Riniivan's Blog

Something about my life

Pempek Ikan Tenggiri

on April 27, 2015

Hehehehe,mau ngaku dosa dulu, walo saya ini orang Palembang yang gede, lahir disana, tapiiiii…ngga bisa bikin pempek.Doyan ngga? Banget! Kok ngga belajar dulu2nya? Ngga kepikir,karna disana, banyak yang jual,dimana2, jadi kalo pengen, tinggal beli ato nunggu nyokap yang bikin😀

Ternyataaaa….kenyataan tak seindah harapan.
Disini banyaak siih yang jual pempek, beli on line pun gampang.Tapiii ehh tapii, Abi ngga doyan yang produk beli :’-( #entah harus senyum lebar ato agak melow.
Pernah,beli dengan temen di Palembang, murni tanpa MSG, Abi teteup aja cuma makan setengah biji pempek kecil, trus ngga mau lagi,hikkksss.

Kalo pempek bikinan mominya, 1 lenjer abis sendirian😀
Jadi, harus bisa dech, bikin sendiri,minimal untuk konsumsi Abi dech

Bahan :
1kilo ikan tenggiri,ambil daging nya aja
Bawang putih halus 7 siung
Gula garam secukupnya
2sendok makan tepung beras untuk biang
100mili air untuk memasak tepung beras
500gram sagu tani
200 gram sagu tani untuk balur tangan

Cara :
Bikin adonan  biang dulu, masak dengan api kecil : tepung beras dan air, hingga menjadi adonan kaya lem

Blender ato dengan food processor : haluskan ikan, adonan  biang, gula garam, bawang putih ,hingga tercampur rata.

Pindahkan adonan ikan ini ke mangkuk ulen besar, tambah tepung sagu sambil diaduk dengan ujung jari aja, cicipi dan koreksi rasa.

Dengan bantuan talenan yang juga dibalur sagu, ambil seukuran adonan,bentuk lenjer dengan.ukuran sesuai selera, tangan dibalur dengan tepung, lalu lenjeran pempek tadi langsung direbus kepanci air mendidih,hingga mengambang.

Jika adonan terlalu keras, boleh ditambah air es sedikit aja, sesuaika  dengan kondisi adonan.

Jika pempek udah mengambang di rebusan, artinya udah mateng, angkat, tiriskan

Harus diterapkan baik2, kalo mau hasil pempek yang lembut, ngga kejal, JANGAN terlalu banyak diuli, secukupnya aja..
Balur tangan dengan sagu, agar adonan ngga lengket

Karna dari sisi komposisi,ikan lebih banyak dari tepung, adonan memang akan lembek, jadiii, siapkan panci berisi air yang udah mendidih ( kompor tetep nyala ya ) , untuk merebus pempek dengan segera.

Iris dan goreng saat mau disantap. Ngga digoreng juga enak kook, ngga anyir ,selama ikannya segar ^_^

image

image


2 responses to “Pempek Ikan Tenggiri

  1. Ikamamalyra says:

    Trimakasih atas resep2nya mbak, cap cus deh dicobain satu2.
    Semoga mbak rini sekeluarga selalu berada dalam rahmatNya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s