Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Muffin Keju Yang Ngeju Banget

on December 3, 2015

Dingin ,setiap hari hujan, bawaan pengen ngunyah aja, terutama Abi dan Popi. Biasanya saya bikin snack atau cemilan dadakan kaya martabak ,pancake ,atau kue cubit non baking soda.

Naah, suatu siang, saat saya dan Abi denger lagu nya Barney,”The Muffin Man”,Abi pun minta dibikinin. Tadinya mau bikin muffin coklat, tapi ..ahh mumpung keju lagi ada stok lumayan banyak, ya marilaah, kita bikin muffin keju aja. Salah satu bahan muffin adalah baking soda dan baking powder.Kenapa? Karena kue ini teksturnya ngga se flowy cupcake yang halus.Muffin ini agak padat, tidak perlu prosea pengadukan yang berlebihan, mirip2 brownies tapi ngembang ^_^

Saya cuma pake baking powder, itu pun hanya setengah sendok teh, dari yang disarankan 2 sendok teh double acting baking powder dan 1 sendok teh soda kue ( saya skip ). Untuk kelezatan rasa,kejunya saya banyakin, saya pake 200gram untuk dicampur ke adonan, 50gram nya untuk taburan, gulanya juga saya kurangi,biar tetep rasa keju aja yang dominan ,rasa manisnya sederhana ajalah ^_^

Sepulang kerja, Popi abis 3 buah muffin,Abi? 4 buah sajalaaaah, dengan tetap sepiring nasi plus semangkuk sup brenebon setelah 1 cup kecil hot chocolate

Resep aslinya tetap saya link kan disini, dari blog JTT
http://www.justtryandtaste.com/2015/06/resep-cara-membuat-muffin-keju.html?m=1

Mungkin karena pengurabgan bahan baking powder dan penskipan baking soda, maka yang versi saya ngga sengembang punyanya mba Endang, ai empunya blog dan resep ya hehehe, tapi ngga papa, yang penting Abi dan Popi sukaak

Versi Saya : MUFFIN KEJU
BAHAN :
250 gram keju cheddar parut,50gramnya pake untuk taburan
250gram tepung terigu serba guna
75gram gula pasir
50gram butter lelehkan
50mili minyak sayur ( saya pake minyak kelapa)
3butir telur
1/4 sendok teh baking powder
250mili susu uht
1/2 sendok teh vanilla bubuk
2sendok makan susu bubuk full cream

Paper cup untuk muffin yang ditata di loyang muffin

CARA :

Set oven, mulai panaskan
Di mangkuk 1 : campur semua bahan kering ,aduk rata : tepung terigu, baking powder, susu bubuk

Di mangkuk 2, campur bahan basah, kocok rata pake whisk aja :
telur, gula pasir, susu uht,vanilla, minyak kelapa, butter leleh

Jika bahan basah sudah tercampur rata,ambil 1/3 bagian bahan kering,masukkan ke adonan telur,kocok sekilas, baru tuang ke bahan kering. Katanya  , hal ini menghindari endapan yang terbentuk dari butter dan minyak.
Aduk seperlunya, tambahkan keju parut

Nah disini key pointnya, jangan mengaduk adonan berlebihan, aduklah secukupnya saja.Jika masih ada gumpalan tepung terigu, biarkan saja, jangan terobesi menghasilkan adonan yang terkocok sempurna, takutnya malah kita melepas banyak udara yang harusnya terperangkap di adonan ^_^

Tuang ke cetakan muffin, taburi keju parut,oven dengan suhu sedang hingga keemasan ( saya pake otang )

Popi dan ABI lebih suka disajikan hangat ^_^

image

image

image

image


Leave a Reply

