Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Es Kacang Merah

on November 23, 2015

Popi ngga doyan jenis dessert ini, demikian juga Abi.Jadi, saya bikin es ini wiken kemaren saat mimi yiyi sekeluarga kecil maen ke rumah, juga pas saat ada mimi Iis, hihi jadi saya bisa bagi dua dech ^_^

Menurut saya,kunci es kacang yang enak adalah tekstur kacangnya yang empuk dan rasa nya yang legit meresap merata sampe ke dalem kacang.Jadi, sebelum diolah, rendam dulu kacang merah semalaman, dnegan rajin mengganti air rendaman agar tak bau.

Saat merebus kacang, rebus saja kacang bersama air mendidih hingga empuk, jangan ditambahin apapun , baik itu gula atau garam.

Saat bahan2 lain sudah masuk, masak dengan api kecil agar semua bahan meresap sempurna ke dalam kacang

Legit,manisnya pas, kacangnya empuk, lumayaaan lah, mirip dengan es kacang merah yang biasanya dulu suka saya makan di Beautika. Owiya, yang saya bikin ini adalah yang ala2 Manado, bukan es kacang ala Palembang.

Kalo es kacang ala Manado, dimasak dengan tambahan coklat bubuk, disajikan dengan santan kental plus susu kental manis coklat. Sementara es kacang Palembang disajikan dengan sirup merah dan susu kental manis putih.Sebagian juga mejadikannya pasangan dalam penyajian es puter santan.

Agar praktis, yang versi saya ini, santannya tidak dipisah,melainkan saya masak bersama gula dan kacang.

BAHAN
500gram kacang merah
250gram gula aren ( sesuaikan dengan level manis yang diinginkan )
100gram gula pasir
2 sendok makan coklat bubuk favorit
300mili santan kental
4 lembar daun salam, ikat simpul
sejumput garam
sedikit vanilla jika suka

CARA :
Rebus kacang merah yang sudah saya rendam sehari semalam hingga empuk,

jika sudah empuk,masukkan daun pandan, gula merah, gula pasir, masak hingga gula larut, tuang coklat bubuk yang telah dilarutkan dengan air panas

Tambahkan garam dan santan kental, masak dengan api keciiil,tambahkan vanilla
Godok hingga air habis dan kacang mengental, dinginkan.

Jika dirasa terlalu manis, saat penyajian : tuang kacang merah ke mangkuk atau gelas saji, tambahkan susu UHT dan es batu, siram dengan topping susu kental manis coklat, sajikan.
image

image


Leave a Reply

