Riniivan's Blog

Something about my life

Preschool Homeschooling – #sekolahbumomi : Fishing The Alphabet

on February 2, 2015

image

image

image

image

image

image

image

Aktivitas ini merupakan lanjutan kesekiannya dari aktivitas ngenalin suku kata ke Abi. Seminggu sebelumnya, Abi diflash kata2 yang seirama kaya SET,NET,WET,GET,MET,PET,THIN,WIN,CHIN,SIN,HOP,COP,POP,SHOP,TOP,JOT,DOT,HOT,POT,dll yang pengucapannya seirama.

Awal2 saat saya kenalin ejaan Bahasa Indonesia ala2 jaman saya SD, asli terlihat expresi bingung di eajah Abi.Bukan hanya bingung Abi selalu protes dan ogah mengikuti,misalnya saat BA BI BU BE BO,Abi ngotot BI itu dibaca bai  BE itu dibaca bi dan dia terlihat ngga nyaman.
Maka saya hentikan dan ganti metode pake bacaan utuh sesuai sharing dari temen, dan dikenalin dulu yang Bahasa Inggris yang ternyata so much fun for him.

Naah kali ini, si kata2 itu saya tempel di kertas lebar di dinding, lalu saya siapkan kertas2 kecil yang merupakan breakdown per huruf dari kata2 tersebut.Si kertas kecil ini yang akan dipancing oleh Abi. Jadi, saya lekatkan double tape di bagian belakang kertas kecil ( huruf ), agar Abi gampanh nempelinnya dikertas dinding saat menyusun puzzle kata.

Lalu saya siapkan magnet yang dililit benang dan dikuatkan dengan masking tape, dan di setiap kertas huruf( yang kertas kecil ), saya jepit dengan klip kertas besi kecil yang bentuk segitiga.

Lalu mulailah abi, dengan suka citanya memancing huruf per huruf, membentuk kata yang diminta.


Leave a Reply

