Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Gampang : Rolade Daging Gulung Telur

Bikinnya gampang, rasanya mantap, bisa disimpan di freezer ato chiller, Abi dan Popi suka! Cukuplah alasan2 tersebut menjadi latar belakang,kenapa saya suka masak ini, apalagi kalo.pas harga daging giling lagi ada promo ^_^

BAHAN: Bisa disesuaikan kok, saya mah ngga pake nimbang
350gram daging giling
50gram tepung roti
1buah bawang bombay ukuran besar,cincang halus,
5siung bawang putih geprek cincang halus,
1 buah pala diparut
gula,garam, merica secukupnya
sedikit saus teriyaki ( optional ini mah )
1kuning telur

Adonan  kulit :
5 telur didadar lebar,sisihkan.

CARA :
Campur semua bahan daging dan teman2nya,aduk rata.

Siapkan telur dadar, beri isian daging, pipihkan di semua bagian telur, gulung perlahan dengan aluminium foil sebagai bungkus, kukus
Saat mau disantap, iris ,goreng pan fried atau diolah dengan aneka saus sesuka selera..

image

image

Advertisements
Leave a comment »

Sate Daging Sapi Goreng

Ini sate, tapi ngga ditusuk ke lidi, dan ngga dibakar. Kook? Hihi sate orang malas? Tapiii, saat saya bekelin Popi untuk lunch beliau, Popi sempet nanya, daging dimasak.apa ,Mom? enaaak banget! 1 porsi abis dech Popi sendiri ,Alhamdulillah yaaaa

BAHAN
300 gram daging sapi, rebus bersama daun jeruk, agar daging yang didapat lunak, rebus dengan api kecil, setelah lunak, dinginkan ,potong2 bentuk kotak kecil, sisihkan

BAHAN DIHALUSKAN :
4butir kemiri sangrai,
1ruas jahe
8siung bawang merah
5siung bawang putih
1sendok makan biji kemiri
1 kerat kecil gula merah disisir halus
Garam secukupnya

Tambahan : kecap manis

BAHAN DIIRIS :
3buah tomat hijau
1buah tomat merah,
1/2 buah bawang bombay
5buah cabe rawit

CARA :
Rendam daging dengan bahan halus plus kecap manis, diamkan sekitar 1jam agar bumbu meresap

Panaskan minyak agak banyam diwajan, tumis daging tadi, masak dengan api kecil aja, setelah agak kering, masukkan bahan2 irisan,masak hingga bawang layu

Gampang toh? 😀

image

Leave a comment »

Bola Bola Kentang Isi Keju

Confirmed ahh, kalo makan cemilan ini serasa makan perkedel isi keju, dan saya bukanlah penggemar perkedel 😀

Tapi Abi lumayan suka, popi pun mau makan untuk menu sarapan pagi, jadi saya bikin

BAHAN
500gram kentang ,cuci.bersih potong agar gampang dihaluskan

Daging giling tumis , kalo ini saya selalu nyetok, untuk tambahan nasi ato lauk Abi, 4 sendok makan,

Daun bawang cincang halus,
bawang bombay cincang,
bawang putih halus atau bubuk,
merica, garam, gula, oregano kering secukupnya,

Keju mozarela atau cheddar juga ngga papa, potong dadu

BAHAN PEMBALUR :
tepung beras, telur di kocok, tepung roti

CARA
Campur semua bahan kecuali keju, ke dalam mashed potato, uleni hingga rata.

Ambil seukuran adonan ( seukuran.bola pimpong), pipihkan, isi dengan keju, rapatkan

Gulingkan ke mangkuk tepung beras, lalu ke mangkuk telur, berikutnya ke mangkuk tepung roti

sisihkan, goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Saat mau dihidangkan, oven dulu sebentar hingga minyak berkurang

Santap dengan saus cabe atau cabe rawit
Mirip biterbalen kentang lah yaaa

image

image

image

Leave a comment »

Resep Olahan Sosis : SOSIS BAKAR SIMPLE

Biar lega dari segi ukuran, saya pake sosis bratwurst , beli sama temen waktu kemaren maen ke Bandung. No need to worry, sosis ini udah halal MUI ,Alhamdulillah.

image

Hari Minggunya, berhubung merupakan hari bangun siang, saya skip sarapan, selesai bersih2 rumah, bikin brunch untuk Popi, karena Abi masih ogah makan sosis beli jadi.Sebagai ganti, untuk Abi saya bikinin roti gulung pisang coklat keju, abis 3 gulung ^_^

SOSIS BAKAR
Bahan :
Semua bahan ngga pake takaran ukur, sesuain aja dengan jumlah sosis dan level rasa yang disukai, apakah manis atau pedas

Sosis bratwurst ukuran 15cm, 3 buah
Kecap manis,
sedikit kecap asin,
Saus tomat,
Saus sambal,
Minyak wijen,
Margarine leleh

CARA :
Kerat2 sosis agar bumbu meresap
Campur semua bahan oles, balurkan ke semua permukaan sosis, diamkan 1 jam
Panaskan teflon ,gunakan api kecil, bakar sosis, sesekali oles dengan bahan olesan dan bolak balik.Bisa disajikan dengan kentang,nasi, telor orak arik atau dimakan langsung

image

image

1 Comment »

Lauk Harian : Nugget Tahu

Entah apa nama yang cocok untuk olahan tahu ini, yang jelas, udah lengkap dech kandungannya, ada protein nabati, protein hewani, sayuran juga ato bisa ditambah keju parut untuk tambahan sumber kalsium. Kalo keju diskip pun , tak masalah.

Jadi, kalo lagi riweuh, kaya mau travelling ati kondisi lagi ga memungkinkan untuk masak yang ribet, 1 lauk ini udah cukup bergizi  terutama untuk anak, dan Alhamdulillah, Abi suka 😀

Bahan
1 buah tahu besar, minta sama abang tahu, tahu yang kualitas bagus, kukus sebentar, dinginkan,
200gram daging sapi giling ( bisa pake daging ayam giling ),
5siung bawang putih dan 5 siung bawang merah, haluskan
Paprika merah sedang 1,iris kotak kecil,
Paprika hijau ukuran sedang 1,iris kotak kecil,
Wortel parut 1 buah
Baby Buncis ,segenggam, iris kecil
1 batang daun bawang 1 batang daun seledri, iris halus
3 telur ayam kocok
Keju 100gram, parut
1sendok makan tepung terigu
Gula, Garam, merica, secukupnya

Cara :
Oseng duo bawang dan daging hingga matang,
Tumis sekilas aja agar ngga langu : wortel,buncis dan duo paprika

Setelah agak dingin, campurkan ke tahu yang telah dihancurkan pake garpu,

Tambahkan semua bahan lain ( telur, keju,duo daun, tepung terigu gula garam merica )

Cicipi dan koreksi rasa.

Tempatkan di loyang tahan panas yang dioles minyak terlebih dahulu,kukus hingga matang ( sekitar 25menit)

Kalo mau disajikan, tinggal digoreng, dengan ato tanpa baluran putih telur, tapiii tanpa digoreng pun enak kok

image

Leave a comment »

Resep Lauk Harian : Perkedel Kentang Daging

Ini lauk yang dari jaman kecil,saya ngga begitu fond of alias doyan, walo sebenernya enak ya, apalagi pake nasi anget ato soto ato sop.Tapi Abi dan Popi suka ,jadi tetep sesekali bikin.

Jenis lauk ini pun lumayan awet untuk dijadiin stock, dibentuk dan dibalur putih telur saat mau digoreng aja.

BAHAN untuk sekitar 10 buah perkedel ukuran sedang:

500gram kentang, potong sedang ato kecil, goreng, tiriskan,ditumbuk halus
250gram daging giling ato bisa diganti kornet
4siung bawang putih
5siung bawang merah
2sendok makan bawang goreng
1batang daun bawang iris halus
Telur 2 butir ( pisahkan putih dan kuning )
Gula garam merica, sesuai selera

Cara :
Tumis duo bawang hingga harum, masukkan daging giling, masak hingga merata, terakhir masukkan daun bawang, aduk sebentar,dinginkan

Setelah dingin ato hangat, tuang ke kentang tumbuk halus tadi, tambahkan bawang goreng agar lebih enak, masukkan kuning telur,aduk rata, tambahkan gula, garam ,merica, cicipi dan koreksi rasa.

Kalo belum mau diolah lebih lanjut, simpen dalam wadah rapat kedap udara dikulkas

Tips menggoreng :
Yang agak riskan saat ngegoreng perkedel adalah, suka pecah adonannya.

Untuk menghasilkan tekstur perkedel yang garing diluar,kokoh namun dalem tetap empuk di dalam:

Setelah perkedel dibentuk sesuai selera, masukkan ke rendaman air tepung beras ( 1 ato 2 sendok makan tepung beras plus 5sendok makan air ), baru balur ke rendaman putih telur, lalu goreng.

Tepung beras ini yang membuat adonan tetap kokoh.

Selama proses penggorengan, jangan dibolak balik keseringan, biarkan matan di satu sisi, baru dibalik.

Owiya, ini foto yang belum dibalur bahan pelapis dan belum digoreng

image

Leave a comment »