Riniivan's Blog

Something about my life

RUJAK SERUT, Gampang, Segar, Murah

Nyenengin dan nyari ridho suami itu banyak jalannya,bisa lewat patuh, tampil menyenangkan mata nya,bicara menyejukkan hati dan menyemangatinya,ato lewat perut 😀

Paksu saya doyan banget rendang, gulai dan makananan olahan daging, maka saya tak kenal lelah belajar bikin rendang sampe dirasa kualitasnya oke banget menurut beliau.

Nah, mumpung long wiken, dan Paksu sangat suka rujak bebeg atau rujak serut khas Bandung. Kebetulan kemaren beliin pepaya buat Abi, ndilala masih mangkel ,keras dan muda, jadi sekalian ke pasar nyari kelapa muda untuk Abi, saya beli nanas,kedondong, bengkoang dan dapet bonus mangga pelem dari Bapak penjual yang walo saya maksa2, beliau ogah dibayar #Alhamdulillah

Malem2 sempet2in bbm sepupu yang jago bikin rujak ini, nanya resep. Jam 9 malem dieksekusi dech jadi nanti pulang Dzuhur dari masjid, setelah makan siang, Paksu bisa menikmati segelas rujak segar ini.Sengaja saya ngga pakein cabe, siapa tau ABI mau ikutan makan 😉 dan ternyata Abi doyan banget! cuma sehari doang , abisbdech rujak 1 mangkok besaaar 😀

BAHAN :
Semua buah, setelah dicuci bersih, diparut pake parutan pepaya.

Buahnya pun bebas pake apa aja yg ada, asal yang seger dan beraer, asem manis dicampur aja.

Pepaya mengkal 1 buah ukuran kecil
1buah bengkoang
1 buah nanas
3buah mangga pelem ( mangga muda )
5buah kedondong
1/2 kilo jeruk peras, ambil airnya
Gula sesuai selera manis
Sedikit garam
Sedikit cabe merah buang biji, iris tipis ( saya skip, karna Abi dan Paksu ngga suka pedas )

CARA :
Cuci bersih buah2an, parut ( kecuali jeruk ) sisihkan

Masak gula bersama sedikit air ,setelah agak dingin, masukkan buah parut, garam, dan air perasan jeruk, aduk rata, koreksi rasa.

Dinginkan , simpan dalam kulkas ,sajikan dingin.Seger banget! Dalam sehari langsung abis donng dan the boys request lagi, jadi besoknya bikin double dech, biar puas 😀

image

Advertisements
Leave a comment »

Resep Juice Pencegah Flu

Siklus jam biologis Abi lagi berbalik.Iya, berbalik. Abi bisa melek semaleman dan tidur sepanjang siang 😥
Udah dicoba berdua Popi, dicari trigger awalnya apa, rasa2nya ngga ada yang aneh.Hidung, tenggorokan, telinga, kepala, dari Abi ngga ada keluhan.Mampet hidung pun udah ilang, Alhamdulillah, masyaallah sejak minumnya diganti Kangen Water.

Diseka aer hangat ,dibalur telon, kaos kaki, baju hangat, susu hangat, lampu redup, dinacain 4-5buku cerita, Abinya masih gagah aja,masih seger buger. Trus dia ngapain semaleman sampe pagi? adaa aja yang dikerjain nya, mulai  ngerjain Reading eggs, bikin2 simple craft, ngegambar, IXL, maen kereta , nonton , daaan konsentrasinya tetap tinggi.

Dipaksa tidur? udah, dan berujung emosi di mominya jadi itu sangat dihindari, sangat.Dibiarin? sementara ini iya, sembari ditungguin dulu beberapa hari ini, baru discuss lagi ke Popi ,mau diapain.Bukannya ngga mau bawa dia consult ke dokter anak ,Abi itu udah super stress duluan kalo liat RS, ngga tega euy,beneran ngga tega.

Jadi? Antisipasi dari asupan gizi dan pastikan jumlah jam tidurnya tetap cukup, 8-10jam setiap hari, walau pernah baca artikel ,katanya tidur malam tidak akan bisa disubstitusi dengan tidur siang.

Pagi2, sebelum dia ngantuk, sudah saya siapkan buah potong kesukaannya kaya apel, jeruk, atau mangga. Lalu beberapa saat kemudian saya beri menu nasi dengan lauk favoritnya, Alhamdulillah selalu lahap dan habis karena sambil diajak cerita.Selang sejam, mandi, saya kasih juice untuk booster daya tahan tubuhnya plus 1 sendok gamat, ngemil2, sikat gigi, barulah Abi bobo, sampe sore.Bangun tidur langgsung makan buah dan nasi, malem2 makan nasi lagi, dengan moderate portion. Berdoa selalubagar ABI sehat2 walo siklus tidur malemnya lagi agak2 ngga on the track aamiin

JUICE WORTEL APEL JAHE
Untuk gejala flu
BAHAN
2 buah wortel import
4buah apel Malang ato apel apa aja
yang ada
1 ruas jahe

CARA
Proses dengan juicer untuk mendapatkan 1 jar juice
Ato dengan blender dengan penambahan sedikit air dan usaha penyaringan ampas

image

Leave a comment »

Hot Chocolate Enak ala Cafe

Kalo saya ngopi di kedai kopi, sesekali, kalo lagi mau, Popi akan pesan Hot chocolate. Harganya lumayaaaan, bikin kantong mewek, nyaris 50ribu untuk 1 gelas sedang, hikksss..

Naah, ketemu ngga sengaja, resep bikin hot chocolate enak ala2 cafe, lumayaaan banget kan? modal muraaah, 50 rebu mah bisa 1 bulan kali yaaa ^_^. Kuncinya, pilih jenis cocoa powder yang enak dan favorit.Yang saya pakai? Van Houten, soalnya itu yang biasa dipake hihi.Saya bikin adonan biang agak banyak, jadi sisanya saya simpen di toples kaca, tutup rapat.Jadi kalo mau bikin hot chocolate sewaktu2, tinggal manasin susu UHT aja kan.

Abi suka banget! sengaja saya bikin ngga terlalu manis dan saya extra kan jumlah coklat bubuk nya ^_^

HOT COKLAT ALA CAFE

BAHAN biang Coklat :

6sendok makan coklat bubuk
6 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
Aduk rata di dalam mangkuk, sisihkan.

Saat mau disajikan, tuang seporsi adonan biang ke dalam cup, panaskan sejumlah susu UHT plain sambil diaduk2 cepat pake whisk agar berbusa, saat mendidih, tuang ke cup isi coklat tadi, aduk cepat.

Agar dihasilkan busa yang banyak khas cafe2,gunakan alat pengocok pembuat busa, isi susu setengah cup aja karna busa yang dihasilkan akan memenuhi isi cup kook ( untung nya gede juga yaaa kalo jualan ).

Saya beli alat pembuat buih nya di toko pedia seharga 60 ribu perak  ,seneeeng banget, bisa bikin buih untuk hot chocolate dan kopi ^_^

Rasanya? hmmm, gurih, nyoklat abis ^_^

image

image

image

Leave a comment »

Juice Nanas-Ketimun-Strawberry

Oke, selama musim lembur dan masa peralihan cuaca dari kemarau ke penghujan, setiap hari saya usahain nyajiin juice dalam menu Popi dan Abi, kadang buah potong, atau jelly buah ( yang terakhir ini less favorite )
Setelah hari Rabu kemaren bikin juice mangga, makan Kamis kemaren saya bikin juice ketimun-nanas-strawberry.Ini rupanya bukan favoritnya Abi karna dia hanya habis 1 gelas kecil, kalo Popi sih, juice apapun rata2 mau minum dan abis ^_^

BAHAN :
Semua buah dicuci bersih, jika bukan organik , saya rendam dulu dengan baking soda dan vinegar beberapa saat, lalu cuci bersih.

2buah nanas ukuran sedang, buang bonggol tengahnya, potong2
5buah ketimun ,potong
1 pack strawberry
Madu atau simple syrup sesuai selera manis,
air secukupnya

CARA :
Gampang, blender semua buah,tambahkan air, prosess hingga rata, sajikan ^_^

1 gelas untuk diminum malam saat popi pulang kerja , 1 gelas lagi diminum saat sarapan pagi, bersama pisang goreng dan telur setengah mateng.

Semoga sehat2 terus ya Pop, kita hanya ikhtiar, Allah yang Maha menetapkan apa yang terbaik ^_^

image

image

Leave a comment »

Resep Minuman : Jus Melon, Pakcoy Nanas

Bikinin untuk Popi, ternyata Abi pun suka,abis duluan 1 gelas kecil sebelum disaring, bayangkan, sebelum disaring seampas2nya 😀

Sekarang, semurah apapun, saya usahain ada menu buah atau juice buat Popi.Kalo Abi mah makan aja lauknya buah hahaha, kebetulan kemaren dapet pakcoy organil beli 1 gratis 1, pesen nanas sama Bude sayut via sms subuh2, pagi2 nya udah dianterin ke rumah, plus buah melon setengah buah,  ukuran agak kecil .Daya olah dech jadi juice, tanpa tambahan gula, udah manis kook ^_^

BAHAN :

4 Ikat pakcoy, bersihkan dengan sangat baik walau organik,
3 buah nanas ukuran sedang agak besar ,
1/2 buah melon hijau,
Jeruk nipis 2 buah, ambil airnya,
air secukupnya

CARA :
Semua bahan dicuci bersih, potong2 , blender hingga halus,cicip rasanya

Saring pake saringan teh
Dinginkan

image

sebelum disaring

image

image

Leave a comment »

Resep Minuman : Juice Mangga Kaweni a.k.a Kebembem

Inget kaweni itu inget saat2 menjelang pernikahan ^_^

Saat keluarga calon suami ( sekarang tentu udaah suami dan belum pernah bosaaan hihi ) dateng dari Bandung,karena asumsi keluarga saya saat itu bahwa orang Sunda suka yang seger2,makan dikirimlah 2 peti oleh temen Papa ku yang punya kebun di kampung beliau.Jadilaaah setiap hari,ngegado dan ngerujak kaweni.

Naah wiken kemaren dapet oleh2 sari mimi yiyi saat maen kemari. Mau disambel kok ya Popi ngga doyan ( di Palembang biasanya dibikin sambel ), sementara wangiiiinya sangat menggoda hidung, kalo dimakan langsung kan getah kaweni agak tajem ya, jadi saya bikin juice.

Cuaca lagi peralihan dari panas ke ujan, popi lagi musimnya lembur, kayanya buah adalah menu wajib dech

BAHAN
5buah kaweni matang ( manis asem rasanta, segeeer dan wangii banget ), kupas,cuci, potong

Susu kental Manis atau madu ,sesuai selera level manis

Susu UHT 300 mili

Sedikit es batu biar agak dingin

Blender semuanya hingga halus, jika dirasa terlalu kental, tambahkan susu UHT ato air, koreksi rasa, sajikan ( dapet 4 jar )

image

Leave a comment »

Resep Es Kacang Merah

Popi ngga doyan jenis dessert ini, demikian juga Abi.Jadi, saya bikin es ini wiken kemaren saat mimi yiyi sekeluarga kecil maen ke rumah, juga pas saat ada mimi Iis, hihi jadi saya bisa bagi dua dech ^_^

Menurut saya,kunci es kacang yang enak adalah tekstur kacangnya yang empuk dan rasa nya yang legit meresap merata sampe ke dalem kacang.Jadi, sebelum diolah, rendam dulu kacang merah semalaman, dnegan rajin mengganti air rendaman agar tak bau.

Saat merebus kacang, rebus saja kacang bersama air mendidih hingga empuk, jangan ditambahin apapun , baik itu gula atau garam.

Saat bahan2 lain sudah masuk, masak dengan api kecil agar semua bahan meresap sempurna ke dalam kacang

Legit,manisnya pas, kacangnya empuk, lumayaaan lah, mirip dengan es kacang merah yang biasanya dulu suka saya makan di Beautika. Owiya, yang saya bikin ini adalah yang ala2 Manado, bukan es kacang ala Palembang.

Kalo es kacang ala Manado, dimasak dengan tambahan coklat bubuk, disajikan dengan santan kental plus susu kental manis coklat. Sementara es kacang Palembang disajikan dengan sirup merah dan susu kental manis putih.Sebagian juga mejadikannya pasangan dalam penyajian es puter santan.

Agar praktis, yang versi saya ini, santannya tidak dipisah,melainkan saya masak bersama gula dan kacang.

BAHAN
500gram kacang merah
250gram gula aren ( sesuaikan dengan level manis yang diinginkan )
100gram gula pasir
2 sendok makan coklat bubuk favorit
300mili santan kental
4 lembar daun salam, ikat simpul
sejumput garam
sedikit vanilla jika suka

CARA :
Rebus kacang merah yang sudah saya rendam sehari semalam hingga empuk,

jika sudah empuk,masukkan daun pandan, gula merah, gula pasir, masak hingga gula larut, tuang coklat bubuk yang telah dilarutkan dengan air panas

Tambahkan garam dan santan kental, masak dengan api keciiil,tambahkan vanilla
Godok hingga air habis dan kacang mengental, dinginkan.

Jika dirasa terlalu manis, saat penyajian : tuang kacang merah ke mangkuk atau gelas saji, tambahkan susu UHT dan es batu, siram dengan topping susu kental manis coklat, sajikan.
image

image

Leave a comment »

Resep Minuman : Juice Strawberry Mangga, Bagus untuk melawan gejala Flu

Pulang kerja, Pak Su menunjukkan gejala kurang sehat, badan beliau hangat,walo ngakunya ngga apa2, tapi istri ngga bisa dibohongin yaa.Apalagi dengan riwayat darah tinggi dan penyakit jantung beliau, saya sama sekali tidak pernah menganggap remeh gejala2 awal flu sekali pun.

Jadi malem itu, Abi saya yang pegang dan Alhamdulillah dia pengertian banget bahwa popi nya lagi ngga enak badan, Abi nurut, ngga gangguin.Saya bikin sup daging dan nasi lembek, juga saya kupasin buah mangga 2 buah untuk beliau, minum gamat, lalu Pak Su tidur.

Besoknya, saya bikinin juice strawberry mangga untuk beliau.

BAHAN :
2pack buah strawberry.Karna dapetnya strawberry non organik, jadi sejam sebelum diolah, saya rendam.buah tsb dalam air plus vinegar,baking soda dan garam, lalu cuci bersih, tiriskan

2buah mangga apa aja,kupas,cuci,potong

susu kental manis atau madu, pengganti gula, sesuai selera tingkat kemanisan

Susu UHT 500mili

Blender semua bahan hingga tercampur rata, sajikan  di gelas saji.Saya ngga kasih es batu karna untuk Popi dan Abi
Untuk saya,tinggal tambahin aja es batu biar seger

image

image

Leave a comment »

Minuman Susu Coklat : Milo Dinosaurus

Suatu sore, tanpa rencana, kami bertiga melipir ke kedai cemilan deket rumah, yang lagi happening saat iu : CUBITE,nama kedainya.

Sesuai namanya,menu utama yang mereka jual adalah aneka kue cubit dan makanan ringan lain kaya martabak minj,juga aneka mie instan dan nasi goreng gaul.

Karna saya bukan penggemar kue cubit dengan alesan ngga bisa mentolerir rasa kendal baking soda di lidah,jadi saya pesen indomie aja plus minuman dingin.

Pilih dipilih, akhirnya saya order Milo Dinosaurus karena kayanya ngenyangin hehehe .Enaaaakk, mereka kasih tambahan topping kaya cereal karamel gitu, karna saya pesan yang tanpa marsmellow .Harga 1 gelas minuman itu sekitar 35 ribuan.

Naaah mulailah kebiasaan jelek saya muncul, kepikiran dengan harga segitu  , beli milo dan bikin sendiri, bisa puas kali yaaa.

Akhirnya, bikin dech, dengan modal 5 sachet milo, dapet 4 gelas milo dinosaurus yang enaaak banget,ngenyangin pula

BAHAN
5 sachet milo
500mili susu UHT
100 mili whipped cream
susu kental manis coklat
coklat bubuk 1 sendok makan penuh
es batu

CARA
Blender semua bahan, cicipi tingkat manis, jika sudah pas, tuang ke gelas saji, taburi dengan milo 1 sachet

Aduuuh meuni enaaak dech, ngga boong

image

image

image

image

image

Leave a comment »

Fruit Roll ,Alternatif Permen Sehat

Ini banyak banget video tutorialnya di youtube yang juga dishare si grup2 facebook, sampe akhirnya saya penasaran akut pengen ngerasain karna nampaknya gampang banget dibikin.

Waktu ke Toko Buku di mall,saat belanja kebutuhan #sekolahbumomi,saya beli dech kertas roti untuk alas ngegulung buah nya.

Kebetulan dapet strawberry organik beli 1 gratis 1, dan harga mangga lagi murah bangeeet (10ribu sekilo ), ya udahlah  , saya eksekusi si permen buah ini ^_^.

Bahannya gampang banget, hanya buah bisa strawberry, blackberry, blueberry, mangga ( saya coba yang strawberry dan mangga ), diblender halus tanpa tambahan air

Tambahkan madu untuk buah yang asam kaya strawberry ( untuk mangga, hanya buah murni ),

Siapkan loyang datar ( ie loyang bolu gulung ato kue kering ) lapisi dengan kertas roti,

tuang buah yang sudah diblender halus tadi  ratakan tipis di loyang, oven dengan api kecil kurang lebih 2-3 jam

Setelah matang, tekstur akan agak lembab, dinginkan

setelah dingin, gunting memanjang dengan gunting dapur, gulung.

Saat mau dimakan, buka gulungan, lepaskan kertas rotinya ( akan mudah kok ,ngga nempel ), haaap, masuk mulut , kunyah

Teksturnya chewy agak2 kenyal, rasanya asem manis segeer

PS : yang strawberry ngga sempet kefoto, udah keburu abis ^_^

image

image

image

image

Leave a comment »