Riniivan's Blog

Something about my life

STEM Learning : Constructing Bridge from Popsicle Sticks, It’s Engineering

Building and constructing a bridge using popsicle sticks.To build a quiet strong structure, Abi decided to make a crossing model under the straight bones of sticks,and yes, he succeed. The simple bridge can carry up lot numbers of his hot wheel cars

image

Advertisements
Leave a comment »

STEM LEARNING ,Plastic Bag Explosion ,It’s SCIENCE

Prinsip experiment ini sama denganĀ  bikin volcano explosion yang merupakan reaksi antara asam dan basa yang menimbulkan gas yang bertekanan dan letusan

Bungkus 2-3 sendok makan baking soda dengan tissue tipis, masukkan ke dalam plastik berseal,tetesi pewarna ( optional sih ya), tuang vinegar, dengan cepat segera seal dan tutup rapat plastik.Tunggulah, saaat vinegar berhasil mencapai celah2 tissue dan bereaksi dengan baking soda,mereka akan meletus ^_^

image

image

image

image

image

Leave a comment »

STEM LEARNING : It’s Constructing A Tower from Plastic Cup, It’s ENGINEERING

image

image

image

image

image

Purpose of this learning is to show Abi the principal of balancing. Besides ,it also shows him to be patient and focus to arrange the cups

Leave a comment »

#sekolahbumomi #Preschool Home Schooling , Bermain Toples Mencari Treasure

image

image

image

image

image

image

image

Permainan ini sederhana banget, bermodalkan wadah bening atau toples bahan plastik bening transparant, saya isi beras ( bisa pake grain jenis laen kaya kacang ijo ato jagung kering kecil2 ) dan aneka benda, diusahakan diantara banyak benda tersebut ada beberapa yang sejenis atau sewarna atau sebentuk.

Minta anak mengocok2 toples,lalu beri challance anak agar menghitung benda2 yang sama, disini kuta bisa beri semacam ceklist misal benda berwarna pink, benda berbentuk bulat, benda berwarna apa dll ,dkk

Yang mau dilatih : ketajaman mata anak dan memori nya apakah benda tsb udah dihitung sebelumnya atau belum

Jika sudah selesai, bareng2 anak, buka toples, bongkar isinya, cocokkan jawabannya.

Gampang ya?

Leave a comment »

#sekolah BuMomi #Preschool Homeschooling : Berhitung Penjumlahan Bersama Thomas and Friend

image

image

image

image

image

image

Tugas saya, sebagai emak2 yang anaknya ngga mau sekolah adalah merangsang semua indera dan kecerdasan anak, baik itu sisi visual, auditory,kinestatis, verbal, logical,mathematical , dll,dkk.

Abi lagi suka banget sama kereta api Thomas and Friend dan lagi challanging dalam berhitung? maka saya kombinasikan keduanya, berhitung bersama Thomas and friend.

Biar lebih asyik dan menyenangkan buat abi? Pake media garam dapur sebagai pengganti salju. Bikin alur cerita biar ngga berasa belajar.

Contoh cerita yang saya pake, Diesel dan Diesel 10 serta Rocky dapet tugas dari Sir Thopam Hatt ( Pak Pengawas ) untuk menggali timbunan salju ,mencari treasure berupa surat berisi soal penjumlahan.Setelah ditemukan,adalah tugas Thomas dkk menghitung soal penjumlahan tersebut dengan alat bantu stik es krim yang ditempeli kertas bulat2 sejumlah angka yang dimaksud.Lalu, team engine bersama2 akan mengantar surat tadi kr station ber angka sesuai dengan hasil penjumlahan. SERU! Abi sangat antusias menyelesaikan semua soal hitungan ^_^

Leave a comment »

#sekolah bumomi #preschool home schooling : Melukis di Atas Es Batu

image

image

image

Media lukisnya adalah es.Agar dihasilkan warna es yang putih kaya kertas, berilah sejumlah baking soda ke dalam air sebelum dibekukan, gunakan wadah lebaar agar anak leluasa menggunakan medianya .

Cat airnya, saya pake cat bikinan sendiri dari pewarna, garam dan sabun cuci piring

Setiap media udah penuh, bilas aja pake aer , bersih lagi kok dan bisa dipake lagi berulang2 sampe anak bosan ^_^

Leave a comment »

#sekolahbumomi : Mengelompokkan Benda dengan Sapu

image

image

image

image

image

image

image

Permainan gampang tanpa persiapan yang ribet. Bikin beberapa kotak ato batasan di lantai, Abi diminta menyapu dan memasukkan beberapa jenis benda ke dalam wilayah kotak tadi. Ada batu kerikil, biji kacang ijo, kertas, daun kering.

Setelah selesai , kita ngobrol nih, dan Abu menyimpulkan , paling susah nyapu biji kacang ijo, ditanya mominya kenapa? Jawab Abi ” karna round mom, kecil pula, jadi dia run2 away gitu,kaya bola, rounding ajaaa”

Dijelaskan tentang massa benda juga bentuk dan jenis, sederhana kan

Leave a comment »

#sekolahbumomi : Belajar Teknik Memadamkan Api

Berkaitan dengan kemarau panjang, berkaitan dengan asap tebal yang melanda kampung halaman mominya karena pembakaran lahan,maka saya pikir,Abi perlu dikasih tau nih cara2 sederhana jika dia melihat api kecil yang harus dipadamkan : dengan ditiup ( misalnya lilin ), dengan diputus udaranya ( misalnya ditutup denga  botol) ,disemprot atau siram.air,dan ditutup dengan kain basah ( dua terakhir yang penting )

image

image

image

image

image

Leave a comment »

#sekolahbumomi : Belajar Berhitung dengan Stick Es Krim

image

image

image

image

image

Belajar berhitung penjumlahan.

Stick es krim yg ditulisi soal penjumlahan sederhana plus wadah apa pun yang ada di dapur,yang ditulisi hasil penjumlahan. Jika anak butuh alat bantu  variasikan saja dengan alat yang ada,bisa tusuk gigi, lidi, bola2,sempoa, sedotan , atau apa pun untuk membantu mereka menghitung.ABI bahkan pinjem jari2 saya walau udah saya siapin bola2 plastik kecil untuknya ^_^

Leave a comment »

#sekolahbumomi ,Misi Penyelamatan Hewan2 yang Terjebak dalam Es

Ini lumayan efektif untuk membuat anak sibuk, terutama saat kita, ibunya, punya seabrek kerjaan rumah tangga yang harus diselesaikan. Kenapa efektif? Karna dibutuhkan sekitar 1.5 jam untuk mencairkan es batu dengan air garam. Kebetulan masih banyak sisa garam warna warni bekas Abi bermain dengan solid transferring dan rainbow salt kemaren2, pas dech kan ya.
Aneka hewan karet dan aneka benda2 kecil dimasukkan ke dalam nampan berisi air, bekukan.

Taburi dengan garam warna warni, semprot sedikit air. Selama ada air, garam ini berfungsi menurunkan titik beku air, sehingga es menjadi lebih gampang mencair. Jika menggunakan garam atau air berwarna, akan terbentuk es yang juga warna warni karena air garam tadi berdifusi ke dalam es, cantik banget!

image

image

image

image

image

Leave a comment »