, telur saya tim bersama coklat dan margarine  dan saya cuma pake kuning teurnya aja 😉

Prosesnya cepet banget, ngga ribet , ngga pake mixer,ngga perlu ngeluarin otang dari lemari, dengan rasa yang okey dokey banget menurut penggemar coklat 😀

Ini resep versi saya :
150gram dark cooking chocolate
5 sendok makan margarine
1 sendok makan coklat bubuk

Dengan cara di tim :
Lelehkan coklat dan margarine, lalu aduk juga coklat bubuk ke dalamnya

Masukkan 3kuning telur yang sudah dikocok rata dengan sejumput garam pake whisk aja, aduk rata.

Angkat adonan.
Setelah agak dingin, masukkan 6 sendok makan tepung terigu, aduk secukupnya, jangan kebanyakan

Tuang ke dalam cup2 kecil yang sudah dioles margarine, kukus kurang lebih 5-6menit.

Yang saya kayanya kelamaan.ngukus karna nyambil cuci piring hehehe, jadi lavanya agak kental sih, tapi masih berbentuk lava kook, dan enaak

Dimakan pake es krim vanilla.akan lebih enak kali ya, kalo saya ,dihidangkan bareng teh tawar, hmmm

image

image

image

Leave a comment »

Abi : Pake Jilbab ajaa

Hari ini, saat istirahat siang, saya melipir di page salah seorang chef sexy,mau nyari resep berbahan ayam dan di page itu ada foto cantiknya.

Saat Abi curi2 pandangan ke layar, saya perlihatkan dan tanya, “cantik ya?”, dia malu2 gitu  , karna selalu dikasih tau,laki2 itu harus jaga pandangan,malu kalo ngeliat perempuan, apalagi auratnya. “iya, cantik”, katanya lagi.

“Momi gini aja yaa,biar cantik” kata saya

Abi diam,lalu dia bilang “jangan ah mom, pake jilbab aja,malu, aurat momi nanti keliatan”

#2months to 4 year Abi, semoga semakin bertambah umur,Abi bertambah shaleh ya, Nak, aamiin

Leave a comment »

Preschool Homeschooling, #sekolahbumomi : Counting 11-20 by Matching the Numbers of Things

Bulan Januari kemaren, “target” #sekolahbumomi adalah hitungan 10-20, dan Alhamdulillah tercapai.

Metode yang dipake masih lewat games, bukan metode class teaching ato memorizing, ngga berlaku kayanya buat Abi.

image

image

image

image

Saya jejerkan 10 piring bahan steoform, sebar kertas kecil bertuliskan angka 11-20 yang diacak,lalu geletakkan beberapa benda bebas yang jumlahnya disamakan untuk tiap angka.

Misal, saya pake dyed macaroni, saya siapkan 20biji, saya letakkan paper cup kecil sejumlah 18 buah, stick popsicle 19 buah,dll.

Lalu, Abi yang menyusun urutan angka dan memposisikannya di masing2 piring, berurutan dari 11 s.d 20

Selanjutnya, Abi akan mengisi masing2 piring berangka itu dengan benda2 yang udah disiapkan dan dia menghitung jumlah tiap benda dibantu momi if there be any missing numbers.Jika udah selesai ngitung, Abi meletakkannya di piring dengan angka yang sesuai

Leave a comment »

#Sekolahbumomi – Preschool HS : Melukis di Es

Hmm..lebih tepat namanya bermain dengan warna cat, kali ya, karna basah ketemu basah sih  hehehe.

Lagipula,media es batu yang saya pakai kayanya kurang lebar untuk Abi saya pake piring makan , harusnya pake loyang bolu gulung yang lebaar kali ya.

Semuanya bikin sendiri, dipersiapkan 1 hari sebelumnya untuk ngebekuin es batunya. Bekukan air di media yang cukup lebar agar anak agak leluasa berkreasi di atas es , naaah, agar didapat warna es yang putih banget, bukan bening,tambahkan soda kue.Iyes,saya ini selalu beli pewarna makanan, soda kue, garam kasar, bukan buat diolah jadi makanan, melainkan untuk kreasi bareng Abi hehehe.

Untuk 1 piring air saya tambahkan 3 sendok teh baking soda. Saat belum membeku memang tidak ada perubahan selain gelembung2 udara, tapiiii…begitu jadi es, warna nya putih pucat,cocok lah untuk dicoret2.

Pewarnanya juga bikin sendiri aja, dari tepung maizena, garam, gula dan  pewarna makanan.

Istimewanya,setelah dipenuhi warna, si media es ini bisa dicuci, untuk lalu dipake ulang, berulang2 sampe es nya habis meleleh ato sampe anaknya bosen hehehe

image

image

image

image

Leave a comment »

Snack Sore : Cireng Garing

Sore2, hujan, rasanya selalu bawaan laper, sekalian sambil mikir, snack sore apa yang disajiin unuk Popi sore ini.Kemaren Minggu udah bikin bala2 pisang, kemaren ubi jalar goreng, tadinya hari ini mau menthawing stock Panada beku dari freezer, tapi ahhh, sekalian manfaatin stock oncom pedes sisa isian bikin combro minggu kemaren.Jadilah akhirnya kepikiran bikin cireng renyah walo minus bumbu rujaknya karna udah kesorean, ngga akan sempet. #padahalmales

Hasilnya emang garing di luar, kenyal kenyol didalem. Saya bikin dua versi, ada yang pake isian combro dan ada yang polos.Enaaak, popi suka.

BAHAN
Tepung tapioka ato aci ato sagu, 200gram
Aci 50 gram untuk baluran tangan saat ngebentuk
Air mateng 200mili
Santan Kara instan size kecil 1bungkus
daun bawang 1 batang iris halus,
Bawang putih 2 siung, haluskan
Merica, gula, garam, secukupnya

CARA :
Didihkan air, masukkan santan,  aduk2
Di mangkuk terpisah, masukkan irisan daun bawang ke dalam tepung, juga bumbu2 lainnya, aduk rata
Tuangkan air santan ke dalamnya, aduk rata
Bentuk dan beri isian sesuai selera, hati2 adonan panas, baluri tangan dan cireng dengan tepung aci.

Untuk mendapatkan tekstur cireng yang renyah garing, bikin adonan setipis dan selebar mungkin, goreng dalam minyak panas, disantap hangat tanpa cocolan pun enak, terutama yang isi combro pedas 😉

image

image

Leave a comment »

#Sekolahbumomi : Simple Science Experiment : Fenomea Lilin Menarik Air ke Dalam Gelas

image

image

Too bad i was failed to post a video to this blog :’-(

Ini percobaannya udah lumayan lama dilakuin, sekitar bulan September 2014, sebenernya lebih tercaptured jelas lewat video sih. Tapi anyway, intinya, kami ngejelasin pengaruh lilin nyala yang ditutup gelas terhadap air yg ada di piring,perbedaan tekanan yang membuat air mengalir ke dalam gelas.

BAHAN & ALAT yang dibutuhin :
Piring besar warna putih, agar perpindahan air terlihat jelas,
Air berwarna, juga tujuannya agar perpindahannya terlihat jelas,
lilin yang ditempelkan ditengah piring
Korek api,
gelas bening

CARA
Tuang air ke piring yang telah ditempelin lilin,
nyalakan lilin dengan korek api,
tutup lilin dengan gelas bening
Maka ,air yang ada di piring, semua akan mengalir dan terkumpul di dalam gelas, menciptakan kondisi kering di piring di luar gelas.

Mungkin Abi belum begitu ngerti, tapi dia pikir itu menarik karna saat kami diskusikan bertiga, Abi bisa mengatakan bahwa air tertarik kedalam gelas karna ada lilin yang ada apinya, karna panas di dalam gelas.

Kelak, saat dia benar2 mengenal hukum dan rumus2 fisika, mungkin memorinya akan merecall experiment ini sehingga landasannya udah ada. Tujuannya adalah juga, melatih logika Abi  terhadap fenomena2 sederhana melalui magic, seperti istilahnya  Abi

Leave a comment »

Preschool Homeschooling #Sekolahbumomi : Simple Science Experiment : Memasukkan Telur ke Dalam Botol

image

image

image

image

image

image

image

Ini juga sama, harusnya lebih jelas lewat penampakan video, tapi karna saya ini gaptek, yah gagal upload hehehe
Masih seputaran tekanan udara sih ya, sekali ini percobaannya memasukkan telur rebus ke dalam botol dan saat sessi diskusi dengan Abi, dia menyimpulkan bahwa lilin lah yang mengakibatkan si telur ini terserap kedalam botol, karna lilin berapi kan panas, gitu katanya.

Bahan dan Alat :
Botol UC 1000,
telur puyuh direbus, kupas kulit,
tissue,
Korek Api

CARA :
Siapkan botol yang telah dicuci bersih dan dikeringkan
Bakar tissue yang digulung runcing dengan korek ( harus dilakukan orang dewasa karna aliran api cepat menjalar di media tissue ini )

Dengan cepat, masukkan ke dalam botol, tutup botol dengan telur rebus
Api didalam botol akan padam begitu ditutup dengan telur, lalu panas dari dalam botol akan menarik telur lolos dari mulut botol, nyemplung kedalam dengan sendirinya, tanpa didorong.
Prinsipnya adalah perbedaan tekanan didalam dan luar botol yang menarik si telur ini.

Leave a comment »

Preschool Homeschooling #Sekolahbumomi : Membuat Es Krim Sederhana dari Es Batu dan Garam

image

image

image

image

image

image

image

Udah 3kali Abi minta aktivitas ini, dan menikmati es krim sederhana bikinannya.

Dia butuh bantuan hanya di bagian mengguncang2 kantong kresek karena emang butuh tenaga agak kenceng ya.

BAHAN nya simple,susu UHT, es batu 2 mangkuk, garam dapur ( saya pake garem kasar ) 1 mangkuk, plastik kedap untuk tempat susu, kantong kresek untuk tempat semua bahan, then ikuti instruksi gambar,guncang2 15 menitan, jadilah es krim yang teksturnya lumayan halus kaya es puter

Leave a comment »