Riniivan's Blog

Something about my life

Resep Tahu Masak Tauco Pedas

Terinspirasi dari nenek, saat telponan, murah,meriah,enak, pedes,bikin semangat makan.Yang ngga suka teri ( kaya Pak Su saya ) boleh diskip ato diganti dengan udang segar. Tauco ini enaaak dikombinasiin dan dimasak sama apapun, tempe, ikan goreng, kangkung, yummy

Komposisinya suka2 aja, yang suka pedes, silahkan pake cabe yang banyak

Bahan yang saya pakai :
5buah tahu cina  kualitas bagus,potong kotak
200gram cabe ijo,iris
100gram cabe rawit utuh
teri jengki 100gram,goreng ,tiriskan
Bawang merah 7 siung iris halus
5 siung bawang putih,haluskan
Gula merah 1 buah ukuran sedang,sisir halus
Garam secukupnya
Taoco kualitas baik 1/2 botol
2 batang serai geprek
tomat hijau 4 buah, iris
air ( saya pake stok aer kaldu ) 150mili

CARA :
Tumis duo bawang hingga harum,masukkan cabe, disusul tomat, dan batang serai, aduk hingga harum.

Masukkan teri, taoco,gula merah dan garam,

masukkan tahu, masak hingga meresap, koreksi rasa

image

image

Bener2 bikin appetite makan meningkat, cocok jadi temen nasi panas ^_^

Leave a comment »

Tempe Masak Kecap

Kalo Popi sih menyebut jenis lauk ini sebagai tempe pedes manis.Kalo saya bekelin sayur asem untuk lunch di kantor,saat ditanya ketika popi telpon rutin setiap siang, jawaban beliau, “kurang pengkap tanpa tempe pedes manis,Mom”

BAHAN :
1 papan kecil tempe, iris kotak, goreng sebentar jangan sampe terlalu kering, tiriskan
5siung bawang merah,
5siung bawang putih,
ebi sangrai yang dihaluskan 1 sendok teh,
4buah cabe ijo besar
Tomat blender
Minyak wijen1 sendok makan,
Kecap ikan 1 sendok makan,
Kecap manis secukupnya,
garam dan merica seperlunya
3lembar daun salam,
1 ruas jempol lengkuas,
1 batang serai bagian putih
1batang daun bawang, iris halus
sedikit air matang

CARA :

Tumis duo bawang hingga harum,masukkan cabe hijau, tumis hingga layu,disusul lengkuas, serai dan salam

Masukan tomat halus

Tambahkan satu per satu semua jenis kecap dan minyak, garam dan air
Masukkan tempe,masak.hingga jumlah air menyusut.Masukkan daun bawang

Cicipi dan koreksi rasa

image

Leave a comment »