Riniivan's Blog

Something about my life

Spaghetti Tuna Pedas

Ini masakin buat mimi Iis yang suka pedas.Saya udah tobat kayanya makan pedas.Makan siih, tapi ngga yang level advanced atau menengah, kalo pesen gado2 atau ketoprak,yaahh cabe 1bijj lah.Kalo makan indomie dengan irisan cabe, mie nya abis, cabenya ditinggal bergerombol.

Naah, kalo ngomongin spaghetti tuna, supaya ngga terlalu berasa tuna, emang harus pedas.Dulu, tiap 2 atau 3 minggu sekali, kayanya wajib makan spagheti tuna ini di Nanny’s Pavillon di mall deket kantor. Biasanya saya pesen minum 2 macam, 2 gelas besaar, salad, spaghetti tuna dan chocolate waffle ^_^ semua tandas tanpa ngerasa sakit perut kekenyangan, pas aja. Temen2 sampe takjub sama porsi makan saya, namun lama2 terbiasa ,jadi ngga heran lagi.

Sekarang ,bikin aja laah sendiri, baik pake tuna segar dikukus  trus disuir atau biar praktis ngga bau ikan sedapur mungil saya, beli ajalah tuna kalengan, toh yang makan saya ( dan mimi,kalo lagi di rumah ) doang dan itupun sesekali.Saya pake AYAM Brand yang udah ada label Halal MUI.

Bahan :
segenggam spaghetti, rebus bersama minyak dan sedikit garam dalam panci air mendidih.Rebus sampe pas kenyalnya, jangan terlalu lembek,

segenggam cabe rawit, iris,
5siung bawang putih cincang halus
1buah bawang bombay, cincang halus,
2buah tomat cincang halus
1kaleng tuna
daun jeruk 2 lembar
mentega atau olive oil untuk menumis

CARA

Tumis bawang bombay, cabe,hingga layu, masukkan bawang putih, masak hingga harum,masukkan tuna, suir2 hingga kecil2 tersuir rata, tambahkan daun jeruk yang dibuang batang tengahnya, masukkan tomat, garam, gula sesuai selera  ,koreksi rasa.Masak hingga matang

Sisihkan sedikit tumisan tuna untuk topping.Masukkan spaghetti rebus ke dalam tumisan tuna, oseng2 sekilas hingga bumbu merata.

Sajikan, beri topping sedikit, endess pedesnya

image

image

Leave a comment »

Resep Es Kacang Merah

Popi ngga doyan jenis dessert ini, demikian juga Abi.Jadi, saya bikin es ini wiken kemaren saat mimi yiyi sekeluarga kecil maen ke rumah, juga pas saat ada mimi Iis, hihi jadi saya bisa bagi dua dech ^_^

Menurut saya,kunci es kacang yang enak adalah tekstur kacangnya yang empuk dan rasa nya yang legit meresap merata sampe ke dalem kacang.Jadi, sebelum diolah, rendam dulu kacang merah semalaman, dnegan rajin mengganti air rendaman agar tak bau.

Saat merebus kacang, rebus saja kacang bersama air mendidih hingga empuk, jangan ditambahin apapun , baik itu gula atau garam.

Saat bahan2 lain sudah masuk, masak dengan api kecil agar semua bahan meresap sempurna ke dalam kacang

Legit,manisnya pas, kacangnya empuk, lumayaaan lah, mirip dengan es kacang merah yang biasanya dulu suka saya makan di Beautika. Owiya, yang saya bikin ini adalah yang ala2 Manado, bukan es kacang ala Palembang.

Kalo es kacang ala Manado, dimasak dengan tambahan coklat bubuk, disajikan dengan santan kental plus susu kental manis coklat. Sementara es kacang Palembang disajikan dengan sirup merah dan susu kental manis putih.Sebagian juga mejadikannya pasangan dalam penyajian es puter santan.

Agar praktis, yang versi saya ini, santannya tidak dipisah,melainkan saya masak bersama gula dan kacang.

BAHAN
500gram kacang merah
250gram gula aren ( sesuaikan dengan level manis yang diinginkan )
100gram gula pasir
2 sendok makan coklat bubuk favorit
300mili santan kental
4 lembar daun salam, ikat simpul
sejumput garam
sedikit vanilla jika suka

CARA :
Rebus kacang merah yang sudah saya rendam sehari semalam hingga empuk,

jika sudah empuk,masukkan daun pandan, gula merah, gula pasir, masak hingga gula larut, tuang coklat bubuk yang telah dilarutkan dengan air panas

Tambahkan garam dan santan kental, masak dengan api keciiil,tambahkan vanilla
Godok hingga air habis dan kacang mengental, dinginkan.

Jika dirasa terlalu manis, saat penyajian : tuang kacang merah ke mangkuk atau gelas saji, tambahkan susu UHT dan es batu, siram dengan topping susu kental manis coklat, sajikan.
image

image

Leave a comment »

Resep Mashed Potato Creamy

Mumpung lagi ada sisa kentang seabis bikin potato gratin untuk dibawa ke rumah Mimi Yiyi ( baca : adek saya, tante nya Abi) dan masih ada stock sosis bratwurst, kenapa enggak diolah untuk brunch aja ya ?

BAHAN :
500 gram kentang, potong2, kupas, cuci bersih ,kukus

Butter 3 sendok makan

Keju parut 75gram
whipped cream 50mili

gula garam secukupnya
sedikit daun oregano

CARA :
Dalam kondisi panas, taro kentang kukus di mangkok besar, haluskan dengan menggunakan garpu.

Tambahkan semua bahan lainnya sambil diaduk rata, lakukan koreksi rasa

Teksturnya halus banget dan rasanya creamy tapi ngga eneg, saya sajikan bersama sosis bakar berbumbu kecap plus telor mata sapi, mantaap!

image

image

Leave a comment »

Alternatif Sarapan dan Snack : Potato GRATlN

Mumpung harga kentang lagi murah ,kemarin beli 2 kilo dengan ukuran besar2. Sebagian kecil udah diolah jadi balado kentang udang pedas untuk bekel lauk popi hari ini, sebagiannya mau diolah untuk menu sarapan.

Rada penasaran dengan yang namanya Potato gratin, secara salah seorang senior di dunia pertemanan sering upload foto2 potato gratin beliau yang nampak sangat delish .Mau order tapi takutnya mubazir ngga kemakan, karna Popi dan Abi kurang menyukai jenis pasta .

Jadi kepikir bikin aja lah, porsi kecil, dan dibikinnya tanpa bumbu berat kaya macaroni schotel. Saya hanya pake susu, keju dan kentang aja.

BAHAN :
1/2 kilo kentang ukuran besar, kupas, iris tipis2 membulat,sisihkan ( rendam ait garam agar getahnya berkurang dan kentang tidak berubah warna )

3cup susu uht plain
4sendok makan butter
1bawang bombay iris kasar
250gram keju parut
oregano kering
sedikit gula garam agar gurih
1 buah telur kocok lepas
3sendok makan terigu

CARA :
Bikin dulu saus putihnya :
di wajan, lelehkan butter, masukkan bawang bombay, tumis hingga harum, masukkan terigu, tuang susubyang udah dikocok dengan telur, aduk cepat agar tidak menggumpal.

Tambahkan gula garam dan koreksi rasa, masak hingga mengental,sisihkan

Di loyang yang sudah dioles margarin, tata kentang, siram dengan saus putih dan bawang bombay, taburi keju dan oregano secukupnya, tutup lagu dengan kentang, saus putih, bawang bombay dan keju parut, lakukan hingga penuh, terakhir, siram dengan saus putih, taburi keju parut.

Oven dengan suhu sedang hingga matang, lakukan  tes tusuk,jika sudah tidak ada yang menempel, berarti sudah matang, sajikan ^_^

Alhamdulillah, Popi dan Abi suka ^_^

image

image

image

image

image

Leave a comment »

Milky and Chessy Baked Rice

Ini judulnya masakin buat Yangpa ( baca : Eyang Papa a.k.a kakek Abi dari Bandung ) yang kebetulan masih dalam masa recovery sehabis sakit.Kata dokter, makannya harus yang lunak.Udah ngobrol sama Popi, kalo Yangpa dateng, mau dibikinin nasi tim.( secara popi ngga gitu doyan nasi tim ). Alhamdulillah Popi setuju aja dan bersedia lunch dengan menu nasi tim hehe..jadi aku ngga harus double masak, karna Abi doyan nasi tim.

Naah..hari minggunya, masih mencari menu yang lunak untuk pencernaan Yangpa, aku bikin aja baked rice ala ala resto Italia. Dan Alhamdulillah semua suka, dan habis tanpa sisa 😀

BAHAN
Beras 1.5 cup, cuci bersih, sisihkan,
Daging giling 100 gram,
Bawang bombay 1buah iris halus
Bawang putih 5 siung geprek dan cincang,
Wortel Jepang big size 1 buah, diparut,
Jagung manis dipipil,
Susu UHT 300mili,
Keju cheddar parut 150gram,
Keju mozarella 150gram, separuhnya buat taburan.,
Merica, garam, gula secukupnya
Tomat 2buah, blender halus
Butter untuk menumis

CARA :
Panaskan butter,tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu dan harum,
Masukksn daging giling, masak hingga matang,
masukkan wortel dan jagung, disusul tomat halus.

Masukkan beras disusul susu cair, aduk-aduk,
Tambahkan keju parut ( mozarella dan cheddar ), aduk rata.
Tambahkan merica bubuk, gula dan garam.

Cicipin dan sesuaikan rasanya.Aduk aduk hingga cairan menyusut.Matikan kompor.

Tempatkan adonan nasi di pinggan tahan panas , kukus hingga matang.

Lalu keluarkan dari kukusan setelah agak dingin, taburi keju cheddar dan mozzarella parut, oven sekitar 5menit di suhu 150 derajat.

image

2 Comments »

Italian Frittata in a Cup

Hari ini jadwalnya kondangan ke Jakarta.Karna Abia masih makan masakan mominya doang ( mau anaknya emang gitu ), jadi buat sangu lunchnya aku bikin nasi tim ayam .Naah mikir, untuk sayurannya apa ya? Dan lagi, biasanya Abi rada susah makan kalo lagi di jalan.Kepikiran dech, bikin frittata ini, yang bisa jadi lauk makan atau camilan.

BAHAN :

2 buah bawang bombai,
5 siung bawang putih cincang,
1 buah paprika merah, cincang,
300 gr daging ayam ayam kampung giling yang udah dipan fry dan diiris.
Brokoli 150gram, petik dan buang tangkainya,
Wortel Jepang 1 buah iris kotak ,
Garam dan merica sesuai selera,
100gram keju mozarella parut,
Telur ayam 8 butir,
Whipped cream + susu UHT 200mili,
Butter + olive oil untuk menumis.

CARA MEMBUAT :
Tumis bawang bombai hingga layu lalu masukkan bawang putih, tumis hingga harum.

Masukkan paprika, ayam, disusul brokoli dan wortel.
Tambahkan garam dan merica secukupnya.
Masak dan sisihkan.

Di mangkuk terpisah, kocok telur, merica hingga mengembang.Jika suka asin, boleh tambah garam.Kalo aku enggak, karna Abi makannya less salt dan gurihnya didapet dari keju.

Tambahkan susu dan whipped cream serta keju.Kocok hingga menyatu sempurna.

Di cetakan muffin, tuang 1sendok makan tumisan sayur, lalu tuang adonan telur – susu.

Oven di suhu 150°C selama kurang lebih 45 menit.

Done! ^_^

image

image

Leave a comment »

Macam Nasi : Risotto !

Hihihi…ini bukan sejenis nasi soto seperti perkiraan Popi.Ini nasi nya orang Italy.

Jadi ceritanya, udah 2 hari ini ujan melulu, tukang sayur ngga jualan, ke pasar kok ya males banget yaa..mana Abi ngga mungkin mau ditinggal ke pasar, wong ditinggal ngepel teras aja ngerengek2 mo sama momi.

Jadi, dengan alasan itu ditambah pertimbangan kepraktisan,dibikinlah risotto ini. Ngga ada beras Abrorio khas italy, pake beras biasa lah. Bahannya ngorek2 stok di kulkas.Ada jamur kancing, jamur shitake, ada brokoli dan masih ada fillet ayam.Oke..let us do it ! Aku ngga pake takaran berat ya, semua sesuai yang tersisa, jadi no worries, ngga akan gagal 😉

BAHAN :
Beras, 2 cup cuci bersih
air kaldu 600mili ( aku pake kaldu dari rebusan daging )
Bawang bombay 1 buah  iris halus
Bawang putih 5siung cincang halus
Brokoli
Fillet ayam, potong dadu
Jamur shittake
Jamur kancing
Garam dan merica secukupnya
Butter dan olive oil untuk menumis

CARA :
Tumis bawang bombay hingga harum, disusul bawang putih.

Masukkan ayam, tumis hingga matang
Masukkan beras, aduk
Tuang setengah air kaldu, aduk hingga air meresap

Masukkan jamur dan brokoli, garam dan merica, aduk rata.

Terakhir, masuklan ke magic com, tuang sisa air kaldu, masak.

Untuk Abi, aku tempatkan di mangkok makannya, parut mozarrella cheesse, angetin di microwave hingga keju leleh.

Abi sukaaaa, abis porsi lumayan besar.

Alhamdulillah..bisa jadi alternatif kalo Abi lagi susah makan

image

Leave a comment »

RESEP : MAKARONI SCHOTEL

Sebenernya, suamiku gak doyan banget sama makanan ini, tapi aku penasaran banget pengen nyoba bikin. Tester nya tho bisa tetangga ato temen2 kantor 🙂 resepnya dicontek dari website cakefever, thanks to the writter yah…

BAHAN :

Keju  180 gram , dipotong kotak2

keju 100 gram,diparut

Daging giling : 200 gram

Susu cair : 600 liter

Makroni : 1 bungkus +/- 200 gram

lada dan pala, secukupnya, Pala ya agar lebih wangi, aku pake pala bulat dan aku parut

Margarine utk menumis

Bawang bombay : 1 buah, iris halus

Bawang putih 5 siung, digeprak

Maizena 2 sendok makan —> agar mengikat adonan

Telur  : 4 butir

Untuk Topping ( biar rasa lebih gurih )

BAHAN:

Susu cair : 250 ml

keju parut : 100gram

Margarine : 1 sendok makan

Terigu : 1 sendok makan

lada  secukupnya

garam sedikit saja

CARA MEMBUAT MAKARONI :

Siapkan Makaroninya :

Didihkan Air, masukkan makaroni + minyak zaitun agar makaroni tidak lengket, jangan rebus terlalu lama, cukup 3/4 matang, tiriskan

Siapkan Adonan Susunya :

Campur rata : 600ml susu cair + telur+ tepung maizena

Tumis : Bawang Bombai + Bawang putih hingga harum

Masukkan daging giling, aduk2 rata hingga harum

Masukkan makaroni + adonan susu—-> aduk rata  k

Masukkan keju yang dipotong kotak2 + separuh keju parut

Tambahkan lada halus dan merica —> utk ukurannya, cicipi aja dan sesuaikan dengan selera

Aduk2 rata

Siapkan loyang pyrex yang telah disemir margarin

Masukkan adonan makaroni tadi

Kukus sebentar saja untuk lebih mematangkan makaroni nya

Sementara itu, siapkan toping :

Campur semua bahan —-> masak di api kecil hingga semua bahan merata dan mengental

Angkat Makaroni kukus tadi , siram dengan larutan topping, oven jangan terlalu lama

TIPS :

Topping ini membuat rasa makaroni lebih cheesy dan gurih

Pada saat mengukus, tutup kukusan dibungkus dengan kain agar makaroni tidak terkena tetesan uap air

Perhatikan lama pengukusan dan pengovenan, semakin lama akan membuat tekstur makaroni makin keras

Jika ingin lebih cheesy, gunakan keju  edam

Sajikan hangat dengan saus sambal botol

Besoknya dibawa ke  kantor buat sarapan bareng temen2, komentar Ida, Nana dan Stefanus: “Yummy banget Rin, so Cheessy ” Malahan Nana yang statusnya Bumil , minta dibawain lagi hehehehehe

3 Comments »