Riniivan's Blog

Something about my life

Roti dengan Teknik Water Roux

on June 23, 2015

Jadi ceritanya, Abi dan Popi itu adalah penggemar roti.Roti adalah santapan sarapan wajib bagi Popi dan Abi, bahkan terkhusus Abi, doyannya pake banget! Ngemil pun minta roti.

Mominya sadaaar banget bahwa sesehat2 nya makanan beli, masih lebih aman kalo bikin, at least, kita tau pasti komposisi dan cara pengolahannya.Pernah nyoba bikin sendiri roti tawar,hasilnya ngga seempuk dan seputih kalo beli.

Memori langsung berputar kembali, ke 10thn yang lalu, saat masih nguli sebagai officer di bank ,sebagai tukang propose permohonan kredit usaha nasabah.Pernah survey usaha di salah satu pabrik roti skala besar yang jadi debitur,dan dapet kesempatan ngeliat langsung proses produksi mereka.

Higienis kook,no worry about that, cuma ya itu, zat2 kimia makanan yang ditambahkan, hadeeuh, diantaranya bread improver dan campuran tepung untuk menghasilkan warna roti yang putihšŸ˜„

Bahaya? relatif.Inget jaman Abi masih baby, dulu aktif nanya2 ke DSA nya tentang zat2 makanan utk anak, glutten aja nih, yang otomatis terkandung dalam terigu, itu 3-4 hari baru bisa tercerna sempurna oleh tubuh, apalagi yang namanya zat2 kimia sintetis.

Dalam jumlah wajar,memang ngga bahaya, tapi kebayang ngga kalo terus menerus numpuk ditubuh, itu bisa jadi residu ,naah ini yang harus dihindari. Walo belum bisa lepas dari glutten, seenggaknya diminimasi, juga zat2 kimia lain.#abisnya tepung non glutten muahaaal puol, dan entah itu GMO ato bukan ya?

Jadi balik ke cemilan Abi, diusahain, tepung terigu, saya substitusi dgn sagu, tepung beras atau maizena.Walo hasil ngga seempuk terigu karna non glutten, saya akali dengan penambahan susu ato keju yang extra, jadi rasa tetep nendang.Kecuali roti, tetep terigu yg dipake karna justru glutten harus tinggi kadarnya.

Ngalor ngidul ihh, hihi, balik ke roti, sekarang bikin dech,manual nguli,3hari sekali, bikin roti sobek ato donat. Alhamdulillah, udah sebulan lebih ngga beli roti tawar.Hmm, kalo aja punya mixer bosch ato hakashima khusus heavy duty, tentu jauuh lebih gampang, tapi pertimbangan harga ( hihihi, mending beli mesin jahit Janome dech ) yg muahaal, walo ngga punya mixer roti, ngga mengurungkan niat untuk menyajikan kesukaan anak dan suami toh ya?

Jatuh hati sama metode Thangzhong ato water roux, yang menghasilkan roti berpori dan empuk, tetep empuk 3hari disimpen suhu ruang di wadah kedap udara , jadi cara ini yang paling sering saya gunakan ^_^

Bahan Untuk Water Roux
50 gramTepung Terigu Protein Tinggi
250 mili susu UHT plain

CARA Bikin Water Roux

Dalam panci, campur susu dan tepung terigu. aduk rata sampai halus. Masak sampai kental dengan api sedang, jaga jangan sampai mendidih, sisihkan hingga dingin.

BAHAN ROTI :
400 gramTerigu Protein Tinggi,
200 gramTerigu Protein Rendah,
100 gr Gula Pasir
5 sendok makanSusu Bubuk,
2butir telur ayam,
1bungkus ragi instan
Adonan water roux
30 mili air atau susu cair dingin
75 gr butter
1/2 sendok teh garam

Bahan Isian yang dipakai bisa sesuaikan dengan selera, saya pake coklat Silverqueen,keju, dan selai strawberry

BAHAN olesan : 1kuning telur, 2 sendok makan susu kental manis,aduk rata

CARA BIKIN ROTI :

campur semua bahan kering kecuali margarin dan garam aduk rata. TambahkanĀ  adonan water rouxdan telur ke dalamnya,lalu tambahkan susu cair atau air dingin sedikit demi sedikit,Ā  uleni hingga kalis. Air tidak perlu dipakai semua, jika dirasa adonan dirasa sudah mudah diuleni, hentikan penambahan air.

Tambahkan margarin dan garam,uleni hingga elastis sambil sesekali dibanting. Ciri adonan kalis adalah,saat diambil sejumput dan dilebarkan, adonan elastis dan tidak gampang robek. Saya butuh waktu 1 jam lebih ngulenin si adonan, karna diselingi istirahat sejenak hihi.

Setelah adonan dirasa kalis elastis, bentuk bulatan besar dan diratakan, tutup dengan plastik clingwrap, diamkan ditempat hangat selama kurang lebih 45 menit ( profing )

Setelah 45 menit, adonan akan mengembang 2 kali lipat, kempiskan dengan ditonjok, dan uleni sekilas.

Bagi adonan masing2 dengan berat 60gram ( ato suka2 , tergantung ukuran roti yang diinginkan ),bulatkan , diamkan lagi 20-30menit.

Lalu ,beri isian sesuai selera, rapatkan dan bentuk roti sesuai selera dan keahlian ( hihi, saya mah standard, bullet aja ), tata di loyang, diamkan 20 menit an sebelum dioven
Saat seperempat matang, keluar kan roti dari oven ,oles dengan bahan olesan, bakar lagi hingga matang

image

image

Ato bisa dibikin roti gulung, pizza, panada, ato donat

image


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s