Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Laksan Palembang

Ada pempek lenjer oleh2 dari Palembang kemaren yang udah dikeluarin sari frezer beberapa hari yang lalu. Ada banyak foto2 berseliweran di grup WA temen2 Palembang yang beberapa sangat eye catching di mata saya : LAKSAN

Kebetulan hari ini masak sayur santan daun singkong , yang bumbunya mirip2 laksan di beberapa komponen ^_^,WA temen yang jago bikin, google resep, cari yang paling sreg, eksekusi, ngga sampe 1 jam, terhidanglah laksan Palembang yang gurih dan enak banget. Karena saya pake ebi,bukan ikan giling, maka agak2 mirip juga lah rasa kuahnya dengan laksan Singapore ;-),beneran yummy, ngobatin kangen ke nenek 😥 # i really miss You, Nek

BAHAN
3buah pempek lenjer ( saya beli di Palembang yang dari ikan gabus dan non micin)

BAHAN KUAH
HALUSKAN :
8siung bawang merah
8siung bawang putih
5buah kemiri sangrai
1cm jahe
1cm kencur
6buah cabe merah
50gram ebi sangrai

Tambahan :
250 gram udang plus air kaldu sekitar 500mili atau sesuai takaran bumbu
3lembar daun salam
1ruas lengkoas geprek
2batang serei geprek
250 gram udang segar yang telah dibersihkan ,rebus
Santan 100 mili
Gula garam merica sesuai selera

CARA
Tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan ke panci kaldu udang, masukkan bumbu2 lain, masak hingga mendidih, masukkan santan,masak dengan api kecil, tambahkan gula garam merica, cicipi dan koreksi rasa,  terakhir masukkan irisan pempek lenjer,masak sebentar, siap disajikan, dengan sambel cengek lebih nikmaaat

image

Tumis bumbu halus, tamba

Leave a comment »

Pempek Dos

Bahan Biang
200gr tepung terigu
50gr tepung beras
250 ml air kaldu udang ato ebi
2 sdt garam
gula 1sendok teh
5iung bawang putih halus,

Bahan :
2 butir telur, kocok lepas
400 gr tepung sagu

Isian :
bebas,bisa telor, bisa ebi, tahu, tumisan kates ( pepaya muda )

Bahan cuko :
1 kilo gula merah kualitas bagus yang warna hitam agar warna cuko menarik
700 ml air
1 bungkus kecil asam jawa
25 bh cabe rawit haluskan
8 siung bawang putih (tdk perlu dikupas) geprek
Garam
1 sdt gula pasir
200gram ebi

Cara membuat :

Buat biang : rebus semua bahan, dinginkan
Pindahkan ke mangkok besar, tambahkan telur, aduk rata, tuang sebagian sagu, aduk dengan sendom kayu
Lumuri tangan dengan sisa sagu, ambil sedikit adonan, bentuk dan isi sesuai selera.
4. Rebus air sampai mendidih, tuang minya sayur agar pempek ngga saling nempel,masukkan pempek, rebus sampai mengapung.
Angkat dan tiriskan.

Jika mau langsung disantap,oreng dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai kekuningan.

Jika mau disimpan, taro dalam plastik, bekukan.

CUKO
Rebus air, gula merah,ebi dan air asam jawa sampai mendidih.
Masukkan cabe dan bawang putih
Tambahkan garam dan gula pasir, masak dengan api kecil, jika sudah mendidih, koreksi rasa, angkat dari kompor, dinginkan ,saring, simpan dalam botol

image

image

image

Leave a comment »

Spaghetti Tuna Pedas

Ini masakin buat mimi Iis yang suka pedas.Saya udah tobat kayanya makan pedas.Makan siih, tapi ngga yang level advanced atau menengah, kalo pesen gado2 atau ketoprak,yaahh cabe 1bijj lah.Kalo makan indomie dengan irisan cabe, mie nya abis, cabenya ditinggal bergerombol.

Naah, kalo ngomongin spaghetti tuna, supaya ngga terlalu berasa tuna, emang harus pedas.Dulu, tiap 2 atau 3 minggu sekali, kayanya wajib makan spagheti tuna ini di Nanny’s Pavillon di mall deket kantor. Biasanya saya pesen minum 2 macam, 2 gelas besaar, salad, spaghetti tuna dan chocolate waffle ^_^ semua tandas tanpa ngerasa sakit perut kekenyangan, pas aja. Temen2 sampe takjub sama porsi makan saya, namun lama2 terbiasa ,jadi ngga heran lagi.

Sekarang ,bikin aja laah sendiri, baik pake tuna segar dikukus  trus disuir atau biar praktis ngga bau ikan sedapur mungil saya, beli ajalah tuna kalengan, toh yang makan saya ( dan mimi,kalo lagi di rumah ) doang dan itupun sesekali.Saya pake AYAM Brand yang udah ada label Halal MUI.

Bahan :
segenggam spaghetti, rebus bersama minyak dan sedikit garam dalam panci air mendidih.Rebus sampe pas kenyalnya, jangan terlalu lembek,

segenggam cabe rawit, iris,
5siung bawang putih cincang halus
1buah bawang bombay, cincang halus,
2buah tomat cincang halus
1kaleng tuna
daun jeruk 2 lembar
mentega atau olive oil untuk menumis

CARA

Tumis bawang bombay, cabe,hingga layu, masukkan bawang putih, masak hingga harum,masukkan tuna, suir2 hingga kecil2 tersuir rata, tambahkan daun jeruk yang dibuang batang tengahnya, masukkan tomat, garam, gula sesuai selera  ,koreksi rasa.Masak hingga matang

Sisihkan sedikit tumisan tuna untuk topping.Masukkan spaghetti rebus ke dalam tumisan tuna, oseng2 sekilas hingga bumbu merata.

Sajikan, beri topping sedikit, endess pedesnya

image

image

Leave a comment »

Resep Tahu Masak Tauco Pedas

Terinspirasi dari nenek, saat telponan, murah,meriah,enak, pedes,bikin semangat makan.Yang ngga suka teri ( kaya Pak Su saya ) boleh diskip ato diganti dengan udang segar. Tauco ini enaaak dikombinasiin dan dimasak sama apapun, tempe, ikan goreng, kangkung, yummy

Komposisinya suka2 aja, yang suka pedes, silahkan pake cabe yang banyak

Bahan yang saya pakai :
5buah tahu cina  kualitas bagus,potong kotak
200gram cabe ijo,iris
100gram cabe rawit utuh
teri jengki 100gram,goreng ,tiriskan
Bawang merah 7 siung iris halus
5 siung bawang putih,haluskan
Gula merah 1 buah ukuran sedang,sisir halus
Garam secukupnya
Taoco kualitas baik 1/2 botol
2 batang serai geprek
tomat hijau 4 buah, iris
air ( saya pake stok aer kaldu ) 150mili

CARA :
Tumis duo bawang hingga harum,masukkan cabe, disusul tomat, dan batang serai, aduk hingga harum.

Masukkan teri, taoco,gula merah dan garam,

masukkan tahu, masak hingga meresap, koreksi rasa

image

image

Bener2 bikin appetite makan meningkat, cocok jadi temen nasi panas ^_^

Leave a comment »

Resep Otak Otak BAKAR

Di freezer masih ada stock ikan tenggiri giling siap pakai, sebelum kelamaan , diolah dech ,separoh jadi siomay ikan, separohnya lagi jadi otak2 bakar.

Resep otak2 bakarnya disini pernah difile : https://riniivan.wordpress.com/2014/11/29/otak-otak-bakar/

Resep bumbu kacang :
200gram kacang tanah goreng
5 siung bawang merah,
7 siung bawang putih ,
4 buah cabe rawit ,
75 gram gula merah sisir
garam secukupnya
1 buah jeruk nipis ambil airnya

Cara :

goreng duo bawang dan cabe, proses di food processor bersama kacang, cabe rawit, gula merah
Tumis semua dengan minyak agak banyak, tambahkan garam dan air jeruk nipis, tambah sedikit air, sesuaikan dengan tingkat kekentalan yang diinginkan , koreksi rasa

image

Leave a comment »

Sambal Cumi Kering Super Pedas

Ramadhan ini, berat badan manteng cenderung turun di posisi terakhir 46kilo, target maksimal 55kilo, yaah minimal 52 kilo lah, agar dengan tinggi 163cm ini ngga terlihat terlalu cungkring.

Kalo sahur, makan ngga terlalu banyam, karna emang kenyang denga  salad sayuran atau buah potong. Kalo berbuka pun , dengan pempek kapal selam dan segelas es buah udah full dan sampe saatnya sahur ngga ngemil apa2 lagi.

Naaah, untuk menunjang, kayanya saya perlu eating mood booster. Stalking di instagram, nemu resep sambel cumi pete, Gleek, saya bukan peminat petai, diapain juga. Ekstrem nya malah, kalo dulu mama saya bikin sayur ato sambel favorit, saya tidak akan menyentuhnya,jika ada unsur petainya, walau ngga mencela juga siih, diem aja hihi.

Karna bukan penikmat, maka pete pun saya skip.

BAHAN :
2 ons cumi asin kering,
2 ons bawang putih,
1 ons cabe rawit,
1ons bawang merah,
150mili minyak goreng,
gula, garam sesuai selera,
sedikit air

CARA :
Rebus cumi, sebentar aja, lalu cuci bersih, tiriskan, potong2 bentuk cincin

Tumis semua bahan di minyak banyak, setelah harum, masukkan potongan cumi dan beri air.

Masak hingga air habis,tersisa minyak merahnya,

dinginkan dan simpan di wadah kedap udara. Simpen dech di kulkas untuk jadi booster saat makan nasi hehehe

image

image

Leave a comment »

Pempek Ikan Tenggiri

Hehehehe,mau ngaku dosa dulu, walo saya ini orang Palembang yang gede, lahir disana, tapiiiii…ngga bisa bikin pempek.Doyan ngga? Banget! Kok ngga belajar dulu2nya? Ngga kepikir,karna disana, banyak yang jual,dimana2, jadi kalo pengen, tinggal beli ato nunggu nyokap yang bikin 😀

Ternyataaaa….kenyataan tak seindah harapan.
Disini banyaak siih yang jual pempek, beli on line pun gampang.Tapiii ehh tapii, Abi ngga doyan yang produk beli :’-( #entah harus senyum lebar ato agak melow.
Pernah,beli dengan temen di Palembang, murni tanpa MSG, Abi teteup aja cuma makan setengah biji pempek kecil, trus ngga mau lagi,hikkksss.

Kalo pempek bikinan mominya, 1 lenjer abis sendirian 😀
Jadi, harus bisa dech, bikin sendiri,minimal untuk konsumsi Abi dech

Bahan :
1kilo ikan tenggiri,ambil daging nya aja
Bawang putih halus 7 siung
Gula garam secukupnya
2sendok makan tepung beras untuk biang
100mili air untuk memasak tepung beras
500gram sagu tani
200 gram sagu tani untuk balur tangan

Cara :
Bikin adonan  biang dulu, masak dengan api kecil : tepung beras dan air, hingga menjadi adonan kaya lem

Blender ato dengan food processor : haluskan ikan, adonan  biang, gula garam, bawang putih ,hingga tercampur rata.

Pindahkan adonan ikan ini ke mangkuk ulen besar, tambah tepung sagu sambil diaduk dengan ujung jari aja, cicipi dan koreksi rasa.

Dengan bantuan talenan yang juga dibalur sagu, ambil seukuran adonan,bentuk lenjer dengan.ukuran sesuai selera, tangan dibalur dengan tepung, lalu lenjeran pempek tadi langsung direbus kepanci air mendidih,hingga mengambang.

Jika adonan terlalu keras, boleh ditambah air es sedikit aja, sesuaika  dengan kondisi adonan.

Jika pempek udah mengambang di rebusan, artinya udah mateng, angkat, tiriskan

Harus diterapkan baik2, kalo mau hasil pempek yang lembut, ngga kejal, JANGAN terlalu banyak diuli, secukupnya aja..
Balur tangan dengan sagu, agar adonan ngga lengket

Karna dari sisi komposisi,ikan lebih banyak dari tepung, adonan memang akan lembek, jadiii, siapkan panci berisi air yang udah mendidih ( kompor tetep nyala ya ) , untuk merebus pempek dengan segera.

Iris dan goreng saat mau disantap. Ngga digoreng juga enak kook, ngga anyir ,selama ikannya segar ^_^

image

image

2 Comments »

Otak Otak Bakar

Di freezer ada stock daging ikan tenggiri siap olah sisa bikin mpek2 Abi .
Sekalian ngosongin freezer agar stock ngga terlalu lama ngendon disana, saya olah dech jadi otak2.Kenapa otak2? Karna Popi suka, karna stock mpek mpek beku di freezer masih ada, karna ada sisa daun pisang seabis bikin nasi bakar (lagi).

Hasilnya not bad at all,  enak malah.Kalo beli kan : harga lumayan mahal, sizenya imut banget, sekali gigit, kunyah, telen doang, belum lagi suka dipakein micin sama pembuat ato penjualnya. Laris Manis judulnya, pas ujan2, walo saya ngga bikin sambel kacang nya

BAHAN :
500gram daging ikan tenggiri siap pakai
5sendok makan sagu
1sendok makan tepung beras
2 batang daun bawang iris tipis
5siung bawang merah haluskan
3siung bawang putih haluskan
200mili santan kental dingin ( saya pake santan kara ),
gula, garam, merica secukupnya
Putih telur : 3butir

CARA :
Masukkan semua bahan, kecuali daun bawang, ke dalam food processor, proses hingga halus dan tercampur rata.

Setelah halus dan merata, tuang ke dalam mangkuk besar, campurkan irisan daun bawang, aduk rata.

Tuang 1 sendok makan adonan ke daun pisang yang sudah dibersihkan dan dilayur, bungkus dan semat dengan lidi ato steples

Bakar di oven ato di wajan teflon lebar di atas kompor dengan api sedang

image

image

image

1 Comment »

Resep Lauk Anak Ikan Dimasak Tim

Abi lumayan doyan sama ikan.Kadang Gurame Bakar digado berdua sama Momi ( Popi ngga doyan ikan ), kadang ikan tenggiri aku jadiin pempek ( naaah ini Abi super doyan, Abi mempronoun kan pempek dengan e kaya di kata tempe, jadi lucu dech ), kadang salmon disteak ato dibikin bakso salmon, kadang disup, di masak asem manis, dimasak gulai dengan bumbu dan santan yang light, digoreng, dimasak tomat ato di tim.

Sekali ini ikannya pake Tenggiri fillet, tanpa tulang supaya Abi gampang makannya 😀

BAHAN ( Untuk dua kali makan )
150 gram tenggiri fillet, lumuri denga  separuh air jeruk
1 buah jeruk lemon ato jeruk nipis,
wortel besar setengah buah iris panjang sekorek api,
5 biji jamur kancing, iris ,
1lembar daun bawang iris halus
5siung bawang putih, geprek dan cincang kasar
Kecap asin ( aku pake produk Bragg yang sekarang makin susaaaaaah dicari , hiks…ini non MSG non GMO dan organik soalnya ) 2 sendok makan,
minyak wijen 2 sendok makan,
kecap ikan 1 sendok makan,
sedikit gula pasir agar gurih,
sedikit merica

CARA :

Tempatkan ikan yang sudah dilumuri air jeruk di wadah tahan panas  ,
Tuang kecap asin, minyak wijen , gula, merica dan kecap ikan, dan separuh air jeruk lemon tadi, aduk rata

Tumis : dengan 3 sendok makan olive oil : bawang putih, wortel dan jamur, disusul daun bawang

Tuang tumisan  ke wadah ikan, bisa ditambah sedikit air agar ada kuah kaldunya

Kukus selama kurleb 20 menit

Nom…nom…Abi pun suka

image

image

Leave a comment »

Pampis Manado yang supeerr yummy

Hari ini luaaar biasa padet.Mulai bangun pagi, bersih2 , nyuci, masak daaan ke pasar.Pulang dari pasar, ngebersihin kulkas dan sayur2 , bikin kolak ubi buat Popi dan Abi, bikin schotel tahu buat stok lauk minggu ini, bikin kue lumpur keju, nyiapin kelapa buat bikin wingko  ( hihihi..baru mau nyoba, dapet resep dari group masak di facebook ) daaaan bikin Pampis!

Ya, sejak ikutan salah satu group FB yang ngebahas aneka makanan and if you got lucky enough u will get the recipes , ide2 masak hari2, baik lauk ato cemilan, Alhamdulillah nambah 😉

Naaah, pernah ngebaca posting salah satu member, lupa screen shot, tenggelam lah resepnya.Resep apa siih? Tongkol suir supeer pedas.

Dan..akhirnya nge google dech dengan kata bantu tongkol suir pedas.Dapet di salah satu blog favorit ku dan ternyata namanya pampis hehe…( dulu sering makan tapi ngga ngerti kalo itu adalah nama alias dari tongkol suir super pedas )

Inget jaman masih kerja dulu, biasanya  2minggu sekali saat jadwal training kosong, kita beberapa rekan kerja penyantap masakan manado ( halal ) dipastikan melipir ke rumah makan manado, Beautika Tanah Abang, Woku yang di Plaza Semanggi, ato Ikan Tude.Sambal roa dan pampis adalah menu wajib selain sayur bunga pepaya.Duuhh…uenaak bangeet.

Balik ke resep, aku pun landing di
http://www.justtryandtaste.com/2013/03/pampis-ikan-tongkol-super-pedas.html?m=1
Hanya saja, aku tambahin daun kemangi yang diiris halus dan perasan air jeruk lemon.

Nom..nom…rasanya mirip banget dengan yang di resto Manado ituuu..

Inshaallah bikin appettite makan naek, jadi bisa bantu naekin BB yang ngedrop dari 60kilo ke 47kilo 😉 Biar baju2 ngga gedombrong lagi hehe

Ini tampilan pampis ku 😉

image

image

PS : sejak join group ( lagi2 di FB ) “my halal kitchen” , udah ngga pernah lagi aah mau makan di resto Manado, daripada ragu akan kehalalannya.

Leave a comment »