Riniivan's Blog

Something about my life

Emak Emak Ngga Boleh Sakit??

on November 7, 2015

Hmm, sering banget denger dan baca kalimat itu, dulu,jaman masih kerja, kalo lagi sakit, biasanya emang harus ambil sick leave karena itu adalah hak kita sebagai si sakit dan hak karyawan sehat lain untuk tetap sehat agar tak tertular virus penyakit tertentu.

Naah, saat ngga kerja, trus sakit, trus ada anak balita aktif, trus ngga ada ART    sama sekali? ternyata Ibu2 boleh kook sakit.Boleh dengan catetan. Boleh sakit dan istirahat penuh seharian, hibernasi,asalkan ngga ada yang  protes kalo rumah ngga disentuh sapu sama sekali, asalkan anak mau maen sendiri, asalkan anak mau makan makanan delivery order,asalkan anak mau makan sendiri, asalkan cucian numpuk ngga masalah, dalam arti kata ,masih ada stock baju bersih yang bisa dipakai, asalkan debu2 diijinkan tinggal menempel lebih lama disekujur perabot rumah.Suami mah gampang, makan tinggal beli masakan padang.Si Ibu sakit makan apa? hmm makan apa ajalah yang ada.Masalah cocok atau enggak,itu mah urusan perut, yang penting ngga kosong aja, biar bisa makan obat dan setrong sedikit.

Naaah, kalo anak ngga bisa makan makanan instan atau makanan yang bukan dibikin oleh emaknya? Ya, what may make lah, apa boleh buat, harus setrong enough untuk ngedapur,masak dan nyiapin ransum anak. Cucian piring bisa nunggu, debu bisa lebih lama nempel, baju bisa dibikin 3 tumpuk, sesekali ngga dosa lah kalo pake baju yang ngga disetrika, sesekali ngga dosa kalo rumah sama sekali ngga tersentuh sapu selama 2-3hari,sesekali ngga papa suami makan nasi warung padang. Anak yang utama, jadi anak ajalah yang diusahain hehehe.

Obat terdahsyat bagi ibu2 rumah tangga yang sakit dan tepar ternyata adalah….jreeeng, saat pak Su alias Pak Suami telpon dan yang ngangkat adalah anak, dan si anak ini laporan bahwa dari tadi si emaknya terbaring sakit,cuma bangun masak dan nyuapin makan,dan pak Su memutuskan pulang cepet.

Bukan cuma itu, Pak Su pun bawain bubur ayam favorit si emak sakit tadi  ,Pak Su nyuapin obat dan vitamin, pakein sweater dan kaos kaki lalu nyuruh istri tersayangnya bobo. Anak? totally dipegang Pak Su, juga rumah dan dapur. Bukan cuma itu lagi, Pak Su besoknya ijin dari kantor demi ngegantiin peran istrinya tadi, ngurusin anak  dan emaknya si anak.

Ahhhh, tetiba badan ini mendadak.jadi setrong, tiba2 hasrat ingin masak buat anak dan Pak Su pun mendahsyat, tetiba energi dalam tubuh ini melonjak drastis ^_^.

Ternyata bahagia itu belum selesai, Saat si istri yang ngedadak setrong ini masak, Pak Su cuci baju, cuci piring, jemur pakean.Saat istri yang ngedadak sehat ini nyapu, Pak su, tanpa mau dicegah, lap2in debu pake lap basah, Pak Su ngepel. Saat istri yang semangat nya udah bangkit ini nyetrika,Pak Su ngelipetin baju2 dalem dan baju2 yang ngga perlu disetrika dan nyusunin semua baju2 ke lemari sesuai susunan masing2 pemilik. Belum lagi anak, yang dari mandi ,makan ,maen  sampe bobo, dipegang Pak Su, lalu kami bertiga pun bobo bertiga, melingkar dalam satu selimut. Cuma saat emak rumah tangga ini sakit aja? Alhamdulillah enggak, Alhamdulillah sejak ngga punya ART .

Mungkin itu hal2 yang biasa dilakuin sebagian suami2 di luar sana, tapi tidak dengan Pak Su saya. Sedari bujangan, beliau tidak pernah berurusan dengan hal2 berkaitan dengan rumah tangga. Mungkin itulah bentuk tanggung jawab seorang suami dimana pun dan siapa pun ya, tapi tetaaap saja saya merasa beruntung memiliki beliau sebagai ayah anak saya dan Pak Su saya.

Semoga Allah meridhoi mu senantiasa, duhai Imamku, pujaanku, Pak Su ku #eaaa


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s