Riniivan's Blog

Something about my life

#sekolahbumomi : Raising a Kid is NOT a Racing

on June 27, 2015

Okey, harus, kudu, wajib diyakini sepenuh hati, bahwa raising a kid is NOT a racing! Karena? Karena each kid is unique and authentic. Abi ngga bisa disamain dengan anak tetangga, sodara nya, bahkan sekandung, sedarah pun, pasti ngga bisa disamain.

Ada ibu yang khawatir, umur 1.5tahun anaknya belum lancar bicara, ada mama yang worry karna anaknya umur 1tahun belum bisa jalan lancar, ada momi yang sempet risau karna anaknya umur 4 tahun belum ada tanda2  mau sekolah ( ehh? ),ada yang galau, anaknya ngga juga tumbuh gigi, anaknya kurus, anaknya pendek, rambutnya tipis, bla..bla..bla..

Stop worrying and back to the fact! we are not in a race ! Masing2 anak ada masa siapnya, siap bicara, siap jalan, siap tinggi, siap sekolah. Kalo pun ngga tinggi? so what? selama dia sehat, sholeh/ah. Kalo dia baru bisa jalan di umur 1.5 thn, why bother? nikmati aja masa2 agak santai, ntar kalo udah mulai lari2, repotnya double, emaknya harus waspada ngejer2 hihi .
Makanya ada yang bilang, “there’s no standard to be a good parent” karna ya itu tadi, anak itu authentic, ngga ada yang sama. Dan jangan gampang terintimidasi ngeliat anak orang #pesan untuk diri

Kalo Abi? we never put him on a race, we either never put him on any kind of test to find put his scale, we never standardize any scale to him. Nyantai banget dong? hmm..nyantai ngga nyantai sih, yang jelas ngga ada target, selain dia jadi anak sholeh ( utama ini mah, aamiin )

Umur 10-11bulan Abi udah bisa jalan, umur 1 tahun udah bisa bicara 2 kata,umur 1.5th udah bisa ngerangkai kata dan hafal doa makan. Lalu? Wait…as am not finished yet.

Umur 3 thn, mulai mimisan kalo berjemur di bawah sinar matahari langsung, sejak umur 3 tahun mimisan kalo kecapean ato terbentur, sampe umurnya 4 tahun, belum bisa naek sepeda yang fokus, ngga nyaman aktivitas fisik, karena meminjam istilah popi, safety factornya tinggi. Sebelum dia manjat, dia berhitung, kalo jatoh, dia ngebentur lantai , sakit, kalo naek sepeda, jatoh berdarah. Terbukti, kalo di arena playground yang lantainya dilapisi matras empuk, dia PD banget wall climbing ala2, karna menurut itungannya,kalopun dia jatoh, ngga sakit.
Umurnya udah 4 tahun,masih ogah sekolah, ogah bermain dengan temen seumurannya,anaknya nge lead ( sebagian orang menganggap karakter ini sok ngatur siih ),ngga pernah maen di luar bareng temen2, masih tetap suka mimisan dan demam kalo kecapean.

Lah terus? Mau diapain lagi kalo emang anaknya gitu? Let him take his time! Tugas ortu hanya memfasilitasi , merangsang eagerness nya, bukan maksa2 dia ikut ini ,ikut itu . Ngga ada target bahwa secara fisik dia harus kuat, terima kenyataan aja lah

Yang namanya komen orang mah pasti bakal selalu ada kok, anak sekolah, dikomen, apalagi anak ngga sekolah. Anak aktif di luar rumah, dikomen, juga anak yang ngga gaul diluar, pasti dikomen, capek kan?

Jadi? Saya sih BERUSAHA fokus aja menstimulasi Abi , yang penting dia enjoy, itu aja.Itu aja pun masih banyaaak banget PR nya.

Saya bukan pakar parenting, bukan pula lulusan psikologi anak, tapi firmly said, saya tahu Abi.Dan insting kami sebagai orang tua nya lah yang ngelead kami untuk membentuk nya. Tulisan ini murni secuil uneg2 aja, bukan untuk parental purpose.

Masih jauuuh banget perjalanan ini, sesekali kami, orang tuanya, duduk berhadapan, mereview yang sudah berjalan, mencoba memperbaiki yang keliru ( baca : memperbaiki diri sebagai ortu ). Ada yang bilang Abi egois, Abi keras, Abi lemah fisik, Abi aneh karna ngga sekolah? Biarkan saja lah. Selama dibelakangnya berdiri orangtua yang mempercayainya, yang mengencourage nya, inshaallah dia akan baik2 saja.

Tak perlu menyiapkan anak menghadapi kerasnya dunia, tapi dicoba untuk mempersiapkan anak, melihat dunia dari sisi lainnya, sisi lembutnya, toh koin itu selalu punya dua penampang?

Semoga Allah meridhoi, aamiin


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s